Pola Makan Sehat Demi Kesuksesan Diet Ibu Hamil

Pola Makan Sehat Demi Kesuksesan Diet Ibu Hamil

Obesitas bisa saja menyerang perempuan hamil tanpa permisi. Bagaimana tidak? Dengan gaya hidup serba praktis dan mobilitas digital, penghuni bumi alami kenaikan berat badan bahkan sebelum janin menghampiri rahim. Padahal, terlalu gemuk bisa sebabkan keguguran. Jangan khawatir, dengan diet ibu hamil yang tepat, masalah kegemukan bisa diminimalisir.

Entah hamil atau tidak, pada dasarnya konsep memperoleh badan ideal bisa dibilang serupa. Ada 2 komponen penting yang wajib dilakukan pelaku yakni olahraga dan pola makan sehat. Bahkan, mereka yang sedang menjalani cara diet efektif akui bahwa berkeringat dan rasa kram usai olahraga jauh lebih mudah dibanding taat jalani tuntutan makan.

Makanan sehat tidak selalu enak memang ada benarnya. Orang yang tidak terbiasa makan sayur dan daging dengan garam atau perasa kimia minim akan merasa hidangan tidak berasa sama sekali di lidah. Terlepas dari siapa yang memasak kalau godaan berat dari pola makan masa lampau masih menghantui maka sama saja.

Beberapa mungkin bertanya apa yang dimadsud dengan pola makan masa lampau. Mungkin daftar pantangan makanan diet di bawah ini bisa memberi pencerahan..

  1. Kentang goreng
    Nonton film sambil menikmati kentang goreng sungguh nikmat rasanya. Terutama bila kentang goreng diberi bubuk rasa atau saus tomat. Aduh, mau film berlangsung dua jam sekalipun tidak akan ada yang namanya bosan. Inilah kenapa kentang memegang peran sebagai cemilan yang cukup digemari banyak orang.

    Sayangnya, kentang mengandung banyak kalori. Pada dasarnya kentang dapat menggantikan makanan pokok seperti nasi, tidak aneh rasanya bila kentang berbahaya untuk cemilan. Resiko bertambah tinggi ketika bunda konsumsi kentang instant yang tinggal goreng. Kebanyakan kentang tipe tersebut mengandung banyak sodium dan lemak dibanding kentang biasa. Wajar saja rasanya jauh lebih enak dibanding kentang goreng manual.

    Persoalan kedua yang wajib dilihat saat makan kentang adalah saus pendamping. Ada orang yang suka menggunakan saus tomat, sambal, mayo, atau malah mencampurkan ketiganya. Padahal, jika ditilik lebih lanjut justru gula, dan beragam kandungan lainnya tersembunyi dalam saus kemasan. Dapat ditebak bahkan saus saja sudah menambahkan berat badan.

  2. Donat dan kue
    Makanan manis seolah sahabat sejati di kala kehamilan. Rasa manis dari dua kudapan tersebut memang patut membuat bahagia. Bahkan pada banyak kasus, perempuan yang rajin menghadiri kelas kebugaran sekalipun harus gagal hanya karena kesulitan berhenti makan donat dan kue.

    Tak ada yang bisa menyalahkan bila bunda tetap ingin konsumsi makanan manis, toh memang sudah naluri. Hanya saja, orang tua harus benar-benar memikirkan apa yang diperoleh dari suatu makanan. Kalau memang ngidam berat, ajak saja seseorang untuk makan bersama dan bagi kudapan dengan pasangan makan. Dengan demikian, bunda tetap bisa nikmati kue namun masih dalam batas wajar. Catatan saja, bunda ambil bagian yang lebih sedikit ya.

  3. Jus buah kemasan
    Rasanya bangga sekali ketika minum jus buah, seolah sudah mulai menanamkan hidup sehat. Padahal, sebetulnya tergantung dari tipe jus yang diminum itu sendiri. Apabila fokus bunda pada jus seratus persen buah tanpa gula yang dibuat di rumah, maka tidaklah salah mengecap diri ikut gaya sehat. Tapi, lain cerita dengan mereka yang berfokus pada jus kemasan.

    Bahan kimia dicampurkan dalam produk kemasan sepertinya bukan berita baru lagi. Entah dengan tujuan mengawetkan atau mendorong laku tidaknya suatu produk, kimia dalam kemasan tetap berbahaya. Bahkan, penyebab gemuk bisa jadi berasal dari produk yang terlihat sehat namun nyatanya beracun.

    Gula, komponen yang sudah pasti buat badan menggelembung. Kalau gula fruktosa mungkin masih oke dikonsumsi tubuh, lain cerita dengan gula buatan atau sintetis. Dalam satu kaleng jus sendiri, dapat ditebak bahwa sebagian besar berisi gula, barulah buah. Ironis memang tapi kenyataannya demikian.

  4. Mie instant
    Sudah bukan rahasia lagi kalau demi hemat uang, mie instant jadi pilihan. Rasanya yang nikmat, cepat, ringkas, dan praktis tingkatkan jumlah penggemar mie. Namun, bukan hal yang mengejutkan dibalik harga murah meriah tersimpan ancaman atau bahaya tersendiri. Ya, mie instant telah terbukti menggemukkan badan lebih cepat dari makanan lain.

    Apabila bunda memang ngidam mie, ada baiknya membeli mie yang disediakan segar. Jangan membeli mie kemasan yang kurang baik untuk kesehatan. Minimal, hindari menggunakan bubuk perasa yang ditawarkan bersama mie instant karena akan mampu rusak kesehatan bunda maupun janin dalam kandungan. Harap diingat pula bila memilih mie segar, tolak penggunaan micin yang tak jauh berbeda dengan bumbu kemasan.

  5. Susu coklat
    Vitamin D dan kalsium memang berasal dari susu. Sehingga kerap kali susu termasuk daftar makanan wajib untuk bunda hamil. Sayangnya, kenyataan terkadang berkata lain karena pemilihan susu yang salah.

    Sebagian besar produk susu di pasaran bukan membantu bunda malah mencelakakan. Selalu ingat untuk membaca label di balik kemasan yang berisi informasi gizi serta kandungan di dalamnya. Luangkan waktu untuk mencari istilah kandungan yang mungkin tidak dikenal oleh ibunda.

Kalau ingin bermain aman, tanyakan pada dokter produk susu yang baik. Membeli susu kemasan khusus untuk kehamilan tidak ada salahnya. Pasalnya formula pada susu ibu mengandung sudah dirancang khusus perkembangan janin, kesehatan ibunda, dan tentunya tidak menganggu diet ibu hamil selama sembilan bulan. (HN)

Author

Related

Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Post Reply