Pilihan Cerdas Makanan Sehat Tahap Perkembangan Janin Trimester Pertama

Pilihan Cerdas Makanan Sehat Tahap Perkembangan Janin Trimester Pertama

Memilih makanan untuk ibu hamil trimester pertama yang sesuai dan tepat sangat penting untuk menunjang tahap perkembangan janin kedepannya. Untuk itulah kehati-hatian saat menentukan menu makanan bisa membantu kondisi ibu hamil di trimester pertama ini.

Sebab lantaran keteledoran Anda memilih menu makanan yang tidak tepat dan sesuai ternyata berakibat buruk pada perkembangan janin yang saat ini sedang Anda kandung. Maka dari itu agar hal ini jangan sampai terjadi, pilihlah jenis makanan yang tepat dan sesuai yang bisa mendukung tahapan perkembangan pada janin lebih optimal lagi.

Lantas yang menjadi pertanyaan selanjutnya adalah makanan apa saja yang disarankan untuk dikonsumsi dan makanan apa saja yang tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil pada trimester pertama ini?

Memilih menu makanan yang tepat dan sesuai ini bisa berdampak positif untuk ibu dan janin yang ada di dalam kandungan, seperti mengurangi morning sickness serta mencegah lelah berlebihan yang umum dialami pada awal kehamilan.

Selain itu, juga bisa membantu untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan terjadi, seperti cacat saat lahir, kelahiran prematur, dan terjadinya keguguran. Tentunya tidak ada yang menginginkan hal seperti ini sampai terjadi.

Umumnya saat Anda hamil, orang-orang di sekitar akan melarang untuk mengkonsumsi makanan ini dan itu. Ini disebabkan karena usia kehamilan pada trimester pertama ini memang cukup rentan dan sangat besar potensinya mengalami berbagai gangguan kesehatan.

Pilihan Makanan Sehat Ibu Hamil Trimester Pertama

Tahap perkembangan pada janin usia kehamilan trimester pertama ini bisa dioptimalkan perkembangannya dengan selalu mengkonsumsi jenis makanna yang tepat dan sesuai. Saat usia kehamilan trimester pertama, pilihlah beberapa makanan berikut ini untuk mengotimalkan tahap pertumbuhan janin.

  1. Sayuran

Ibu hamil muda sering sekali mengalami gejala mual dan muntah atau yang dikenal dengan morining sickness. Ternyata gejala ini bisa dikurangi dengan memperbanyak mengkonsumsi jenis sayuran-sayuran hijau.

Selain itu anemia yang sering terjadi pada kehamilan juga bisa dicegah dengan cara memperbanyak mengkonsumsi sayuran ini, sebab kandungan zat besi pada sayuran ini dapat membantu produksi hemoglobin.

Dan sayuran hijau juga dikenal banyak mengandung nutrisi yang sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan janin, salah satunya adalah asam folat. Zat ini bisa berperan saat proses pertumbuhan dan pembelahan sel. Sehingga asam folat ini sangat dibutuhkan untuk perkembangan janin serta bisa mencegah kecacatan pada janin.

  1. Buah

Beberapa jenis buah juga sangat cocok untuk menjadi makanan pemicu perkembangan janin pada trimester pertama. Namun tidak semua jenis buah baik untuk ibu hamil pada trimester pertama ini. Ada jenis buah tertentu yang malah bisa membahayakan.

Bagi ibu hamil, selain manfaat dari nutrisinya, kandungan serat pada buah ini bisa bermanfaat untuk mengatasi sembelit yang sering terjadi selama kehamilan. Sedangkan bagi janin, lantaran banyaknya nutrisi yang terkandung di dalam buah ini akan berdampak positif pada tahap perkembangan bayi janin pada trimester pertama ini.

Jenis buah yang aman untuk ibu hamil pada trimester pertama seperti pisang, jeruk, apel, anggur, alpukat, tomat, kurma, dan sebagainya. Sedangkan yang tidak bolah dimakan seperti nanas, durian, delima, dan pepaya muda.

  1. Produk Olahan Susu

Ibu hamil muda ini sangat disarankan untuk lebih sering mengkonsumsi berbagai produk olahan yang terbuat dari susu. Hal ini lantaran kebutuhan protein yang cukup tinggi pada ibu yang sedang hamil muda ini.

Protein ini sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan sel dan juga pertumbuhan janin. Untuk itulah dengan cara rutin mengkonsumsi berbagai jensi olahan susu ini merupakan upaya tepat supaya bisa memperoleh asupan protein yang cukup.

  1. Seafood

Tahap perkembangan bayi janin ini bisa lebih optimal lagi dengan cara memperbanyak makan seafood. Alasannya adalah seafood ini sangat kaya akan kandungan protein dan asam lemak omega 3.

Dan nutrisi-nutrisi ini sangat dibutuhkan guna menyokong perkembangan otak janin supaya lebih optimal. Untuk itu jika ingin memiliki anak yang cerdas harus Anda mulai sejak bayi masih berada di dalam kandungan.

  1. Sereal

Sereal ini bisa menjadi pilihan tepat dan sesuai menu makanan untuk ibu hamil muda. Bahkan direkomendasikan untuk rutin dikonsumsi setiap hari. Sereal yang bagus untuk ibu hamil adalah yang jenis whole grain, namun bisa juga diganti dengan roti gandum dari jenis whole grain juga.

  1. Kacang-kacangan

Perlu Anda ketahui, tidak semua jenis kacang ini bagus dan bisa mendukung tahap pertumbuhan pada janin. Namun kacang-kacangan ini sangat disarankan sebab banyak mengandung protein yang besar manfaatnya bagi tubuh.

Untuk jenis kacang-kacangan yang aman dikonsumsi oleh ibu hamil adalah kacang hijau, kacang kedelai, dan kacang merah yang kesemuanya kaya sekali akan asam folat dan fitamin B. Dan tentunya akan sangat bagus untuk ibu hamil dan perkembangan janin yang sedang dikandungnya.

  1. Air Kelapa

Alasannya lantaran air kelapa ini dipercaya banyak sekali mengandung zat yang bermanfaat terutama bagi ibu hamil muda dan janin yang dikandungnya. Air kelapa muda untuk ibu hamil muda ini dipercaya memiliki manfaat sebagai elektrolit alami yang mengandung banyak mineral yang memiliki fungsi sebagai pemulih stamina ibu hamil.

Pengoptimalan tahapan perkembangan janin harus selalu Anda upayakan. Jangan sampai tahap perkembangan janin terganggu gara-gara keteledoran Anda sendiri.

Author

Related

Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Post Reply