Inidia Resep Bubur Bayi 6 Bulan Tinggi Protein

Inidia Resep Bubur Bayi 6 Bulan Tinggi Protein

Banyak orang tua ingin memberikan yang terbaik sehingga mereka mencari resep bubur bayi 6 bulan. Dan beruntung. Sekarang eranya internet. Apapun sudah bisa dengan mudah dicari di internet. Ibu bisa buka saja internet dan cari resep bubur untuk bayi usia 6 bulan. Banyak sekali resep yang bisa ibu coba.

Namun, apakah semua resep itu bagus? Tentu saja bagus. Tapi ketahui dulu kandungan atau nilai gizinya. Nah ini yang tidak banyak disadari. Banyak orang tua yang asal memberikan makanan yang bervariasi. Dan mereka tidak tahu nilai gizinya.

Untuk saat ini, sangat direkomendasikan ibu mencari resep bubur untuk bayi 6 bulan yang tinggi protein.

Kebutuhan Protein Bayi Usia 6 Bulan

Sebelumnya, ibu harus tahu kenapa bayi membutuhkan protein. Harus dipahami dulu bahwasannya protein itu dibutuhkan oleh bayi yang baru saja lahir. Hanya saja, kebutuhan proteinnya sedikit. Makanya, dengan memberikan ASI saja, ibu sudah mencukupi kebutuhan gizi bayi setiap hari, khususnya protein.

Lain hal ketika usianya sudah mencapai 6 bulan. Pada saat itu, kebutuhan gizinya meningkat, tak terkecuali protein. Makanya, para dokter anak menyarankan agar saat bayi berusia 6 bulan, ia sudah mulai diberi makanan yang lunak seperti bubur. Tidak itu saja, pastikan juga kandungan gizinya terutama protein tinggi.

Kenapa demikian? Karena banyak sekali masalah yang muncul. Lihat saja banyak bayi yang mengalami gizi buruk. Bukan berarti mereka tidak mau makan atau menyusui tapi makanan yang disiapkan oleh orang tua mereka masing-masing tidak mampu memenuhi kebutuhan gizi setiap hari. Akibatnya, berat badan bayi cenderung rendah. Bahkan, di daerah-daerah yang terpencil, banyak ditemui bayi yang memiliki berat badan memprihatinkan. Di bulan oktober lalu, diberitakan terdapat 80 anak kecil yang mengalami gizi Balita di Serang. Padahal, Serang bukanlah daerah tertinggal. Bagaimana dengan daerah tertinggal lainnya?

Maka dari itu, para orang tua harus tahu resep bubur bayi usia 6 bulan yang memiliki kandungan protein tinggi. Tujuannya agar masalah gizi buruk tidak lagi terjadi. Dan itupun sangat diperlukan agar perkembangan sang buah hati lebih optimal. Bukankah itu yang ibu inginkan?

Lalu, berapa jumlah protein yang harus didapatkan oleh sang buah hati? Untuk bayi usia 6 bulan, kebutuhan proteinnya sekitar 20 gram. Ini sesuai dengan yang disarankan oleh ahli kesehatan.

Pertanyaanya kemudian adalah bagaimana ibu yakin bisa memenuhi kebutuhan protein harian bayi usia 6 bulan?

Memberikan Bubur Bayi 6 Bulan Tinggi Protein

Sebenarnya, tidak sulit lho untuk membuatkan menu makanan atau yang sering disebut dengan menu MPASI. Beruntung karena di Indonesia banyak sekali bahan yang bisa ibu gunakan untuk membuat makanan bayi yang tinggi protein. Berikut ini beberapa bahan yang bisa ibu gunakan.

  • Alpukat

Dari sekian banyak buah yang ada di Indonesia, Alpukat adalah buah yang paling cocok untuk dijadikan makanan pendamping ASI bayi 6 bulan. Kenapa? Yang pertama, kandungan proteinnya tinggi. Menurut penelitian, ada 2 gram protein di setiap 100 gram buah alpukat.

Yang kedua, buah alpukat ini lunak dan halus. Jadi, sangat tepat dijadikan sebagai resep makanan bayi 6 bulan. Ibu tidak perlu memblender. Cukup ambil daging alpukat lalu haluskan dengan sendok.

Yang terakhir, resep makanan untuk bayi ini mudah dibuat. Bahkan, saat diperjalanan pun ibu bisa menghidangkan makanan bergizi yang satu ini.

  • Pisang

Selain alpukat, pisang juga buah yang tinggi protein. Makanya, orang dewasa pun bisa mencobanya. Saat jam makan siang belum tiba namun sudah terasa lapar, silakan saja makan pisang sebagai buah pengganjal rasa lapar untuk sementara waktu.

Akan tetapi, bagi bayi 6 bulan, pisang bisa menjadi menu utama. Kandungan proteinnya yang mencapai 1,09 gram di setiap 100 gram pisang membuat bayi pasti merasa kenyang. Sama halnya seperti buah alpukat, pisang ini mudah untuk dijadikan makanan bayi. Cukup haluskan dengan sendok. Tidak perlu diblender.

  • Udang

Tentu sesekali ibu membuatkan menu bubur bayi 6 bulan selain buah. Ibu bisa buatkan bubur beras seperti biasa. Akan tetapi, beri campuran berupa udang yang sudah dicincang halus. Akan lebih baik jika udang tersebut diblender agar bebar-benar halus. Setelah itu, campurkan pada bubur. Jadilah bubur ayam yang mengandung protein tinggi.

Udang merupakan salah satu seafood yang sangat tinggi nilai proteinnya. Di setiap 21 gram udang, terdapat kandungan protein yang mencapai 02 gram. Selain itu, ada juga kalori sebesar 91 kkal. Jadi, bubur ini tepat untuk dijadikan menu sarapan sang buah hati agar ia memiliki tenaga untuk beraktivitas setiap hari.

Akan tetapi, hati-hati ya bu. Ada bayi yang alergi terhadap udang lantaran kandungan proteinnya yang terlalu tinggi.

  • Kacang Panjang

Bubur dengan campuran kacang panjang salah satu resep bubur untuk bayi 6 bulan yang terbaik. Dan ini pilihan tepat jika ternyata si kecil alergi terhadap udang atau seafood lainnya. Kacang mengandung protein nabati yang jarang sekali menyebabkan alergi.

Jadi, resep makanan untuk bayi yang mana yang akan ibu coba hari ini?

Jika ibu merasa repot atau sedang dalam perjalanan dengan membawa sang buah hati, ibu bisa berikan Bubur Nestle Cerelac. Ini bubur instan yang dijamin aman untuk bayi. Dan pastinya, kandungan gizinya lengkap. Jadi, ini bisa ibu jadikan alternatif ketika ibu tidak mungkin membuat resep bubur bayi 6 bulan karena sedang di perjalanan.

 

Author

Related

Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Post Reply