Permainan Kreatif Untuk Anak Itu Apa Manfaatnya?

Permainan Kreatif Untuk Anak Itu Apa Manfaatnya?

Permainan kreatif adalah cara mengajar yang sesuai untuk belajar keterampilan sosial, karena dengan permainan diciptakan suasana santai dan menyenangkan. Permainan adalah suatu cara penyajian bahan pelajaran melalui berbagai bentuk permainan. Permainan memberi kesempatan yang menyenangkan untuk belajar yang hampir tidak disadari. Permainan juga termasuk cara teratur untuk melaksanakan suatu pekerjaan dengan sesuatu yang dipermainkan.

Permainan merupakan kegiatan yang menyenangkan dan beberapa fungsi permainan adalah merangsaang perkembangan bahasa, sosial, emosi, kecerdasan, dan kreativitas siswa. Kreatif artinya memiliki kemampuan untuk menghendaki kecerdasan dan imajinasi. Kreativitas adalah kemampuan untuk membuat kombinasi baru berdasarkan data, informasi atau unsur-unsur yang ada untuk membuat pemecahan masalah baru.

Ciri-Ciri Permainan Kreatif

Orang yang kreatif menggunakan pengetahuan yang kita semua memilikinya dan membuat lompatan yang memungkinkan mereka memandang segala sesuatu dengan cara-cara yang baru. Berdasarkan beberapa pengertian tadi  dapat disimpulkan bahwa pengertian permainan kreatif adalah proses kegiatan dengan suasana santai dan menyenangkan yang melibatkan partisipasi siswa secara aktif yang mengandung kreativitas untuk mendapatkan kecerdasan dan imajinasi yang tinggi. Permainan kreatif melibatkan tindakan dan perbuatan yang kreatif sehingga menghasilkan hasil belajar yang kreatif pula Berikut ini beberapa ciri permainan yang sangat kreatif diantaranya adalah;

Dalam belajar anak dapat melakukan bermain,

Permainan melatih kerampilan siswa,

Permainan menumbuhkan kesenangan spontas,

Permainan adanya penghayatan langsung yang dapat dihayati anak,

Permainan dapat meningkatkan keterampilan menyimak, berbicara, membaca, dan menulis.

Permainan yang kreatif yang digunakan dalam penelitian ini ada kelebihan dan kekurangannya. Kelebihan pembelajaran dengan permainan kreatif adalah Suasana belajar yang menyenangkan, Menciptakan kreativitas siswa, Menciptakan sosialisasi siswa dan, Memudahkan siswa belajar. Sedangkan Kekurangan pembelajaran dengan permainan kreatif adalah Membutuhkan waktu yang lama dan, Menimbulkan keramaian apabila penerapan tidak berjalan sesuai rencana.

Berdasarkan ulasan tadi, kelebihan permainan yang menonjol adalah dapat memberikan kesenangan, hiburan pada siswa dalam belajar. Karena permainan kreatif sesuai dengan kondisi dan keinginan siswa yang menyukai sebuah permainan.

Selain itu  bisa  memudahkan siswa dalam melakukan kegiatan belajar termasuk kegiatan bercerita karena permainan kreatif memberikan kebebasan, perasaan santai dalam belajar. Guru hanya sebagai fasilator saja, siswa belajar dengan permainan dengan siswa lainnya, tanpa seperti sedang belajar. Kegiatan ini akan menjadikan siswa lebih percaya diri atas kemampuannya dan dapat meningkatkan daya cipta dan kreativitas siswa.

Kreativitas mempunyai arti daya cipta. Daya cipta adalah kemampuan untuk mencipta atau membuat sesuatu baru. Kreativitas menyangkut proses berpikir rasional, merasakan, menginderai, dan menyadari. Ada beberapa pandangan dalam memahami kreativitas yaitu Kreativitas dipandang sebagai kualitas atau sifat pribadi, Kreativitas dilihat sebagai hasil merupakan suatu hasil yang bersifat baru atau berbeda, Kreativitas sebagai proses merupakan tindakan menghasilkan dalam bentuk gagasan atau benda dalam bentuk suatu rangkaian yang baru dihasilkan.

