Tanda Awal Kehamilan Dengan PMS Mirip Tapi Beda Lho

Tanda Awal Kehamilan Dengan PMS Mirip Tapi Beda Lho

Banyak wanita yang bilang tanda awal kehamilan itu mirip seperti ketika PMS. Memang beberapa tanda hampir sama. Bahkan, ada yang tidak percaya jika seorang wanita sedang hamil. Ia hanya merasakan seperti ketika haid datang.

Untuk itu, Anda sebagai seorang wanita harus bisa membedakan mana yang merupakan tanda kehamilan dan mana yang merupakan tahu bulanan yang datang. Anda bisa saja melakukan tes kehamilan dengan menggukana test pack. Namun, selain itu, ada tanda yang bisa dengan mudah Anda ketahui.

  • Rasa Sakit Pada Bagian Payudara

Wanita yang sedang mengalami PMS biasanya merasakan sakit pada bagian payudara. Begitu juga dengan wanita yang sedang mengandung. Bahkan, tidak hanya rasa sakit pada payudara saja yang dirasakan oleh wanita hamil muda. Payudara terasa lebih kencang dan besar. Terkadang, hal ini membuat wanita hamil muda merasa susah untuk bernafas.

Nah, letak perbedaannya ada pada level sakit yang dirasakan. Biasanya, wanita yang mengalami PMS itu merasakan sakit pada payudara mereka hanya dalam hitungan menit saja. Sementara itu, rasa sakit tersebut merupakan tanda awal hamil ketika terjadi hingga berhari-hari.

Ibu tahu kenapa? Saat ada janin di dalam rahim, ada banyak sekali perubahan pada tubuh ibu yang mungkin ibu tidak sadari. Salah satu contohnya adalah perubahan hormon. Ada yang disebut dengan hormon progesterone. Hormone ini diproduksi lebih banyak ketika ibu sedang hamil muda. Salah satu efek yang terjadi adalah payudara semakin mengencang dan terasa sakit. Namun, tidak itu saja faktor pemicunya. Saat ibu sedang hamil muda, kelenjar susu sudah mulai mempersiapkan diri untuk memproduksi ASI. Oleh sebab itu, payudara akan terlihat lebih kencang dan besar.

  • Kram Pada Bagian Perut

Hal yang satu ini juga pasti sering dialami oleh wanita yang sedang mengalami PMS. Hampir semua wanita merasakan kram pada bagian perut. Ini merupakan kondisi yang wajar mengingat saat PMS terdapat darah haid yang keluar dan keadaan ini sering membuat perut terasa sakit seperti sedang kram.

Hal yang sama juga terjadi pada wanita hamil muda lho. Jadi, terkadang wanita tidak bisa membedakan apakah kram pada perut yang dia alami itu karena sedang PMS atau tanda-tanda kehamilan.

Lalu, bagaimana cara membedakan antara kram yang disebabkan oleh PMS dengan kram yang disebabkan tanda kehamilan? Kram yang disebabkan adanya janin yang menempel pada rahim terasa tidak begitu sakit jika dibandingkan dengan kram saat PMS. Selain itu, kram yang ibu rasakan hanya pada satu bagian saja. Sementara itu, saat haid tiba, biasanya kram ibu rasakan pada bagian perut dan letaknya bisa berubah-ubah.

  • Keluarnya Bercak Darah

Namanya juga haid. Pasti keluar darah. Bahkan, terkadang tidak hanya berupa bercak darah tapi darah keluar begitu deras.

Begitu juga ketika proses implantasi berhasil. Proses implantasi merupakan proses pembuahan. Dan keberhasilan dari proses ini biasanya ditandai dengan keluarnya darah melalui vagina.

Perbedaannya ada pada waktu keluarnya bercak. Ibu pasti sudah tahu siklus menstruasi ibu, bukan? Jika bercak darah keluar sebelum masa menstruasi tiba, maka itu artinya darah yang keluar itu merupakan tanda awal kehamilan. Menurut ahli kesehatan kandungan, bercak darah yang keluar karena keberhasilan proses implantasi ini keluar sebelum siklus menstruasi dimulai. Jadi, sangat bisa dibedakan antara bercak darah tanda mensutruasi dengan bercak darah sebagai tanda kehamilan.

Selain itu, warna darah yang keluar pun sedikit berbeda. Bercak darah yang merupakan tanda kehamilan berwarna merah muda dan terkadang sedikit kekuning-kuningan. Jadi, beda ya antara bercak darah PMS dengan bercak darah implantasi?

Itulah beberapa tanda-tanda kehamilan yang mirip dengan PMS. Tapi, sekarang ibu sudah bisa membedakan, bukan?

Tentu langkah yang paling tepat untuk memastikan apakah ibu sedang hamil atau tidak adalah dengan melakukan testpack. Cara lainnya dengan melakukan pemeriksaan USG di bidan atau dokter kandungan. Dan jika memang benar ada janin yang ada di dalam rahim, itu artinya ada lebih banyak tanggungjawab yang harus ibu lakukan. Setidaknya, mulai saat itu ibu harus lebih menjaga kesehatan. Tinggalkan mengkonsumsi fast food dan mulailah mengkonsumsi makanan yang sehat seperti sayuran hijau yang masih segar.

Pada intinya, sebagai ibu hamil, ibu harus mencukupi kebutuhan nutrisi harian untuk perkembangan janin di dalam kandungan. Beruntung sekali sekarang sudah ada susu Frisomum Gold yang mengandung nutrisi sempurna sesuai dengan kebutuhan ibu hamil. Dengan mengkonsumsi dua gelas susu ibu hamil setiap hari, ibu sudah pastikan kebutuhan nutrisi harian terpenuhi.

Jika ini merupakan kehamilan pertama, ibu harus lebih banyak tahu tentang apa saja yang berhubungan dengan menjaga kehamilan. Selain konsultasi dengan bidan atau dokter kandungan satu kali dalam satu bulan, ibu juga perlu memperkaya wawasan kesehatan ibu hamil lainnya. Ibu bisa ikuti forum ibu hamil di www.friso.co.id. Di Forum tersebut, banyak sekali topik tentang kehamilan yang dibahas, mulai dari tips menjalani kehamilan hingga bagaimana mengatasi keluhan kesehatan yang dialami saat hamil.

Ibu harus mempersiapkan diri agar bisa menjalani masa kehamilan dengan baik. Oleh sebab itu, pengetahuan tentang kesehatan ibu hamil harus ibu kuasai. Apalagi ibu ingin sekali bisa melahirkan sang buah hati secara normal. Hukumnya wajib bagi ibu untuk mengetahui hal-hal yang berkaitan dengan bagaimana menjaga kebugaran selama masa kehamilan.

Author

Related

Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Post Reply