Resep Bubur Bayi 6 Bulan Cukup Modal Pisang

Resep Bubur Bayi 6 Bulan Cukup Modal Pisang

Resep bubur bayi 6 bulan bisa dibilang rumit dan gampang di saat bersamaan. Tubuh si kecil yang cukup lemah membuat pemilihan makanan harus dilakukan dengan benar. Salah satu solusi yang diberikan adalah memakai bahan yang jelas jarang timbulkan energi pada bayi, misalkan pisang. Mengingat hanya dengan pisang, seseorang bisa memasak 4 hidangan berbeda. Misalkan saja:

  • Bubur pisang sederhana

Kerap kali bunda tidak punya banyak waktu untuk hidangkan makanan si kecil. Akibatnya, orang tua musti memutar otak untuk mencari resep sederhana, namun cepat jadi. Inilah mengapa daftar resep bubur bayi pertama yakni ‘pisang sederhana’ akan sangat membantu ayah bunda.

Bahan yang digunakan benar-benar hanya pisang. Jenis pisang akan sangat bergantung pada selera si kecil selama pisang sudah matang dan siap makan. Kupas pisang kemudian potong pisang kecil-kecil. Sediakan satu mangkuk, garpu atau sendok, dan tenaga yang besar. Terakhir lumat pisang hingga membentuk tekstur tanah liat. Bubur pisang siap dihidangkan.

  • Panekuk pisang praktis

Rasa gatal ingin mencoba usai membaca resep makanan bayi sangatlah wajar. Namun, terkadang bahan-bahan di rumah tidak mendukung untuk eksperimen masak. Meninggalkan si kecil untuk berbelanja tanpa pengawasan tentu kurang menyenangkan di hati. Tenang, panekuk pisang praktis memang dirancang menggunakan 2 bahan yang umumnya tersedia di rumah yakni pisan dan telur.

Berbeda dengan resep lain, embel-embel praktis bukan sekedar nama saja. Bahkan cara pembuatannya sangatlah mudah nan sehat, lho. Pertama bunda hanya perlu hancurkan pisang dengan menggunakan sendok ataupun mixer. Alasan mengapa tidak disarankan menggunakan blender adalah tekstur akhir yang diinginkan.

Pisang yang dihancurkan harusnya mirip dengan tekstur bubur pisang pada resep sebelumnya yakni bubur pisang sederhana. Langkah kedua adalah memanaskan wajan dan minyak, sambil campurkan telur pada ‘adonan pisang’. Sambil menunggu, terus pastikan telur benar-benar menyatu dengan pisang, agak berat di awal, tapi kalau sudah cair lebih gampang. Terakhir, goreng adonan sampai matang.

Berhubung kabar minyak kurang baik untuk kesehatan bayi beredar, bunda harus super hati-hati. Memang benar, beberapa jenis minyak kurang menyehatkan, namun tidak semuanya. Minyak sayur, zaitun, dan minyak yang menggunakan subtitusi kelapa umumnya lebih aman untuk konsumsi si kecil. Kalau masih ragu, cobalah bicara dengan ahli kesehatan dan minta pendapatnya.
Panekuk pisang dapat dimanfaatkan untuk modal teknik led weaning yakni metode perkenalan makanan padat dengan mendorong si kecil makan mandiri. Kalau ingin tetap merubah jadi bubur, orang tua cukup hancurkan dengan blender.

  • Panekuk bubur bayi

Mungkin ada mommy yang ingin beralih dari menyapih menjadi metode led weaning tapi di saat bersamaan ingin memanfaatkan produk bubur yang sudah dibeli?
Tenang saja, meski bunda beralih ke metode led weaning, asupan nutrisi instant dari produk bubur yang sudah dibeli tetap bisa diperoleh. Memang agak rempong, tapi panekuk bubur bayi dapat disimpan untuk waktu yang cukup lama sehingga bisa dimakan berkali-kali.

Berbeda dengan ‘bubur pisang sederhana’ dan ‘panekuk pisang praktis’, resep panekuk bubur bayi membutuhkan banyak bahan, yakni  Pisang, tentu saja, sudah dihancurkan seperti metode dala resep panekuk pisang praktis. Bunda akan butuhkan pula tepung serbaguna, bubur bayi instant, oatmeal, mentega, telur, dan air.

Pertama bunda siapkan satu mangkuk khusus mencampurkan bahan. Jangan lupa untuk bubur bayi dan oatmeal sudah dicampur air sehingga lebih mudah untuk bergabung dengan bahan lain. Menggunakan mangkuk yang sama, aduk hingga membentuk suatu adonan yang tidak terlalu kental namun tidak cair pula, mirip dengan adonan panekuk biasa.

Langkah terakhir, goreng panekuk hingga matang. Namun, berbeda dengan panekuk biasa, ukuran panekuk satu ini harus diameter kecil dan sebisa mungkin tidak terlalu tebal. Lebih bagus lagi kalau bunda punya wajan khusus bernama Bentuk griddle yang panjang dan luas sangat cocok untuk memasak banyak pancake sekaligus seraya mempertahankan distribusi suhu merata.

Bekukan sisa panekuk yang tidak dimakan si kecil. Memanaskan panekuk cukup goreng diatas wajan dan hidangkan.

  • Bubur pisang nasi merah

Siapa sih yang tidak pernah mendengar nasi merah?

Bahan bernama nasi merah kian menanjaki tangga kejayaan karena meningkatnya gaya hidup sehat. Ternyata, gabungan pisang dan nasi merah merupakan kombo super yang pastinya buat bayi makin sehat dan tumbuh kuat. Bahan yang digunakan cukup sederhana yakni dua bintang utama, pisang dan nasi merah.

Pertama-tama, panaskan oven hingga capai suhu seratus tujuh puluh enam derajat. Panggang pisang selama kurang lebih tiga puluh menit. Jangan kupas kulit pisang, biarkan saja berada dalam panggangan supaya lebih mudah diangkat nanti. Selagi menunggu, manfaatkan waktu untuk menanak nasi merah sesuai selera.

Lepaskan kulit pisang yang sudah dipanggang, dan masukkan dalam blender bersama dengan nasi merah. Hancurkan hingga halus dan sepertinya cocok dimakan si kecil. Beberapa bunda atau ayah menaburkan kayu manis supaya lebih sedap, tapi kembali lagi pada selera dan kondisi si kecil. Beberapa bayi merasa kurang bersahabat dengan kayu manis.

Dunia kuliner sangatlah luas bagi pisang yang super fleksibel. Orang tua sangat dipersilahkan eksperimen lebih lanjut menggunakan bahan pisang. Beberapa rekomendasi resep bubur bayi 6 bulan diatas hanyalah sumber inspirasi, selamat mencoba dan buat senyum si kecil mengembang.

Author

Related

Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Post Reply