Wah, Ternyata Buah Untuk Atasi Mual Saat Hamil Murah Dan Mudah Ditemukan

Wah, Ternyata Buah Untuk Atasi Mual Saat Hamil Murah Dan Mudah Ditemukan

Banyak sekali wanita yang sibuk cari cara untuk atasi mual saat hamil. Padahal, obatnya sudah ada di sekitar mereka. Buah tertentu ternyata bisa meringankan mual yang mereka alami.

Yang harus menjadi catatan di sini adalah bawasannya mual tidak bisa dihilangkan. Yang bisa Mom lakukan adalah meringankan mual yang Mom rasakan. Hal ini disebabkan mual merupakan reaksi alami dan hampir pasti dialami waktu hamil. Ini seperti yang sudah dijelaskan oleh dokter kandungan di forum Ibu dan Balita di mana mual itu dipengaruhi oleh faktor hormonal. Produksi hormon yang meningkat saat mulai ada janin di dalam rahim membuat reaksi mual dan muntah itu muncul.

Yang menjadi PR sekarang adalah bagaimana Mom bisa meringankan mual yang Mom rasakan. Ini harus dilakukan mengingat mual bisa menyebabkan hal yang kurang baik. Beberapa ibu hamil mengalami mual yang berlebihan sehingga mereka lemas dan harus melakukan bed-rest. Itu artinya mereka sama sekali tidak diperbolehkan melakukan aktivitas.

Jika Mom ingin tetap beraktivitas setiap hari, maka Mom harus tahu apa yang harus Mom lakukan untuk meringankan mual.

Tidak Semua Buah Segar Bisa Mengatasi Mual

Ada yang salah paham tentang buah yang katanya bisa mengatasi mual saat hamil. Ternyata, tidak semua buah bisa melakukan peran seperti itu. Dan tidak pula semua buah segar bisa meringankan mual. Contohnya saja nanas. Siapa yang tidak merasakan segarnya mengkonsumsi buah nanas. Apalagi jika buah ini dikonsumsi di siang hari dengan cara dicampurkan ke dalam air es. Pasti akan menjadi minuman buah yang sangat menyegarkan. Hanya saja, nanas bukan buah yang bisa mengatasi mual. Justru nanas bisa membuat janin lebih rentan mengalami keguguran karena enzim yang terkandung di dalam nanas.

Lalu, buah apa yang bisa meringankan mual?

  • Buah Jeruk

Salah satu buah yang bisa mengatasi rasa mual di pagi hari saat hamil yang sering disebut dengan morning sickness adalah buah jeruk. Rasanya sangat segar apalagi jika Mom memilih jeruk yang sedikit asam.

Namun, bukan rasa yang segar saja yang bisa mengatasi mual. Senyawa-senyawa yang terkandung di dalam jeruk lah yang membuat sistem pencernaan baik sehingga masalah seperti mual bisa dihindarkan.

Dan yang tak kalah penting lagi adalah kandungan vitamin C nya yang sangat tinggi. Vitamin C ini sangat penting untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga selama masa kehamilan Mom tidak mudah sakit. Ini juga berhubungan erat dengan perkembangan janin di dalam kandungan lho.

  • Buah Melon

Buah segar selanjutnya adalah melon. Buah yang satu ini mengandung kandungan air yang sangat tinggi. Inilah yang menyebabkan buah melon ini sangat menyegarkan. Namun, lebih dari itu, cairan yang banyak tersebut akan membuat Mom terhindar dari dehidrasi.

Bagaimana buah melon bisa mengatasi mual ibu hamil? Ternyata, menurut penelitian, hal tersebut disebabkan aroma yang ditimbulkan oleh buah melon. Mual lebih banyak disebabkan oleh bau dan rasa yang eneg. Sementara itu, melon memiliki aroma yang sangat enak dan menyegarkan sehingga mampu meringankan mual saat hamil.

  • Pisang

Buah yang satu ini tidak hanya bisa mengatasi mual tapi juga rasa lapar. Mom bisa jadikan pisang sebagai buah mencegah mual sekaligus menu sarapan di pagi hari. Pasalnya, buah pisang ini termasuk buah yang mengenyangkan.

Akan tetapi, karena bahasan kali ini tentang buah yang bisa mencegah mual saat hamil, maka harus dipahami kandungan apa yang ada di dalam buah pisang ini. Ternyata, kandungan mineral yang tinggi di dalam pisang lah yang menyebabkan buah ini layak dikonsumsi untuk mengatasi mual.

Apakah ada buah yang Mom favoritkan?

Mual Karena Mengkonsumsi Susu

Sebenarnya kurang tepat jika dikatakan bawasannya mual disebabkan minum susu. Memang ada susu yang menyebabkan mual. Dan ternyata, susu yang seperti itu adalah susu yang kandungan lemak dan gulanya tinggi. Susu tersebut menyebabka rasa eneg.

Jadi, tidak semua susu itu menyebabkan eneg sehingga Mom merasa mual setelah mengkonsumsi susu tersebut. Susu Frisian Flag Mama, misalnya. Kandungan nutrisi di dalamnya sempurna dan seimbang. Jadi, tidak ada keluhan kesehatan yang akan Mom rasakan, termasuk mual dan bahkan muntah.

Meskipun demikian, tetap saja Mom harus taati aturan mengkonsumsi susu. Siapkan susu dengan takaran yang sesuai dengan instruksi. Selain itu, Mom harus membuat jeda antara mengkonsumsi makanan dengan minum susu. Sebaiknya ada tenggang waktu sekitar 20 menit setelah makan baru kemudian Mom bisa minum susu. Rasa mual sering dialami oleh ibu hamil yang secara bersamaan mengkonsumsi makanan dan minum susu.

Terlepas dari itu semua, Mom harus tahu semua hal yang membuat Mom eneg bisa membuat mual. Jadi, tidak hanya susu, melainkan minuman lainnya yang terlalu manis juga bisa mengakibatkan mual.

Keluhan kesehatan seperti mual memang tidak menjadi hal yang berbahaya. Beberapa keluhan lainnya harus diwaspadai, terutama diabetes dan obesitas. Banyak ibu hamil yang merasa sudah melakukan yang terbaik selama masa kehamilan namun ternyata bayi yang ada di rahim mengalami obesitas. Akibatnya, proses persalinan sulit dan bahkan bayi tersebut bisa terkena penyakit lainnya. Mom bisa baca lebih banyak lagi mengenai keluhan kesehatan ibu hamil seperti ini di www.ibudanbalita.com. Jadi, Mom tidak hanya tahu tentang bagaimana atasi mual saat hamil.

Author

Related

Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Post Reply