Tips Sehat Ibu Hamil Tak Terduga Pada Usia 9 Bulan

Tips Sehat Ibu Hamil Tak Terduga Pada Usia 9 Bulan

Mendekati penghujung kehamilan sangatlah wajar bila bunda merasa tegang dan gugup. Kehadiran buah hati dalam rumah tangga memang dinanti, namun bukan berarti semua orang langsung siap. Bahkan bunda ayah yang sudah berpengalaman sekalipun tetap bisa merasa gugup menyambut bayi. Sungguh bijak bila ayah bunda mulai melaksanakan tips sehat ibu hamil dengan sepenuh hati demi persalinan yang lancar.

  • Tips pertama, ayo ke kolam renang

Segarnya siraman air di tengah hawa panas memang punya kenikmatan tersendiri. Ternyata berenang tidak hanya menyenangkan namun punya fungsi tersendiri di kala hamil tua. Air yang ringan bagaikan pijatan yang nikmat tak terduga.

  • Tips kedua, luangkan waktu untuk keluarga

Harta dalam hidup ini adalah keluarga, baik dengan ikatan darah atau tidak. Bersama dengan orang-orang yang memang peduli dengan kondisi bunda mampu mendorong rasa bahagia. Waktu kehamilan memberi jeda untuk berkumpul dan menjalin ikatan dengan keluarga sebelum bayi tiba. Alangkah baiknya bila bunda mulai buat jadwal kumpul bersama.

Arisan, atau sekedar minum teh dikelilingi mereka yang tergolong keluarga akan sangat membantu kondisi psikologi bunda. Ditambah lagi, siapa tahu bunda bisa mendapat tips menjaga tumbuh kembang janin dan cara merawat kehamilan. Meski terkadang beberapa saran hanyalah mitos belaka, tentunya sekedar tahu tidak dosa, toh kebenaran bisa dicari kapan saja.

  • Tips ketiga, pola pikir positif

Psikologis manusia sangat bergantung pada pikiran. Bahkan bila otak tidak bekerja sama dengan baik bersama hati, dapat dipastikan organ yang tak bersalah akan kena getahnya. Janin yang belum lahir saja, bergantung erat pada kebahagiaan bunda untuk terus tumbuh.

Tanggung jawab bunda memang terbilang berat, tapi bunda tidak sendirian. Meski demikian, harus ada dorongan dari dalam untuk mempertahankan senyum bunda sepanjang hari. Suami sudah bekerja keras untuk membuat bunda senantiasa tersenyum manis hanya akan kena amarah kalau bunda sendiri tidak mau berusaha.

Usaha yang dimadsud disini adalah menjalin hubungan baik dengan pikiran. Berpikirlah positif dengan siapa saja, meski mungkin tidak demikian kebenarannya. Namun, demi janin, jangan biarkan pikiran negatif dalam bentu apapun menghantui bunda.

  • Tips keempat, buku jendela dunia

Usaha tidak akan ada artinya tanpa ilmu. Setiap strategi, dan jadwal yang bunda pegang teguh harus berdasarkan alasan solid untuk terus maju. Prinsip satu ini tidak hanya berlaku untuk perempuan hamil, namun pasangannya pula. Meluangkan waktu untuk membaca guna memahami kondisi tubuh dan janin akan sangat membantu pikiran dan tindakan lebih bijak.

  • Tips kelima, waktunya bersenang-senang

Hamil bukanlah hambatan. Selama ada energi, gunakan semaksimal mungkin. Ingat, ketika bayi lahir kelak, sebagian besar jatah bermain bunda akan diambil oleh si kecil. Gunakan waktu luang yang ada untukĀ  menyenangkan hati entah sendiri atau bersama teman.

Ajak pasangan untuk turut bersuka cita. Setiap ayah dan bunda pasti punya cara tersendiri untuk bangkitkan senyum di wajah. Manapun itu, usahakan selalu mempertahankan emosi positif, sambil memperhatikan kondisi bunda. Jangan sampai capek karena terlalu senang.

  • Tips keenam, Beri pengertian pada anak yang lebih tua

Anak pertama umumnya mendapat perhatian lebih dan mudah merasa tersaingi. Bahkan banyak cerita menunjukkan sang kakak butuh waktu untuk menerima kehadiran adik. Terlebih bila usia antar adik dan kakak tidak terpaut jauh. Perang memperebutkan perhatian orang tua hingga anak beranjak dewasa sangtlah wajar.

Apakah peran orang tua tidak ada?

Orang tua adalah satu-satunya harapan menghentikan pertengkaran saudara. Sebetulnya, asal mula anak tidak mau menerima adik adalah kurangnya pemahaman. Anak kecil belum mampu membedakan mana prioritas dan bukan, karenanya melihat bayi kecil tak bersalah diperhatikan lebih lama membuat dirinya merasa terbuang.

Komunikasi merupakan jalan terbaik dalam hidup manusia. Ada baiknya bila bunda berbicara dengan calon kakak sebelum bayi lahir. Bahkan, kalau berkenan, libatkan anak dalam masa kehamilan. Memegang perut bunda, berbicara dengan calon adek akan membantu dirinya menerima tambahan anggota keluarga.

  • Tips ketujuh, jaga postur tidur

Semua orang bisa lihat kalau kehamilan membuat perut terlihat menonjol besar, terlebih pada kehamilan yang cukup tua. Rasanya, duduk, berbaring, dan berdiri selalu ada yang mengganjal. Di malam hari, posisi tidur yang salah jelas tidak akan membantu perkembangan janin. Secara medis sangat disarankan untuk tidur pada posisi menyamping untuk menghindari organ tubuh tertekan akibat berat badan hamil.

Tips pertama, Mulai belanja

Kebutuhan calon buah hati dalam kandungan bisa dibilang banyak. Salah satu kesalahan banyak orang adalah membeli peralatan bayi ketika sudah mulai merawat. Percayalah, ketika bayi lahir, bunda dan ayah bisa keluar membeli susu bayi dengan tenang saja sudah pencapaian tersendiri.

Meski bayi memiliki karateristik yang berbeda-beda, sebenarnya ada beberaga keseragaman. Popok, makanan, dan alat mandi sepertinya sudah jadi kebutuhan dasar calon buah hati kelak. Kalau memang orang tua masih ragu, berbicara dengan teman yang sudah berpengalaman akan sangat membantu belanja kebutuhan bayi.

  • Tips kedelapan, konsultasi lanjutan

Namanya kehamiln tentu tidak bisa dijalani sendirian. Optimalisasi tawaran bantuan yang ada jauh lebih bijak dibanding sekedar sok tahu dan berdoa yang terbaik tanpa usaha. Inilah kenapa jasa tenaga ahli sebetulnya sangat mendukung kelancaran kehamilan. Lagipula, dengan rutin konsultasi, bunda bisa mendapatkan tips sehat ibu hamil yang sesuai kondisi bunda.(HN)

 

 

Author

Related

Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Post Reply