Pilih Kalender Kehamilan atau Kalkulator Online

Pilih Kalender Kehamilan atau Kalkulator Online

Salah satu cara untuk mengetahui usia bayi di dalam kandungan adalah dengan menggunakan kalender kehamilan. Ini sebenarnya bukan cara yang baru. Bahkan, bisa dikatakan ini merupakan cara yang sudah lama digunakan oleh masyarakat sebelum mereka mengenal cara menghitung usia janin dengan menggunakan alat modern.

Sekarang sudah ada inovasi baru, berupa kalkulator kehamilan online. Tujuannya sama, yaitu menghitung usia janin di dalam kandungan sekaligus memprediksi kapan HPL atau hari perkiraan lahir. Pertanyaannya adalah mana dari dua cara ini yang lebih valid? Atau keduanya sama-sama valid?

Sayangnya Tidak Ada Yang Valid

Hingga saat ini, bisa dikatakan tidak ada atau belum ad acara menghitung usia kehamilan yang 100% valid. Artinya, apa yang ibu ketahui mengenai usia janin dan HPL setelah menggunakan kalender kehamilan atau kalkulator kehamilan online itu tidak valid.

Bahkan, dokter kandungan mengatakan penggunaan USG untuk mengetahui HPL bisa saja salah. Keakuratan USG hanya mencapai 90% saja. Bagaimana dengan kalender atau kalkulator kehamilan?

Hal ini bukan tanpa alasan. Dokter kandungan mengatakan HPL tidak hanya ditentukan oleh usia bayi di dalam kandungan. Bisa saja janin masih di bawah 9 bulan tapi dalam keadaan tertentu bayi harus lahir. Ini yang disebut dengan bayi prematur.

Ada juga bayi yang hari kelahirannya satu minggu sebelum HPL. Hal ini bisa disebabkan oleh kondisi kesehatan ibu hamil, kondisi air ketuban, ternjadinya kontraksi, dan lain sebagainya. Jadi, jelas mengapa informasi mengenai HPL yang ibu dapatkan dari penghitungan kalender kehamilan atau kalkulator kehamilan online belum pasti benar.

Terlepas dari itu semua, bukan berarti ibu tidak perlu menggunakan metode tersebut. Karena dasarnya bukan HPL yang terpenting, namun ibu tahu perkiraan usia janin dan perkiraan kelahiran sehingga ibu bisa melakukan sesuatu sebagai langkah antisipasi. Jika kehamilan sudah mencapai trimester ketiga atau bahkan diprediksi sudah mencapai usia 8 bulan, tentu ibu tahu apa yang seharusnya ibu lakukan seperti persiapan cuti jika ibu bekerja, persiapan baju bayi, kamar bayi, dan lain sebagainya.

Untuk lebih cepat dan mudah mengetahui perkiraan usia janin di dalam kandungan, ibu bisa kunjungi situs ibu dan balita dan gunakan fitur kalkulator kehamilan online. Ini lebih mudah digunakan karena yang ibu perlu lakukan hanyalah memasukkan info mengenai hari pertama haid terakhir serta rata-rata lama sirkulasi haid.

Kelander Kehamilan Bisa Mengetahui Jenis Kelamin Bayi Dalam Kandungan

Ada hal lain yang ibu bisa dapatkan dari penggunaan kalender kehamilan, yaitu informasi mengenai jenis kelamin. Ini yang tidak ibu dapatkan jika ibu menggunakan kalkulator kehamilan online. Namun, sekali lagi, kevalidannya tidak 100%. Ini hanya bersifat prediksi saja.

Kalender ini disebut dengan kalender kehamilan cina. Kalender ini dibuat oleh orang cina berdasarkan kebiasaan yang sering terjadi. Jadi, pada kalender tersebut, sudah bisa diprediksi seorang ibu hamil yang hamil pada hari dan bulan tertentu bisa melahirkan anak laki-laki atau perempuan.

Ibu bisa cari kalender kehamilan cina ini di internet. Akan tetapi, jika ibu ingin lebih praktis, cukup datang saja ke dokter kandungan agar dilakukan pemeriksaan USG. Dengan menggunakan alat modern ini, bisa dilihat berapa usia janin, HPL, panjang dan berat janin, serta jenis kelamin janin. Apakah valid? Jawabannya sama, hanya bersifat prediksi saja. Namun, karena kondisi fisik janin bisa dilihat secara lebih jelas dengan menggunakan alat USG ini, maka apakah bayi ibu berjenis kelamin laki-laki atau perempuan bisa diketahui lebih pasti.

Kalender Kehamilan Putar Online

Kebanyakan bidan yang masih menggunakan kalender kehamilan ini. Kalender berbentuk bundar dan untuk mengetahui usia bayi dan kapan kelahirannya cukup diputar saja.

Akan tetapi, sekarang sudah ada kalender kehamilan putar online. Jadi, kalender ini dibuat secara visual. Ibu bisa memutar kalender tersebut menggunakan mouse (jika ibu menggunakan komputer atau laptop) atau jari (jika ibu menggunakan smartphone).

Setiap cara, entah itu kalender, kalkulator, atau USG, menggunakan metode yang berbeda. Seperti contoh, kalkulator kehamilan online pada dasarnya menggunakan rumus Naegele. Ibu bisa menghitung secara manual asalkan ibu tahu rumus Naegele ini. Hanya saja, sekarang sudah ada kalkulator kehamilan online yang dibuat berdasarkan rumus Naegele ini. Jadi, ibu tidak perlu menghitung secara manual.

Akhirnya, ibu bisa gunakan cara apapun, entah itu menggunakan kalender, kalkulator, atau pemeriksaan USG. Atau, ibu bisa gunakan semua cara tersebut.

Yang pasti, dengan mengetahui perkiraan usia kehamilan, ibu bisa tahu apa yang harus ibu lakukan. Dalam hal ini, ibu harus ingat kebutuhan nutrisi itu berbeda sesuai dengan usia kehamilan. Bahkan, keluhan kesehatan pun berbeda-beda, antara kehamilan muda, kehamilan trimester kedua, dan kehamilan trimester ketiga.

Untuk itu, setelah ibu tahu perkiraan usia bayi di dalam kandungan, ibu bisa langsung mencari tahu nutrisi apa yang seharusnya ibu dapatkan. Ibu bisa cari di internet atau bergabung dengan forum ibu dan balita. Di sana, ada banyak sekali ibu hamil yang berkumpul dan bertukar informasi melalui forum online tentang pengalaman yang mereka rasakan selama masa kehamilan. Selain itu, mereka juga tidak pelit dalam berbagi ilmu. Ibu bisa mengajukan pertanyaan entah itu keluhan yang ibu alami atau apa saja yang berhubungan dengan kehamilan dan anggota yang lainnya pasti akan memberikan respon.

Jadi, bukan valid atau tidaknya informasi yang ibu dapatkan setelah menggunakan kalender kehamilan tapi tindakan apa yang ibu harus lakukan setelah tahu usia kehamilan ibu.

Author

Related

Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Post Reply