Resep Makanan Bayi 8 Bulan Dengan Berbagai Kreasi Baru

Resep Makanan Bayi 8 Bulan Dengan Berbagai Kreasi Baru

Resep makanan bayi 8 bulan bisa Anda dapatkan pada ulasan artikel berikut ini. Memberikan asupan gizi yang sesuai dengan usia bayi merupakan hal yang harus anda perhatikan, agar disesuaikan dengan perkembangan pada bayi anda. Ketika bayi anda memasuki bulan ke 8, gerakan-gerakannya sudah lebih aktif, seperti merangkak atau mulai duduk. Selain itu bayi anda lebih aktif menggunakan tangannya untuk meraih objek yang menarik disekitarnya. Kepekaan yang dimiliki bayi usia 8 bulan sudah ditandai dengan ikatan emosional bersama orang tuanya dan keluarga lainnya.

Semenjak anda memberikan MPASI atau makanan pendamping ASI di usia yang disarankan sekitar 6 bulan, maka anda dapat memperhatikan asupan gizi yang lebih beragam di usia ini. Perhatikan juga jenis makanan bayi yang anda berikan, ketika bayi memiliki alergi atau riwayat alergi pada keluarga, maka sebaiknya anda lebih baik menghindari telur, kacang-kacangan atau gandum. Meskipun pada dasarnya jenis alergi pada masing-masing keluarga berbeda.

Tingkatkan jenis asupan sayuran dan buah-buah yang beragam sehingga mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan dalam pertumbuhannya. Selain itu memberikan cemilan sehat dapat anda berikan pada usia ini. Anda dapat membuat jadwal menu makan bayi anda sebagai berikut;  jam 7 pagi Anda bisa memberikan Bubur Susu, jam 10 pagi Anda bisa memberikan Cemilan Buah Sehat, jam 12 siang Anda bisa memberikan  Tim saring dan jam 4 sore Anda bisa memberikan Tim saring.

Resep Makanan Bayi 8 Bulan Yang Bergizi

Pada usia 8 bulan, penggunaan tambahan rasa dapat diberikan tambahan rasa dapat dihasilkan dari margarin, keju  atau butter untuk membangkitkan selera makan. Selain itu juga cemilan buah dapat diberikan pada usia ini. Didukung dengan pertumbuhan gigi pada usia ini, buah yang kaya akan nutrisi dapat membantu perncernaan bayi anda. Penyajian buah dapat lebih kental dari sebelumnya seperti dikerok atau dilumatkan. Anda boleh memberikan potongan buah kecil-kecil untuk melatih giginya, akan tetapi anda tetap harus memberikan pengawasan pada bayi anda.

Buah yang harus anda hindari adalah buah yang mengandung serat tinggi seperti buah sirsak, buah yang mengandung alkohol seperti durian dan nangka atau buah yang terlalu asam karena akan mengakibatkan gangguan pada perut. Berikut ini beberapa resep makanan yang bisa Anda buat dirumah, diantaranya adalah;

–  Bubur Daging Beras Merah

Bahan yang diperlukan yaitu 50 gram beras merah, 100 gram daging cincang, 450 ml air, 1 buah tomat dicincang, 50 gram wortel, 50 gram bayam merah, 1 sendok seledri dicingcang dan 1/2 sendok keju parut. Cara Membuatnya adalah rebus beras merah dengan air hingga mengembang kemudian masukan gilingan daging dan tomat. Biarkan hingga mendidih. Tambahkan bayam, wortel, keju dan seledri. Aduk rata , sajikan ketika hangat.

– Bubur Pisang Susu

Buah yang disarankan adalah pisang , karena mengandung kalori untuk pertumbuhan, kaya akan kandungan kalium, kalsium dan vitamin C. Dengan kandungan kadar tepung dan mineral yang tinggi baik untuk pertumbuhan bayi anda. Pemberian pisang  dapat anda lumatkan menggunakan sendok makan bayi atau diberikan utuh. Bahan yang diperlukan yaitu 1 Pisang dengan ukuran kecil, dilumatkan, 2 sendok makan susu formula dan 200 ml air matang.

Cara Membuatnya adalah seduhlah susu formula dengan 200 ml air matang kemudian campur dengan pisang yang telah dilumatkan, aduk hingga rata. Anda dapat menyajikan langsung kepada bayi. Anda dapat menggantinya dengan jenis buah lain seperti dengan perasan jeruk atau alpukat pada hari yang berbeda, pada bayi berusia  8 bulan fungsi gigi sudah semakin berperan, sehingga anda dapat memberikan buah yang lebih variatif.

Resep Makanan Bayi 8 Bulan Supaya Kecerdasan Anak Lebih Optimal

Memberikan asupan makanan yang bergizi merupakan salah satu hal yang penting guna menunjang tumbuh kembang si kecil. Pada usia 8 bulan, Anda sudah bisa memperkenalkan makanan padat yang lebih bervariasi. Menu MPASI 8 bulan yang bervariasi juga sebagai upaya untuk memperkenalkan citarasa makanan yang bervariasi pada bayi. Pada usia 8 bulan pergerakan bayi sudah semakin aktif sehingga kebutuhan nutrisinya akan meningkat lebih banyak dari sebelumnya.

Dalam hal ini Anda harus lebih cermat untuk memilih jenis makanan bayi di usia 8 bulan. Kelengkapan nutrisi menjadi fokus penting mengingat bayi berada dalam tahap perkembangan. Pada dasarnya MPASI bayi 8 bulan bisa berupa makanan yang memiliki tekstur lebih padat dan kasar. Hal ini mengingat sistem pencernaan bayi sudah semakin berkembang dengan sempurna untuk mencerna makanan. Dalam menyajikan menu MPASI bayi 8 bulan sebaiknya Anda lebih mengutamakan jenis makanan seperti sayuran.

Tingkatkan asupan sayuran yang beraneka ragam mengingat sayuran adalah salah satu sumber makanan yang kaya akan kandungan nutrisi seperti vitamin, mineral dan antioksidan. Selain mengatur jenis makanan yang akan diberikan pada bayi 8 bulan, Anda juga sebaiknya membuat jadwal makan untuk setiap harinya. Mengingat bayi sudah bisa diperkenalkan dengan makanan yang lebih padat maka pada tahapan ini Anda bisa memberikan tim saring.

Selain itu, resep makanan bayi 8 bulan yang Anda berikan sudah bisa diberikan campuran rasa yang lebih bervariasi. Pertumbuhan gigi pada bayi usia 8 bulan sudah mulai membaik sehingga perlahan-lahan si kecil sudah belajar untuk mengunyah makanan. Dengan perkembangan yang semakin pesat pada beberapa oragn tubuhnya maka hal ini juga memberikan dampak positif terhadap perkembangan pencernaan si kecil.

Author

Related

Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Post Reply