Tips Anak Sehat Yang Wajib Ibu Ketahui Saat Pancaroba Tiba

Tips Anak Sehat Yang Wajib Ibu Ketahui Saat Pancaroba Tiba

Hal yang perlu diantisipasi adalah ketika pancaroba tiba. Pada saat inilah, anak mudah sekali sakit. Maka para orang sibuk mencari tips anak sehat saat pancaroba. Mereka membeli berbagai multivitamin dan juga booster agar anak tetap sehat di musim pancaroba ini.

Namun, apa ibu yakin cara itu sudah cukup efektif untuk mencegah anak terkena penyakit? Ternyata tidak. Memang membeli multivitamin dan booster ini bagus untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Dengan harapan, ketika daya tahan tubuh semakin kuat, maka si kecil tidak mudah sakit. Tapi, ini bukan satu-satunya cara yang harus ibu lakukan.

Tips agar anak sehat ini sudah dijelaskan di situs www.friso.co.id. Ada segudang cara yang bisa dipraktikkan. Namun, untuk menghadapi musim pancaroba, setidaknya 3 hal berikut ini yang bisa ibu lakukan.

  1. Kurangi Aktivitas Fisik

Sering kali anak bermain di luar. Ini hal yang sangat menyenangkan. Apalagi jika usianya baru menginjak 3-4 tahun. Pada saat itulah anak suka sekali aktif bermain di luar rumah.

Akan tetapi, ibu harus mengurangi aktivitas fisik di luar rumah saat pancaroba. Saat inilah banyak bakteri dan virus berkembang. Dikhawatirkan saat anak bermain di luar, ia terkena bakteri atau virus. Terutama saat gerimis atau hujan turun. Usahakan agar anak tidak beraktivitas di luar rumah.

Tentu tidak mudah mencegah anak agar diam di dalam rumah. Ketika hujan turun, ia justru merasa ingin sekali main hujan. Dan jika ibu biarkan, anak mudah sekali terkena flu, demam, dan penyakit lainnya.

Agar anak mengurangi aktivitas fisik di luar rumah, ibu harus cari solusi. Solusinya adalah menyiapkan permainan menarik yang bisa si kecil lakukan di dalam rumah. Ibu bisa membelikan mainan puzzle, buku mewarnai, serta permainan lainnya yang bisa dimainkan di dalam ruangan.

Jadi, ibu tidak hanya sekedar melarang. Bagaimana pun juga, naluri anak itu ingin bermain. Alihkan permainan di dalam ruangan ketika musim pancaroba tiba.

  1. Perbanyak Waktu Istirahat

Ibu masih ingat saat balita 1 tahun si kecil bisa tidur dua kali bahkan 3 kali sehari. Dua kali di siang hari dan satu kali di malam hari. Namun, sulit sekali bagi ibu untuk meminta anak balita usia 3 tahun untuk tidur di siang hari. Mengapa? Karena anak memiliki tenaga yang lebih besar sehingga cenderung ingin sekali bermain, bukan tidur.

Akan tetapi, itu bukan satu-satunya faktor penyebabnya. Tidur di siang hari itu sebuah habit atau kebiasaan. Orang prancis mengenal istilah siesta atau tidur siang. Bagi mereka, kebiasaan ini bagus sekali untuk menjaga kesehatan dan juga meningkatkan produktivitas kerja. Makanya, perusahaan kreatif seperti Google sekarang ini memperbolehkan karyawan mereka untuk tidur di siang hari.

Kebiasan ini juga harusnya diterapkan sejakd ini. Dan ini bisa menjadi salah satu cara anak sehat di musim pancaroba. Dengan terbiasa tidur di siang hari, maka tubuh akan melakukan regenerasi sel. Ketika bangun, tubuh seolah-olah baru lagi. Energi semakin bertambah dan kesehatan semakin bagus.

Jadi inilah yang disebut dengan perbanyak istirahat, yaitu tidur di siang hari, entah itu 30 sampai 1 jam. Ini sangat baik untuk kesehatan. Bahkan, menurut ahli kesehatan anak, kebiasaan ini juga akan menstimulus kecerdasan otak.

  1. Perbanyakan Prebiotik

Banyak orang yang tahu karena sering mendengar prebiotik. Banyak sekali iklan di TV yang menjelaskan bahwasannya salah satu kandungannya adalah prebiotik. Namun, apa itu prebiotik?

Ini merupakan makanan yang dibutuhkan oleh bakteri baik di dalam tubuh. Jadi, harus dipahami ada bakteri baik dan buruk di dalam tubuh. Ketika kondisi kesehatan anak buruk, itu kemungkinan besar terdapat bakteri buruk yang jumlahnya lebih banyak daripada bakteri baik. Untuk mengimbangi, maka dibutuhkan prebiotik agar bakteri baik bisa berkembang dan bertahan untuk menyerang bakteri buruk.

Lalu, dari mana kebutuhan prebiotik bisa dipenuhi? Salah satunya dari susu Friso Gold 3. Susu ini mengandung prebiotik dalam jumlah yang dibutuhkan oleh balita.

Ini bagian dari tips menjaga kesehatan anak. Ini memiliki peran yang sama seperti memperkuat sistem kekebalan tubuh. Yaitu sama-sama agar tubuh kuat dan tahan terhadap serangan dari bakteri yang berbahaya.

Tentu tidak hanya berasal dari susu saja prebiotik bisa didapatkan. Ada juga jenis makanan yang mengandung prebiotik. Contohnya saja buah pisang. Makanya, dokter anak sangat menyarankan agar anak kecil sering makan pisang, terutama ketika musim pancaroba. Selain enak, buah ini juga mengandung prebiotik yang akan membuat tubuh bertahan di peralihan musim ini yang sering membuat anak mudah sakit.

Tentunya tidak hanya pisang saja yang mengandung prebiotik. Ibu bisa konsultasi dengan dokter anak di situs Friso untuk mengetahui lebih banyak lagi makanan apa yang bagus untuk dikonsumsi anak saat musim pancaroba tiba.

Nah, banyak hal sebenarnya yang bisa dan sebaiknya ibu lakukan. Namun, yang paling penting di sini adalah waktu dan kemauan. Banyak orang tua yang baru sadar bahwasannya mereka lalai menjaga kesehatan anak ketika sang hati mereka sudah terkena penyakit. Maka dari itu, mulai sekarang ibu harus menyediakan waktu dan perhatian khusus untuk menjaga kesehatan anak. Toh pada kenyataannya tidak sulit untuk menerapkan semua hal yang berkaitan dengan tips anak sehat.

Author

Related

Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Post Reply