Wow, Ini Toh Pentingnya Makanan Bayi 8 Bulan Mengandung Zat Besi

Wow, Ini Toh Pentingnya Makanan Bayi 8 Bulan Mengandung Zat Besi

Ibu pasti tidak ingin asal-asalan dalam memilih makanan bayi 8 bulan. Ketahui dulu nilai gizi pada makanan yang ibu siapkan. Pastikan semua kandungan gizi sesuai dengan kebutuhan sang buah hati.

Sulit ya, bu? Maka dari itu, ketika ibu memiliki anak, pada saat itulah ibu seharusnya mulai belajar tentang gizi. Ibu bisa membaca artikel kesehatan, ikut seminar parenting, atau bergabung di forum online. Yang pasti, banyak sekali cara agar ibu tahu tentang kebutuhan gizi anak.

Terlepas dari hal tersebut, ada satu kandungan nutrisi yang wajib ada pada makanan bayi usia 8 bulan. Yaitu zat besi. Pasti ibu familiar dengan istilah kesehatan yang satu ini, bukan? Tapi, tahukah ibu apa kegunaan atau manfaat dari zat besi untuk tubuh si kecil?

Manfaat Zat Besi Untuk Bayi 8 Bulan

Mungkin ibu ingin sekali langsung tahu apa saja makanan yang mengandung zat besi yang tinggi. Namun, tunggu dulu. Ketahui dulu apa saja manfaat yang bisa didapatkan si kecil ketika kebutuhan zat besinya terpenuhi.

  • Konsentrasi

Memang bayi belum bisa dikatakan bisa konsentrasi atau tidak. Konsetrasi ini baru bisa terlihat jelas ketika usia anak mencapai 1 tahun ke atas. Pada saat itulah ibu bisa melihat ketika sang buah hati memperhatikan apa yang ibu katakan atau tidak. Ketika itulah ibu bisa melihat tingkat konsentrasi anak.

Akan tetapi, bukan berarti zat besi ini baru dibutuhkan saat balita. Bayi pun membutukan zat besi. Kandungan yang satu ini bisa membuat bayi lebih fokus melihat dan mendengar. Ini menjadi sangat penting karena saat proses melihat dan mendengar terjadi, si kecil pada dasarnya sedang belajar. Bayi itu belajar dengan cara imitasi atau menirukan. Jadi, melihat dan mendengar sangat menentukan proses belajar bayi.

 

  • Mengoptimalkan Perkembangan Otak

Banyak yang mengira perkembangan otak itu hanya dipengaruhi oleh omega 3, AA, dan DHA. Padahal, zat besi juga tak kalah penting lho pengaruhnya. Bahkan, menurut penelitian kesehatan, zat besi inilah yang membentuk jaringan saraf ketika bayi masih ada di dalam kandungan. Ada yang namanya mielinasi atau pembentukan selubung saraf. Ini terjadi saat usia kehamilan mencapai trimester ketiga. Dan pembentukan tersebut tidak lepas dari pengaruh zat besi.

Begitu juga ketika bayi sudah lahir di dunia. Apalagi ketika usianya sudah mencapai di atas 6 bulan. Perkembangan otaknya akan semakin optimal ketika ia mendapatkan makanan bayi 8 bulan yang mengandung tinggi zat besi.

 

  • Membuat Bayi Lebih Aktif

Pernah dengar anemia kan, bu? Ini juga bisa dialami oleh bayi lho. Bahkan, banyak balita yang mengalami masalah seperti ini. Hal ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Salah satunya kekurangan zat besi.

Makanya, cara paling mudah untuk mengetahui masalah yang satu ini adalah dengan melihat keseharian bayi. Secara umum, bayi usia 8 bulan itu sangat aktif. Apalagi pada  usia tersebut, ia sudah mulai belajar merangkak, mulai mencoba berdiri sendiri, dan lain sebagainya. Aneh jika si kecil justru pasif. Bukan tidak mungkin bayi kekurangan zat besi.

Nah, sekarang sudah tahu kan pentingnya zat besi? Maka dari itu, ibu tidak hanya fokus untuk memenuhi kebutuhan nutrisi untuk kecerdasan otak yang sering diungkapkan pada iklan TV saja. Zat besi juga sangat penting untuk menjaga kesehatan bayi serta menunjang perkembangannya.

Menu Makanan Ini Sebaiknya Ibu Siapkan

Sekarang, sudah pada waktunya ibu mencatat list resep makanan bayi 8 bulan yang kandungan zat besinya sangat tinggi.

  1. Daging Sapi

Memang pada saat awal bayi mendapatkan menu MPASI atau makanan pendamping ASI, tidak disarankan makanan tersebut terbuat dari berbagai jenis bahan makanan yang berbeda. Gunakan saja dulu satu jenis makanan agar sistem pencernaannya mulai beradaptasi mencerna makanan selain ASI.

Namun, ketika usianya sudah mencapai 8 bulan, ibu sudah diperbolehkan membuatkan menu makanan yang terbuat dari berbagai bahan. Bahkan, mencampurkan berbagai bahan makanan sangat dianjurkan. Gunanya agar anak mulai semakin terbiasa mengkonsumsi makanan yang sama dengan yang dikonsumsi oleh orang dewasa.

Salah satu bahan yang disarankan untuk dijadikan campuran makanan adalah daging. Ibu bisa buatkan sup daging sapi yang dicampur dengan bubur atau nasi. Namun, pastikan dulu daging sapi dihaluskan agar si kecil mudah untuk menelannya. Daging sapi ini selain mengandung protein juga mengandung zat besi yang sangat tinggi.

 

  1. Kacangan-Kacangan

Bukan hanya daging saja yang mengandung zat besi. Kacang-kacangan juga. Dan ini lebih disarankan karena kacangan-kacangan ini jauh lebih aman dan sehat. Di dalam daging, terdapat bakteri. Dan untuk memastikan bakteri hilang, maka proses memasak harus benar-benar matang. Sementara itu, kacangan-kacangan tidak mengandung bakteri. Asalkan ibu cuci bersih, maka pestisida yang menempel pada kacang-kacangan akan hilang dengan sangat mudah.

 

  1. Hati Ayam

Banyak orang yang tidak suka dengan hati ayam. Padahal, ini bagus untuk kesehatan. Kandungan zat besinya tinggi sehingga ibu bisa buatkan menu makanan untuk bayi yang terbuat dari hati ayam. Ibu bisa jadikan campuran bubur. Akan tetapi, jangan terlalu sering ya bu. Pasalnya, kandungan vitamin A nya sangat tinggi. Terlalu sering memberikan hati ayam bisa menyebabkan anak kelebihan vitamin A.

Jadi, sudah tahu kan makanan bayi 8 bulan seperti apa yang harus ibu siapkan untuk sang buah hati?

Author

Related

Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Post Reply