Permainan Kreatif Untuk Mengembangkan Kecerdasan Intrapersonal Anak

Permainan Kreatif Untuk Mengembangkan Kecerdasan Intrapersonal Anak

Anda pasti sudah memberikan permainan kreatif. Sebagai orang tua yang ingin melihat tumbuh kembang anak baik, tentu saja segala hal yang baik akan Anda lakukan. Tak terkecuali membelikan permainan edukatif.

Namun, apakah Anda sudah memberikan permainan untuk mengembangkan kecerdasan intrapersonal anak? Atau Anda belum tahu apa itu kecerdasan intrapersonal?

Memang tidak banyak yang tahu dengan istilah yang satu ini. Hanya orang yang berkecimpung di dalam dunia pendidikan atau psikologi anak saja yang memahami hal ini. Kecerdasan ini juga sangat penting. Bahkan, lebih penting daripada kecerdasan intelektual. Ini berkaitan dengan bagaimana anak siap untuk menatap masa depannya nanti.

Apa Itu Kecerdasan Intrapersonal?

Ada anggapan yang keliru mengenai anak yang memiliki kecerdasan intrapersonal. Anak tersebut dianggap anak yang anti-sosial karena cenderung lebih sering menyendiri. Anggapan ini jelas salah besar.

Memang anak yang memiliki kecerdasan intrapersonal cenderung lebih suka mengerjakan suatu hal secara sendirian. Pasalnya, ia memiliki sisi kemandirian yang sangat tinggi. Akan tetapi, hal ini tidak lantas membuat anak dengan kecerdasan intrapersonal tidak bisa membaur dengan anak-anak yang lain.

Salah satu sisi baik anak yang memiliki kecerdasan intrapersonal adalah kemandirian. Kecerdasan intrapersonal merupakan kecerdasan di mana anak memahami potensi diri sendiri dan mengerti apa yang menjadi kelemahannya. Dengan pemahaman seperti ini, anak menjadi lebih mandiri. Ia bisa memilih kegiatan apa yang bisa dia lakukan dan apa yang tidak mampu untuk ia lakukan.

Karena ia mengerti kemampuannya sendiri, ia selalu mampu mengatasi masalah atau persoalan yang ia hadapi. Agar anak Anda memiliki kemampuan seperti ini, harus ada stimulus khusus berupa game kreatif yang bisa mengembangkan kecerdasan intrapersonal anak.

Sayangnya, kemandirian anak ini membuat anak cenderung mengerjakan pekerjaan sendiri. Ia lebih suka mengerjakan pekerjaan rumah sendiri. Ia suka tantangan dan setiap tantangan harus mereka selesaikan. Hal ini membuat anak lihat suka menyediri.  Namun, hal ini tidak lantas membuat anak anti-sosial. Ia bisa membaur dengan anak lain. Bahkan, karena kemandiriannya tersebut, anak tahu bagaimana cara bergaul dengan anak yang memiliki kepribadian berbeda. Anak yang memiliki kecerdasan intrapersonal mampu menganalisa bagaimana behavior setiap anak yang menjadi temannya.

Jadi, penting sekali agar anak Anda memiliki kecerdasan intrapersonal. Kecerdasan ini harus dikembangkan sedini mungkin.

Cara Mengembangkan Kecerdasan Intrapersonal

Jika Anda tahu apa yang harus Anda lakukan untuk mengembangkan kecerdasan intrapersonal anak, Anda bisa melakukan improvisasi sendiri untuk menemukan mainan kreatif apa yang cocok untuk dimainkan oleh anak Anda.

Ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan untuk mengembangkan kecerdasan intrapersonal anak.

  • Melatih Ketekunan

Ada permainan yang menggembirakan. Ada juga permainan yang mengharuskan anak menyelesaikan sebuah tantangan atau misi. Kira-kira permainan mana yang bisa melatih ketekunan anak? Jelas permainan yang kedua, kan?

  • Belajar Mengenali Keinginan

Para pakar perkembangan anak menyarankan agar sedini mungkin bakat anak dipetakan. Hal ini menjadi sangat penting karena dengan melakukan pemetaan bakat, Anda tahu bakat alami apa yang ada pada diri si kecil.

Secara tidak langsung, proses ini juga akan membuat anak tahu apa yang menjadi keinginan terbesar anak. Apa yang menjadi obesesinya. Untuk itu, ada baiknya Anda memilihkan permainan yang sesuai dengan keinginan anak Anda.

  • Mengetahui Kelebihan dan Kelemahan Diri

Secara umum, anak usia sekolah sudah bisa membandingkan antara dirinya sendiri dengan anak yang lain. Ini menjadi salah satu cara mengukur kelebihan dan kelemahan dirinya sendiri.

Permainan yang kreatif juga bisa dijadikan cara lain untuk mengetahui hal tersebut. Anda bisa berikan permainan yang berbeda, seperti permainan yang lebih bertumpu pada fisik atau pada mental.

Sudah punya gambaran permainan seperti apa yang harus Anda pilihkan?

Perbedaan Antara Kecerdasan Intelektual Dengan Kecerdasan Intrapersonal

Agar Anda lebih jelas lagi tentang kecerdasan intrapersonal, Anda bisa bandingkan dengan kecerdasan intelektual.

Jelas sekali jika kecerdasan intelektual merupakan kecerdasan berpikir. Biasanya, anak yang memiliki kecerdasan intelektual yang tinggi memiliki kemauan yang keras untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Ia juga termovitasi untuk menjadi anak terbaik di kelas.

Sementara itu, kecerdasan intrapersonal sedikit berbeda. Anak yang memiliki kecerdasan intrapersonal cenderung berbeda dengan kebanyakan anak. Ia memiliki cara belajar yang berbeda. Ia mampu mengubah target ketika apa yang ia cita-citakan ternyata gagal didapatkan. Ia tidak mudah putus asa karena ia mampu mengendalikan dirinya sendiri.

Lalu, mana yang lebih penting? Sebenarnya keduanya penting.  Hanya saja, banyak orang tua yang tidak tahu apa itu kecerdasan intrapersonal. Mereka juga tidak tahu bagaimana cara mengembangkan kecerdasan itu. Padahal, kecerdasan ini sangat dibutuhkan agar anak bisa menentukan sikap sendiri. Ia akan tumbuh menjadi pribadi yang mandiri, tidak mudah menyerah, dan berani melakukan hal yang menantang. Bukankah ini bekal yang sangat penting untuk anak Anda?

Untuk mengembangkan kecerdasan intelektual, Anda bisa memberikan makanan dan minuman yang bernutrisi tinggi seperti memberikan susu Friso. Ada juga stimulus dari luar seperti permainan edukatif dan sistem belajar yang tepat.

Akan tetapi, untuk mengembangkan kecerdasan intrapersonal, permainan kreatif harus diberikan. Permainan yang dimaksud adalah permainan yang sesuai dengan ketentuan di atas seperti permainan yang membuat anak tekun, mengenal keinginan sendiri, serta memahami kelebihan dan kekurangannya.

Author

Related

Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Post Reply