Rumah Harus Aman Untuk Optimalkan Perkembangan Balita 2 Tahun

Rumah Harus Aman Untuk Optimalkan Perkembangan Balita 2 Tahun

Mom harus lebih berhati-hati saat perkembangan balita 2 tahun. Jika tidak waspada, si kecil bisa saja terluka atau mengalami kecelakaan walaupun berada di rumah. Banyak sekali balita usia 2 tahun yang mengalami masalah ketika berada di rumah. Pada intinya, hal tersebut disebabkan kekurangan-waspadaan yang dilakukan oleh orang tua balita tersebut.

Akan tetapi, tentu tidak mungkin Mom terus memperhatikan balita di setiap menit dan detik. Ada kalanya pandangan Mom tidak tertuju kepada si kecil, entah ketika Mom menjawab telpon, sedang masak di dapur, dan lain sebagainya. Jadi, ada yang harus dilakukan agar balita aman walaupun Mom sedang tidak bisa 100% mengawasinya.

Pastikan Rumah Aman

Maksudnya aman ini bukan berarti di pasang CCTV dan semua pintu di kunci. Aman dalam hal ini artinya tidak berpotensi membuat balita terluka.

Seperti yang Mom lihat sendiri, tumbuh kembang balita 2 tahun cukup mengagetkan. Ia seolah-olah sudah bisa melakukan banyak hal. Masa belajar berjalan sudah lewat. Kini saatnya ia suka berlarian. Selain itu, bukan tidak mungkin juga balita Mom naik ke kursi, lompat-lompat, dan melakukan kegiatan yang cukup mengkhawatirkan lainnya.

Untuk itu, perlu sekali bagi Mom untuk menata ulang ruangan di dalam rumah.

  • Simpan Dulu Perabotan Tertentu

Alangkah baiknya jika Mom menyediakan ruangan khusus untuk sang buah hati.  Hanya saja, bagaimana jika tidak ada ruangan kosong yang bisa dimanfaatkan untuk tempat bermain balita? Mom hanya perlu menata ulang perabotan di dalam rumah. Beberapa perabotan bisa Mom simpan dulu, terutama perabotan yang tidak terlalu berfungsi dan bisa membahayakan balita ketika bermain dan berlari. Contohnya saja perabotan berupa meja yang terbuat dari kaca. Simpan dulu. Dikhawatirkan si kecil bermain dengan meja kaca tersebut atau dia terjatuh dan mengenai meja kaca tersebut.

Yang juga perlu disimpan adalah perabotan yang biasanya ada di setiap sudut ruangan. Biasanya di sana ada vas bunga atau meje kecil sebagai tempat ornamen rumah. Dengan menyingkirkan perabotan tersebut, ruangan akan terasa lebih luas dan balita bisa lebih leluasa bermain. Dan yang pasti, ruangan menjadi lebih aman.

Tentu saja ada beberapa perabotan lainnya yang menurut Mom sebaiknya disimpan dulu, terutama perabotan yang bisa melukai atau perabotan yang mudah pecah.

  • Jendela

Kenapa dengan jendela? Mom harus tahu balita usia 2 tahun senang sekali melakukan hal-hal yang menantang. 2 tahun bukan usia untuk belajar berjalan lagi, tapi si kecil sudah mulai berani memanjat.

Yang dikhawatirkan adalah ketika balita memanjat jendela. Sebaiknya, jendela di pasang teralis atau pagar besi. Dengan demikian, balita tidak mudah memanjat jendela.

  • Sumber Listrik

Salah satu ciri perkembangan anak 2 tahun adalah meningkatkan rasa ingin tahu. Ia sangat ingin tahu tentang banyak hal, tak terkecuali sumber listrik. Sebaiknya, Mom menutup sumber listrik yang tidak digunakan dengan menggunakan selotip. Dengan demikian, si kecil tidak bermain-main dengan sumber listrik tersebut.

  • Semprotan Serangga

Sebenarnya ini tidak hanya terbatas pada semprotan serangga saja yang harus diamankan. Semua zat berbahaya lainnya harus disimpan di tempat yang tepat seperti cairan pembersih kaca, pembersih lantai, dan lain sebagainya. Dikhawatirkan cairan yang terkadang warnanya menarik tersebut membuat balita menganggap cairan tersebut adalah minuman. Sebaiknya, simpan cairan semacam itu di tempat yang tidak mudah dijangkau oleh balita.

Demi menunjang tumbuh kembang anak usia 2 tahun, ruangan bermain harus disediakan. Tentu saja Mom tidak bisa mengajak anak bermain di luar rumah terus menurus. Ada kalanya ia harus bermain di dalam rumah, terutama ketika sedang hujan. Oleh sebab itu, buatkan ruangan bermain yang aman untuk sang buah hati ya Mom.

Mom Wow Balita Usia 2 Tahun

Perkembangan balita yang begitu menakjubkan biasanya disebut dengan Momen Wow. Lalu, Momen Wow apa yang terjadi pada usia yang ke 2 tahun?

Salah satunya adalah momen ketika balita bisa menjawab pertanyaan yang Mom berikan. Balita pada usia 2 tahun sudah bisa berinteraksi secara verbal dengan lebih lancar. Bahkan, tidak jarang lho balita 2 tahun bisa melarang hal-hal yang menurutnya tidak baik seperti buang sampah sembarang, tidak menempatkan sesuatu pada tempatnya, dan lain sebagainya.

Momen Wow seperti itu bisa terlihat jika perkembangannya optimal. Oleh sebab itu, pastikan Mom memberikan nutrisi yang cukup untuk tumbuh kembang balita. Selain memberikan makanan yang bergizi, pastikan si kecil minum susu balita terbaik Frisian Flag Jelajah. Dengan minum 3 gelas susu setiap hari, maka kebutuhan nutrisi hariannya tercukupi.

Selain itu, Mom juga harus lebih memperkaya wawasan mengenai parenting. Apa itu parenting? Ini adalah cara mengasuh balita yang baik. Pola asuh sangat mempengaruhi bagaimana perkembangan sang buah hati. Jadi, jangan asal mengasuh. Temukan tips mengasuh anak yang sesuai dengan apa yang disarankan oleh ahli perkembangan anak. Mom bisa dapatkan tips-tips semacam itu di situs Mom dan Balita. Di sana juga, Mom bisa langsung bertanya kepada ahli perkembangan jika Mom menemukan masalah kesehatan atau masalah perkembangan pada balita.

Sebentar lagi usia si kecil menginjak 3 tahun. Ini disebut dengan periode emas. Pada usia 3 tahun, perkembangan balita sangat signifikan. Ribuan sel otak berkembang. Untuk itu, pastikan perkembangan balita 2 tahun baik sehingga ia bisa memasuki periode emas dengan baik juga.

Author

Related

Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Post Reply