Imajinasi adalah khayalan dalam bentuk gambar dalam pikiran. Kegiatan bermain anak menunjukkan fantasinya. Khayalan anak akan muncul dalam bentuk gambar yang ada dalam pikiran, namun kadang-kadang sulit mengartikannya. Latihan permainan daya khayal yang diarahkan seringkali anak dapat merasa dan menyadari apa sebenarnya yang menjadi keinginan, ketakutan, maupun kebutuhan anak. Usia tiga dan empat tahun, anak-anak mengembangkan gambar dalam pikiran mereka, dan membuat gambar-gambar itu bergerak seperti dalam film.

Tujuan Adanya Permainan Kreatif Untuk Si Kecil

Permainan yang kreatif dalam pembelajaran mempunyai tujuan-tujuan tertentu sebagai dasar dipilihnya metode ini. Penggunaan permainan bertujuan memberikan kepuasaan pribadi dan dapat membantu anak-anak mengeksplorasi dan memahami berbagai dimensi dan peran-peran interaksi serta membantu siswa menggambar kesadaran diri secara realitas.

Permainan yang sangat  kreatif dalam pembelajaran memberi kesempatan yang menyenangkan untuk belajar yang hampir tidak disadari dan merupakan alat yang efektif untuk merangsang minat warga yang berperan serta. Pengajaran dengan permainan kreatif dapat menciptakan sistem pengajaran yang baik, menarik, dan berkualitas sehingga motivasi belajar siswa meningkat. Permainan merupakan suatu perbuatan yang mengandung keasyikan yang dilakukan atas kehendak diri sendiri, bebas tanpa paksaan dengan bertujuan untuk memperoleh kesenangan pada waktu mengadakan kegiatan tersebut.

Kejenuhan belajar pada umumnya disebabkan suatu proses yang berlangsung secara monoton dan telah berlangsung sejak lama. Faktor-faktor yang dapat membuat kejenuhan adalah  Teknik belajar yang tidak bervariasi, Belajar hanya dilakukan di tempat tertentu saja,  Suasana yang tidak berubah,  Kurangnya aktivitas yang menghibur, dan  Adanya ketegangan mental yang kuat dan berlarut-larut pada saat belajar.

Permainan merupakan solusi untuk mengatasi kejenuhan belajar siswa. Kejenuhan belajar siswa mengakibatkan prestasi belajar siswa rendah dan talenta siswa yang mempunyai kreativitas tinggi akan turun dan bisa terpendam. Siswa merasakan belajar sebagai sesuatu yang tidak menyenangkan. Siswa lebih menyukai bermain daripada belajar. Permainan membuat siswa merasa tidak sadar bahwa mereka sedang belajar. Mereka menganggap ini adalah permainan, bukan belajar. Perasaan tidak sadar siswa mengubah pemikiran siswa bahwa belajar dan bermain adalah kesatuan yang menyenangkan.

Siswa merasa terangsang minatnya untuk belajar dengan permainan ini. Adanya permainan akan menciptakan percaya diri siswa, kepuasaan, dan adanya kerjasama. Berdasarkan beberapa tujuan permainan kreatif dari beberapa ahli dapat diuraikan bahwa tujuan permainan kadalah : Mengatasi kejenuhan siswa dalam belajar,  Meningkatkan minat belajar siswa,  Memberikan hiburan dan kesenangan siswa,  Menciptakan sistem pengajaran yang baik, menarik, dan berkualitas, dan Meningkatkan kreativitas siswa. Suatu metode pembelajaran pasti ada kelebihan dan kekurangannya. Seperti halnya permainan kreatif untuk anak ini.

Author

Related

Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Post Reply