Pilihan Jenis Susu Untuk Anak 5 Tahun Menurut Para Pakar Kesehatan

Pilihan Jenis Susu Untuk Anak 5 Tahun Menurut Para Pakar Kesehatan

Sebenarnya pentingkah tetap memberikan susu untuk anak 5 tahun? Memang seolah-olah susu ini jadi bagian yang tidak bisa terpisahkan dari bayi maupun balita. Namun anak sudah berumur 5 tahun ke atas apakah masih penting untuk tetap memberikannya susu?

Jika memang ingin tetap memberikan susu untuk si kesil, kira-kira jenis susu terbaik untuk anak usia 5 tahun itu yang seperti apa? Sebab sudah Anda ketahui sendiri saat ini banyak sekali jenis susu khusus untuk anak usia 5 tahun.

Benarkah jika susu ini merupakan penyempurna gizi anak? Seperti selogan yang sering Anda dengar sejak dulu “ 4 sehat 5 sempurna”. Jika memang tetap perlu, kira-kira manakah yang perlu dipilih untuk anak di atas 2 tahun? Terlebih lagi susu untuk anak usia 5 tahun.

Apakah susu bubuk, susu UHT, susu kental manis, susu kedelai, susu pasteurisasi, ataukah jenis susu lainnya?

Faktanya, susu ini merupakan satu-satunya sumber gizi saat bayi masih berusia 6 bulan ke bawah. Dan susu terbaik untuk bayi hingga usia 2 tahun adalah Air Susu Ibu (ASI). Namun pada ulasan kali ini yang ditekankan adalah jenis susu khusus anak umur 5 tahun.

Kemudian yang akan menjadi pertanyaan selanjutnya adalah adakah susu yang memang khusus untuk anak yang masih berumur 5 tahun? Ataukah sama saja dengan susu untuk balita?

Faktanya seiring dengan usia anak yang semakin bertambah, secara otomatis anak juga memerlukan zat gizi tambahan guna memenuhi kebutuhan tubuh si kecil supaya bisa berkembang secara optimal.

Salah satu zat gizi yang dibutuhkan oleh si kecil dalam jumlah besar adalah kebutuhan akan protein yang besar dan umumnya bisa diperoleh dari lauk hewani dan juga nabati seperti halnya susu ini.

Jika Bunda perhatikan, saat ini banyak sekali pilihan susu anak 5 tahun dan hampir semuanya dikemas dalam bentuk yang menarik. Namun ternyata keadaan yang seperti ini banyak membuat para orang tua bingung saat memilih susu terbaik untuk anak.

Sehingga tidak jarang lantaran banyak para orang tua yang merasa khawatir terkait dengan proses sterilisasi susu anak secara UHT/pasteurisasi membuat banyak orang tua yang lebih memilih susu mentah. Padahal konsumsi susu mentah ini bisa membahayakan bagi si kecil.

Kebutuhan Gizi  Anak

Perlu Bunda pahami bahwa sebenarnya kebutuhan gizi anak sangat bervareasi dan tentunya tergantung dari usia, jenis kelamin, dan aktivitas. Maka dai itu sudah pasti susu untuk anak umur 5 tahun berbeda dengan susu untuk anak di bawah 5 tahun.

Untuk lebih jelasnya terkait dengan kebutuhan gizi anak bisa dilihat pada ulasan di bawah ini:

  1. Anak dengan usia 1-3 tahun umumnya memerlukan energi 1125 kkal, lemak 44 gr, protein 26 gr, serat 16 gr, karbohidrat 155 gr, zat besi 8 mg, air 1200 mL, zinc 4 mg, dan kalsium 650 mg.
  2. Anak dengan usia 4-6 tahun umumnya memerlukan energi 1600 kkal, lemak 62gr, protein 35 gr, serat 22 gr, karbohidrat 220 gr, zat besi 9 mg, air 1500 mL, zinc 5mg, dan kalsium 1000 mg.

Namun yang perlu Bunda pahami juga adalah susu ini memang merupakan sumber zat yang sangat tinggi. Namun meskipun demikian, susu ini bukanlah sebuah keharusan. Susu ini memang benar-benar dibutuhkan manakala konsumsi makanan si kecil dirasa kurang. Terutama dalam sumber kalisum dan protein.

Jadi bisa disimpulkan jika susu terutama untuk anak usia 5 tahun ini lebih ke pelengkap atau nitrisi pelengkap. Jadi memang tidak menjadi sebuah keharusan, namun untuk mengantisipasi ketika menu makanan si kecil ternyata belum mencukupi nutrisi yang dibutuhkan oleh si kecil maka susu ini bisa melengkapi nutrisi yang kurang tersebut.

Pilihan Terbaik Susu Anak Umur 5 Tahun

Sebenarnya susu untuk anak usia 5 tahun ini bukanlah sebuah keharusan. Namun jika si kecil kurang mengkonsumsi jenis makanan yang mengandung protein dan kalsium, maka susu ini bisa menjadi solusi terbaik. Apalagi di dalam susu juga banyak mengandung karbohidrat, lemak, sampai vitamin dan mineral.

Protein merupakan zat yang sangat penting untuk membantu pertumbuhan, perbaikan sel serta produksi enzim dan hormon untuk si kecil. Sedangkan untuk karbohidrat ini merupakan salah satu zat penyedia energi bagi tubuh.

Lemak disini berperan untuk menyimpan energi, memberi kehangatan tubuh, proteksi, dan pelarut vitamin. Lemak yang terkandung di dalam susu ini 2/3 berjenis lemak tak jenuh, sedangkan 1/3 berbentuk asam lemak tak jenuh tunggal.

Selain itu pilihlah susu anak usia 5 tahun yang di dalamnya terkandung mikronutrien yang lengkap, yakni mulai dari vitamin A, B, C, D, E, dan K sampai dengan berbagai jenis mineral seperti fosfor, kalsium, yodium, zinc, dan magnesium.

Dengan itu dijamin susu yang Anda pilih untuk si kecil kesayangan ini memang benar-benar menjadi pelengkap atau nutrisi tambahan terutama saat makanan yang dikonsumsi si kecil belum mengadung nutrisi simbang yang dibutuhkan oleh tubuh si kecil itu sendiri.

Meskipun pada dasarnya susu untuk anak yang sudah berumur 5 tahun ke atas kurang begitu penting, namun sebenarnya dengan memanfaatkan susu untuk anak 5 tahun ini bisa membantu tumbuh kembang si anak menjadi lebih optimal lagi.

Author

Related

Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Post Reply