Yoga Sebagai Pilihan Permainan Anak Yang Menarik Untuk Dicoba

Yoga Sebagai Pilihan Permainan Anak Yang Menarik Untuk Dicoba

Aneh tapi memang ada lho permainan anak yang satu ini. Jadi, permainan tidak hanya berupa game di gadget atau permainan tradisional yang sudah ibu ketahui. Yoga pun bisa ibu jadikan alternatif permainan untuk anak. Bukan tidak mungkin anak akan langsung tertarik karena ini permainan yang beda dengan yang lainnya.

Sebenarna Yoga memang kurang tepat jika dikatakan sebagai permainan. Ini lebih cocoknya disebut dengan olahraga. Namun, apapun itu sebutannya, yoga menjadi kegiatan yang sangat baik untuk dilakukan oleh anak balita.

Bolehkah anak balita melakukan yoga? Tentu saja bukan yoga dengan gerakan ekstrim. Ada yoga di mana gerakannya bisa dilakukan oleh anak balita. Gerakan-gerakan tersebut akan merangsang tumbuh kembang anak dengan sangat optimal.

Gerakan Yoga Untuk Balita

Sebenarnya tidak sulit untuk membuat anak ibu suka dengan yoga. Jika ibu suka yoga, ajak saja si kecil ke tempat yoga. Biarkan ia melihat apa yang ibu lakukan. Ia secara otomatis akan suka karena yoga dianggap seperti permainan untuk anak yang menyenangkan.

Akan tetapi, tidak semua gerakan yoga yang dilakukan oleh orang dewasa boleh dipratikkan anak balita ya. Hanya ada beberapa gerakan yoga yang cocok dan baik untuk dipratikkan anak balita. Apa saja gerakan yoga tersebut?

  1. Volcano

Jika ibu pecinta yoga, pasti ibu familiar dengan istilah yang satu ini. Volcano merupakan gerakan yoga di mana balita ibu akan berdiri tegak dengan tangan menangkup ke depan. Posisi tangan seperti ketika sedang berdoa. Kemudian, kedua tangan di angkat sambil melompat. Ini yang disebut dengan gerakan volcano. Tidak sulit, bukan?

  1. Lion

Ini gerakan yang pasti membuat anak-anak suka. Gerakan ini diawali dengan posisi duduk. Balita ibu duduk di atas lutut. Sementara itu, tangan berada di atas paha. Tarik nafas dalam-dalam sambil menarik punggung. Tubuh dan kepala dicondongkan ke depan. Mata dibuka lebar-lebar dan mengaung seperti singa.

  1. Downward Dog

Ini bagus untuk melatih keseimbangan. Caranya mudah. Ibu minta balita ibu untuk berdiri dengan kedua tangan menyentuh lantai. Angkat salah satu kaki lalu goyangkan. Selain melatih keseimbangan, secara tidak langsung ini juga akan melatih otot kaki dan juga tangan.

Permainan untuk balita tidak harus yang mencerdaskan otak. Permainan harus juga mampu memperkuat fisik sang buah hati. Dan gerakan yoga seperti yang dijelaskan di atas akan membuat tumbuh kembang anak secara fisik lebih optimal.

Manfaat Yoga Bagi Balita

Agar ibu semakin yakin bawasannya yoga itu baik untuk balita, berikut beberapa manfaat yang akan dirasakan oleh sang buah hati.

  • Yoga Merangsang Saraf Motorik

Yoga cenderung bersifat gerakan-gerakan yang tidak biasa. Gerakan-gerakan tersebut akan membuat saraf motorik anak balita semakin siap.

  • Yoga Melatih Keseimbangan

Jika ibu memiliki balita usia 3 tahun, sudah saatnya ibu mengajarkan keseimbangan. Ada banyak sekali permainan balita untuk melatih keseimbangan seperti berjalan di atas balok yang sudah disusun sedemikian rupa, membelikan sepeda, dan lain sebagainya. Namun, untuk stimulus awal, ibu bisa ajarkan gerakan-gerakan yoga untuk balita yang bisa melatih kekuatan serta keseimbangan si kecil.

  • Yoga Membuat Otot Lebih Fleksibel

Salah satu penyebab anak sering sakit dan cidera adalah fleksibilitas otot yang kurang baik. Apalagi jika balita ibu sering terjatuh, maka otot bisa saja rusak.

Untuk menjaga fleksiblitas otot, maka tidak salah jika ibu mengajak balita ibu untuk melakukan yoga. Yang pasti, ibu harus tentukan gerakan-gerakan yoga untuk balita yang bisa memperbaiki fleksibilitas otot.

  • Yoga Menghindarkan Balita Stres

Apakah balita bisa stres? Tentu saja bisa. Hanya saja, stres yang dirasakan oleh balita bukan karena kegiatan yang padat layaknya orang dewasa. Stres pada balita sering disebabkan oleh rasa jenuh karena jarang pergi ke luar rumah atau melakukan permainan anak yang biasa-biasa saja.

Kenapa ibu tidak mengajak balita melakukan yoga? Ada banyak sekali gerakan yoga yang unik dan menarik untuk balita. Dengan demikian, si keci tidak akan merasa bosan dengan hanya melakukan kegiatan atau bermain game anak yang biasa-biasa saja.

Terlepas dari hal itu semua, ibu harus hati-hati terhadap resiko cidera yang bisa saja terjadi ketika balita ibu sedang melakukan yoga. Untuk menghindari hal buruk tersebut, ada baiknya ibu melakukan persiapan yang matang. Pastikan ibu siapkan pakaian yang khusus agar si kecil nyaman dan mudah melakukan gerakan-gerakan yoga. Pilih pakaian yang lembut dan lentur.

Selain itu, ada baiknya juga ibu menjelaskan atau mempratikkan terlebih dahulu gerakan yang akan dilakukan sebelum balita mempratikkannya sendiri. Dengan demikian, balita akan dengan mudah meniru apa yang ibu lakukan.

Perhatikan juga alas kaki yang digunakan. Agar balita tidak mudah terjatuh mengingat ada gerakan yang ditujukan untuk melatih keseimbangan, ibu harus pakaikan alas kaki yang tidak licin.

Setidaknya ibu sekarang sudah memiliki alternatif permainan lain yang bisa ibu tunjukkan kepada si kecil. Ibu harus ingat, mengoptimalkan perkembangan anak tidak hanya bisa dilakukan dengan cara memberikan makanan yang bergizi. Selain itu, stimulus juga diperlukan. Itulah mengapa ibu harus memilihkan permainan anak yang tepat.

Author

Related

Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Post Reply