Ibu Harus Tahu Semua Langkah Pertolongan Pertama Pada Diare

Ibu Harus Tahu Semua Langkah Pertolongan Pertama Pada Diare

Apa yang ibu ketahui mengenai pertolongan pertama pada diare? Apakah dengan memberikan oralit? Ini yang sering dilakukan oleh para orang tua. Sayangnya, ini bukan cara satu-satunya yang harus bisa dilakukan. Masih banyak lagi.

Dan semua ini harus ibu ketahui. Mengapa? Karena bisa saja cara yang ibu lakukan tidak manjur atau tidak berhasil. Dan itu artinya ibu salah dalam dalam melakukan treatment karena tahu apa penyebab anak diare.

Hal pertama yang harus dilakukan adalah mencari tahu apa penyebab diare yang dialami oleh si kecil. Kemudian, ibu baru mencari cara yang tepat sebagai pertolongan pertama saat diare.

Penyebab Diare Bukan Karena Makanan Saja

Banyak orang yang menganggap saat anak diare, dia pasti makan makanan yang tidak bersih atau tidak higienis. Asumsi ini hampir pasti benar. Namun, ada kemungkinan juga diare yang dialami oleh si kecil itu disebabkan oleh faktor lain.

Menurut para ahli kesehatan. diare itu juga bisa disebabkan oleh obat-obatan. Maka dari itu, ibu harus lihat apakah anak ibu sedang mengkonsumsi obat tertentu. Jika ya, maka bukan tidak mungkin obat itulah yang menyebabkan anak diare.

Lebih dari itu, para ahli kesehatan juga menjelaskan antibiotik sangat mungkin menyebabkan anak balita diare. Jadi, jika balita ibu sedang mengalami masalah kesehatan dan dokter memberinya antibiotik, ada baiknya hentikan dulu pemberian antibiotik. Konsultasikan dengan dokter agar antibiotik diganti. Sampaikan pada dokter bahwasannya si kecil diare setelah minum antibiotik tersebut.

Selain karena obat, bisa juga diare disebabkan oleh susu. Apakah susu yang ibu berikan untuk sang buah hati benar-benar higienis? Bagaimana ibu menyimpan susu tersebut? Jika ibu tidak tahu cara menyimpan yang tepat, bukan tidak mungkin susu terkontaminasi oleh bakteri. Dan jika itu yang terjadi, bakteri masuk ke lambung dan merusak sistem pencernaan. Akibatnya, anak ibu mengalami diare.

Itulah mengapa sebaiknya ibu memilih susu yang disimpan di sebuah wadah yang dijamin tidak akan terkontaminasi oleh bakteri. Susu Friso Gold 3 merupakan susu balita terbaik. Bukan hanya terbaik lantaran kandungan nutrisinya lengkap dan seimbang melainkan ada wadah yang menjaga kualitas susu selalu dalam kondisi baik. Ada tutup yang membuat susu tidak akan terkontaminasi bakteri.

Sementara itu, yang perlu ibu lakukan selanjutnya adalah memastikan botol susu benar-benar dicuci dengan bersih. Percuma saja jika susu masih dalam keadaan baik namun botol susu yang digunakan masih ada sisa kotoran yang menempel. Itu juga yang bisa menyebabkan diare pada anak.

Karena penyebab yang berbeda-beda tersebut, pemberian pertolongan pertama saat anak diare pun berbeda.

Memberikan Pertolongan Pertama Ketika Anak Diare

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, ada banyak faktor penyebabnya.

  • Diare Disebabkan Karena Obat

Jika ibu merasa obatlah yang menyebabkan anak diare, tidak ada cara lain yang bisa ibu lakukan pertama kali selain menghentikan memberikan obat. Kemudian, ibu bisa konsultasikan dengan dokter. Atau silakan konsultasi secara online terlebih dahulu di www.friso.co.id.

  • Diare Disebabkan Keracunan

Jika anak tidak sedang mengkonsumsi obat, ada kemungkinan anak keracunan makanan. Coba ibu ingat kembali makanan apa yang terakhir dikonsumsi oleh si kecil. Sebaiknya buang saja makanan tersebut. Ganti dengan yang baru.

Selain itu, mintalah anak untuk mengkonsumsi air putih dalam jumlah yang banyak. Jika ibu masih memberikan ASI, berikan ASI sebanyak mungkin. Ini pertolongan pertama yang tepat bagi anak yang sedang mengalami diare.

  • Diare Disebabkan Oleh Susu

Seperti keterangan tersebut di atas, ada kemungkinan juga susu lah yang menyebabkan anak diare. Kasus semacam ini sering terjadi. Umumnya disebabkan oleh kelalaian orang tua. Mereka tidak menyimpan susu di tempat yang kering dan jauh dari sinar matahari. Akibatnya, bakteri bisa masuk dan mengkontaminasi susu.

Untuk itu, buang saja susu tersebut dan ganti dengan susu yang baru. Dan pastikan juga botol atau gelas yang ibu gunakan untuk membuat susu benar-benar higienis.

Apakah perlu memberikan oralit? Pada tahap tertentu, oralit tidak perlu diberikan. Toh anak biasanya menolak untuk mengkonsumsi oralit karena rasanya yang tidak terlalu enak.

Akan tetapi, jika diare yang dialami oleh si kecil sudah lebih dari 3 hari, sebaiknya ibu berikan oralit. Apalagi jika ibu merasa badan si kecil sangat lemas dan lemah. Kemungkinan ia mengalami dehidrasi. Dan pertolongan pertama yang penting untuk dilakukan adalah memberikan oralit.

Apakah perlu membawa anak ke dokter? Perlu jika sudah sekitar satu minggu diare yang dialami si kecil tidak kunjung sembuh.

Setidaknya, ibu tidak boleh panik saat anak diare. Toh sekarang sudah banyak informasi kesehatan yang bisa ibu akses. Ibu tidak harus langsung membawa anak ke dokter. Ikuti saja forum ibu di internet. Banyak sekali yang membahas mengenai cara penanganan masalah kesehatan anak balita, tak terkecuali tentang penanganan anak diare.

Atau ibu juga bisa memanfaatkan fasilitas Tanya Pakar di situs Friso. Ini merupakan layanan di mana ibu bisa melakukan konsultasi secara online dengan seorang dokter anak. Jika anak mengalami diare, misalnya, ajukan saja pertanyaan seputar bagaimana penanganan yang tepat. Ceritakan kondisi si kecil seperti berapa lama diare dialami oleh anak dan bagaimana kondisi badannya sekarang. Jadi, dokter bisa memberikan saran berupa cara memberikan pertolongan pertama pada diare yang tepat.

Author

Related

Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Post Reply