Sepele, Tapi Ini Yang Bisa Terjadi Ketika Vitamin Anak Tak Tercukupi

Sepele, Tapi Ini Yang Bisa Terjadi Ketika Vitamin Anak Tak Tercukupi

Wajar jika tidak tahu. Namun, aneh ketika sudah mengerti namun tidak mau memastikan kebutuhan vitamin anak terpenuhi. Ini bisa dilihat bagaimana orang-orang di daerah perkotaan khususnya dalam merawat sang buah hati mereka. Tentu tidak semuanya. Kebanyakan sudah tahu tapi tidak mau memenuhi kebutuhan vitamin si kecil setiap hari.

Ini bisa dilihat bagaimana kebanyakan orang tua di daerah perkotaan justru membeli makanan dari luar. Apakah mereka yakin makanan tersebut higienis dan mengandung vitamin yang tinggi? Apakah makanan tersebut dibuat dengan bumbu yang sehat untuk si kecil? Apakah mereka tahu tidak ada penyedap rasa yang sebenarnya kurang baik untuk tubuh anak? Semua itu harus diperhatikan.

Lebih Banyak Fast Food

Tidak hanya orang dewasa, anak-anak sekarang ini juga sudah mulai terbiasa dengan fast food. Hal ini tidak lain dipengaruhi oleh kebiasaan makan orang tua. Mereka biasa memesan fast food. Sedikit demi sedikit anak mulai mencoba, merasakan, dan akhirnya tertarik. Seterusnya, si kecil tidak mau makan selain fast food. Atau setidaknya ia lahap makan fast food daripada makanan sehat lainnya.

Padahal, di dalam fast food itu lebih banyak kandungan berupa lemak dan minyak. Sementara itu, kandungan vitaminnya sangat rendah. Ini sudah menjadi bukti mengapa banyak orang tua yang sepertinya kurang memperhatikan kebutuhan vitamin untuk anak.

Belum lagi ketika anak sudah mulai sekolah. Banyak orang tua yan karena sibuk bekerja menyerahkan urusan makan kepada orang lain. Mereka bisa memesan catering atau memberikan uang jajan agar anak bisa membeli makanan yang ia suka di sekolah. Jelas orang tua tidak bisa mengontrol penuh bagaimana anak mendapatkan asupan nutrisi setiap hari.

Tentu semuanya bukan sepenuhnya salah orang tua. Anak juga terkadang susah makan dan hanya mau ngemil saja setiap hari. Ini yang sering terjadi pada anak yang sudah mulai tahu enaknya makan makanan ringan yang mengandung penyedap rasa berlebihan. Akhirnya ia tidak mau makan makanan yang lebih sehat sehingga asupan gizinya kurang.

Paling Berbahaya Jika Kekurangan Vitamin D

Tentu semua vitamin itu diperlukan. Vitamin A diperlukan untuk menjaga kesehatan mata. Vitamin B penting memproduksi sel darah merah. Sementara itu, vitamin C baik untuk menjaga kesehatan kulit dan juga memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Banyak orang yang tidak begitu memperdulikan kandungan vitamin D. Padahal, kekurangan vitamin D bisa berakibat fatal pada perkembangan sang buah hati. Anak bisa tumbuh kurang maksimal mengingat vitamin D berhubungan sekali dengan pertumbuhan tulang. Ini juga diperlukan untuk pertumbuhan gigi. Dan yang tidak banyak orang ketahui, ternyata vitamin D bisa mencegah beberapa jenis penyakit seperti diabetes dan obesitas. Sekarang pertanyaannya adalah sudahkan ibu memenuhi semua kebutuhan vitamin anak, terutama vitamin D?

Makanya aneh jika sekarang ada anak yang pertumbuhannya lambat disebabkan kekurangan vitamin. Kenapa aneh? Karena makanan yang sehat dan bergizi seharusnya mudah didapatkan. Lihat saja banyak sekali sayuran hijau seperti bayam, kangkung, dan lain sebagainya yang mengandung vitamin A. Belum lagi dengan buah-buahan lokal yang segar. Ada juga susu Friso yang mengandung vitamin D dan juga vitamin yang lain. Yang dibutuhkan hanya kemauan orang tua menyediakan semua yang diperlukan oleh sang buah hati.

Vitamin D Didapatkan Dari Sinar Matahari Pagi

Memang, dengan memberikan susu Friso tiga gelas setiap hari, kebutuhan vitamin D anak tercukupi. Namun, sebenarnya sumber vitamin D terbanyak itu berasal dari sinar matahari pagi. Dalam hal ini, yang ingin ditekankan adalah betapa mudahnya memenuhi kebutuhan vitamin D anak setiap hari. Cukup dengan membawa anak jalan-jalan di sekitar rumah di pagi hari saja sudah bagus untuk memenuhi kebutuhan vitamin D. Apalagi jika setelah sarapan si kecil juga mengkonsumsi susu balita terbaik. Sudah bisa dipastikan perkembangannya akan lebih maksimal.

Namun, pertanyaannya adalah apakah semua orang tua sekarang ini mengajak anak mereka untuk jalan di pagi hari? Kebanyakan orang tua yang kedua-duanya bekerja tidak memiliki waktu untuk mengajak anak jalan-jalan di pagi hari. Tidak mesti juga ibu rumah tangga menyempatkan waktu untuk bermain dengan sang buah hati di pagi hari. Dan setiap dari mereka memiliki alasan sendiri-sendiri. Ada yang sibuk dengan pekerjaan rumah, harus segera pergi ke kantor, dan lain sebagainya. Apapun alasannya, jika berkaitan dengan perkembangan anak, seharusnya mereka lebih memprioritaskan. Setidaknya, anak harus setiap pagi mengkonsumsi susu Friso. Dan ini sudah cukup untuk memastikan kebutuhan vitamin untuk anak terpenuhi.

Jika melihat beberapa kasus anak dengan perkembangan yang kurang maksimal, ibu pasti was-was ketika hal ini juga terjadi pada anak ibu. Ibu bisa ikut ke dalam forum forum ibu dan anak di www.friso.co.id untuk sekedar mencaritahu bagaimana para orang tua merawat dan membesarkan sang buah hati. Mereka pasti memiliki cerita yang berbeda. Ada yang lancar-lancar saja dalam membesarkan anak. Ada juga yang sharing pengalaman mereka yang kurang beruntung dalam merawat anak. Dengan mendengarkan dan berbagi, ibu akan mendapatkan lebih banyak wawasan tentang parenting.

Ibu juga bisa tanya kepada ahli di situs Friso tersebut. Para ahli kesehatan anak akan menjawab semua pertanyaan yang akan ibu tanyakan, terutama tentang vitamin anak untuk menunjang perkembangannya.

Author

Related

Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Post Reply