Perkembangan Janin dalam Rahim yang Harus Diperhatikan

Perkembangan Janin dalam Rahim yang Harus Diperhatikan

Perkembangan janin sejak dalam kandungan memang harus Bunda perhatikan. Usia kehamilan sebenarnya mulai dihitung dari hari pertama menstruasi terakhir sebelum kehamilan terjadi sehingga pada minggu pertama dan kedua, kehamilan belum terjadi. Pembuahan mungkin terjadi pada minggu ke-3.  Janin telah memiliki rambut halus di dalam kandungan, memang aneh kedengarannya, namun ternyata setiap janin memiliki rambut atau kumis halus.

Rambut halus atau disebut juga sebagai lanugo, tumbuh ketika janin berusia 5 minggu dan akan hilang saat janin memasuki minggu ke 7 atau 8. Bahkan untuk beberapa kasus, rambut-rambut ini akan terbawa hingga bayi lahir, namun akan hilang dalam beberapa hari atau minggu kemudian. Semasa perkembangan janin di dalam kandungan dan setelah lahir, bayi setidaknya memiliki 300 tulang aktif tumbuh. Sedangkan pada orang dewasa, total tulang yang ada di dalam tubuh hanya sebanyak 206 tulang.

Rata-rata dibutuhkan waktu sekitar satu bulan setelah pembuahan untuk membuat jantung pada janin bekerja. Jantung pada janin yang berumur satu bulan sudah dapat bekerja seperti jantung orang dewasa, yaitu mengatur sirkulasi darah dalam tubuh. Ternyata, bayi sudah bisa menangis sejak dalam kandungan. Hal ini terjadi pada minggu ke-26. Sebuah penelitian dari amerika membuktikan bahwa janin pada usia kehamilan minggu ke-26 terlihat menangis.

Rekaman video ultrasound menunjukkan bahwa janin menolehkan kepalanya, membuka mulutnya, dan berekspresi seperti orang menangis. Kemudian pada minggu ke-35 juga terlihat beberapa gerakan pada muka, menunjukkan seperti orang sedang tertawa. Dari penelitian ini disimpulkan bahwa sejak memasuki usia kehamilan minggu ke-26, bayi sudah mulai belajar untuk menggerakkan otot-otot mukanya dengan cara melakukan ekspresi-ekspresi sederhana, seperti menangis dan tertawa.

Perkembangan janin 5 bulan, apa yang terjadi?

Jika Anda makan malam, maka bayi yang Anda kandung bisa merasakan rasa dari makanan yang Anda makan, seperti rasa bawang putih, jahe, dan rasa manis, yang dirasakan bayi melalui air ketubannya. Peneliti percaya bahwa hal ini baik untuk mempersiapkan dan membangun suatu rasa yang nantinya akan ia rasakan di saat lahir nanti. Sebenarnya bayi Anda tidak selalu tidur pada usia kehamilan minggu ke-28, bayi dalam kandungan membuka matanya sesekali, walaupun ia belum dapat melihat apapun.

Namun, ia akan mulai beraksi dengan cahaya terang dari luar. Peneliti menyatakan bahwa cahaya yang sangat terang dapat terlihat dan masuk melalui abdomen ibu. Perkembangan suatu janin di dalam kandungan juga termasuk apa yang terjadi di alam bawah sadarnya, yaitu mimpi. Bermimpi tidak hanya dapat dilakukan ketika anak sudah lahir, bayi yang masih di dalam kandungan ternyata dapat bermimpi. Ketika kehamilan memasuki usia minggu ke-30 diketahui bahwa janin sudah mengalami tidur REM atau Rapid Eye Movement yang merupakan tahapan tidur terjadinya mimpi.

Untuk mengembangkan dan membangun fungsi ginjal pada janin, sejak minggu ke 16, janin memakan atau menelan air ketuban kemudian membuangnya kembali menjadi air ketuban. Bahkan produksi air ketuban, didominasi dari cairan urin yang dikeluarkan oleh janin. Setidaknya janin mengeluarkan cairan urin sebanyak 300 ml/kg berat badan janin/hari. Penurunan produksi urin dari janin, dapat menyebabkan penurunan jumlah air ketuban. Hal ini dapat mengakibatkan oligohidramnion atau jumlah air ketuban berkurang yang kemudian bisa menyebabkan kematian janin hingga 80%.

Perkembangan janin 6 bulan

Tempurung lutut tidak tumbuh ketika bayi berada di dalam kandungan, namun akan tumbuh dan terbentuk setelah kelahiran, saat bayi berumur enam bulan. Janin sudah dapat merasakan berbagai rasa ketika memasuki minggu ke -15 usia kelahiran. Saat itu, bayi juga sudah menunjukkan bahwa ia suka dengan rasa manis dengan cara menelan lebih banyak air ketuban ketika rasa manisnya tinggi, dan janin tidak menelan banyak air saat rasa air ketuban pahit. Janin yang memasuki usia minggu ke-28, ternyata juga bisa mencium bau yang tidak sedap di sekitarnya.

Proses perkembangan pertumbuhan janin dalam kandungan usia minggu ke-35 yang terjadi adalah pendengaran bayi sudah berfungsi secara sempurna. Lemak dari tubuh bayi sudah mulai memadat pada bagian kaki dan tangannya, lapisan lemak ini berfungsi untuk memberikan kehangatan pada tubuhnya. Bayi sudah semakin membesar dan sudah mulai memenuhi rahim bunda. Apabila bayi bunda laki-laki maka di bulan ini testisnya telah sempurna. Berat badan bayi 2300-2350 gram, dengan tinggi badan sekitar 45-47 cm.

Proses perkembangan pertumbuhan janin dalam kandungan usia minggu ke-36 yang terjadi adalah panjang janin sekitar 32 cm, berat 2500 g . Tubuh kelihatan lebih gemuk karena penumpukan lemak sub kutan, kulit keriput pada wajah telah menghilang. Kulit bayi sudah semakin halus dan sudah menjadi kulit bayi. Lapisan lemak sudah mulai mengisi bagian lengan dan betis dari bayi. Ginjal dari bayi sudah bekerja dengan baik dan livernya pun telah memproduksi kotoran. Saat ini paru-paru bayi sudah bekerja baik bahkan sudah siap bertemu dengan orang tua.

Proses perkembangan janin dalam kandungan usia minggu ke-37 yang terjadi adalah kepala bayi turun ke ruang pelvik. Bentuk bayi semakin membulat dan kulitnya menjadi merah jambu. Rambutnya tumbuh dengan lebat dan bertambah 5cm. Kuku terbentuk dengan sempurna. Bayi sudah bisa melihat adanya cahaya diluar rahim. Bayi pada saat ini sedang belajar untuk mengenal aktifitas harian, selain itu bayi juga sedang belajar untuk melakukan pernafasan walaupun pernafasannya masih dilakukan di dalam air. Berat badan bayi di minggu ini 2700-2800 gram, dengan tinggi 48-49 cm.

Author

Related

Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Post Reply