Perkembangan Bayi 9 Bulan Yang Jarang Disadari Para Orang Tua

Perkembangan Bayi 9 Bulan Yang Jarang Disadari Para Orang Tua

Perkembangan bayi 9 bulan sudah mulai berbeda dari sebelum-sebelumnya. Bayi sudah mulai menampakkan perkembangan yang lebih signifikan jika dibandingkan dengan sebelum-sebelumnya. Dan yang pasti si kecil akan semakin lucu dan menggemaskan.

Orang tua mana yang tidak ingin mengikuti perkembangan bayinya. Setap waktu dengan sabar mereka memeperhatikan hal-hal apa saja yang sudah bisa dilakukan oleh si kecil dari waktu ke waktu.

Namun terkadang ada beberapa perkembangan yang luput dari pengamatan orang tuanya sendiri. Padahal ini sangat penting untuk diketahui oleh para orang tua. Contohnya saja banyak perkembangan bayi usia 9 bulan yang ternyata jarang disadari oleh para orang tuanya. Memangnya apa saja itu?

Di usia 9 bulan ini, Anda nantinya akan melihat banyak perubahan pada si kecil. Umumnya bayi 9 bulan sudah mulai menjadi penjelajah. Si kecil sudah muali dapat merangkak dan ingin menuju ke beberapa titik yang menarik perhatiannya.

Pada usia ini, bayi juga sudah mulai mendekati dan menentukan objek-objek yang diinginkannya dengan menggunakan langkah-langakah kecilnya. Pada usia ini si kecil sudah mulai bisa menguasai beberapa posisi seperti merangkak, duduk, dan bahkan ingin berdiri.

Mengingat perkembangan bayi umur 9 bulan yang seperti itu, sebagai orang tua Anda bertugas untuk selalu mengawasi setiap pergerakan agar supaya si kecil tetap aman dengan semua hal-hal yang dilakukannya.

Selain itu, sebagai orang tua Anda bertugas untuk membantu si kecil menyempurnakan gerakan serta membantunya mencoba gerakan-gerakan lain agar supaya perkembangannya akan menjadi lebih maksimal.

Yang perlu dipahami oleh orang tua terkait dengan perkembangan bayi pada umur 9 bulan adalah saat memasuki usia 9 bulan ini umumnya si kecil sudah semakin pintar dan senang berekplorasi.

Untuk itulah pastikan untuk selalu memberikan stimulus yang tepat untuk si kecil. Terlebih lagi stimulus untuk perkembangan otak dari si kecil dengan tujuan agar supaya perkembangan otaknya juga bisa berjalan dengan maksimal.

Kemampuan Motorik Bayi Usia 9 Bulan

Pada umumnya, bayi usia 9 bulan ini membutuhkan ruangan yang luas serta aman. Hal ini dimaksudkan agar supaya si kecil bisa dengan bebas saat ingin bergerak, merangkak, berdiri, dan menjelajah.

Untuk perkembangan bayi saat 9 bulan dari segi motoriknya sendiri umumnya si kecil sudah bisa melakukan beberapa hal seperti berikut ini:

  1. Si kecil sudah mampu memindahkan benda dari satu tangan ke tangan lainnya dengan luwes.
  2. Si kecil sudah bisa menunjuk benda dengan jari telunjuknya.
  3. Si kecil umumnya akan merangkak dengan sangak aktif.
  4. Si kecil bahkan sudah mampu memegang mainan sambil merangkak.
  5. Sebagian bayi 9 bulan bahkan sudah mampu merangkan naik turun tangga dengan begitu mudahnya.
  6. Perkembangan bayi di umur 9 bulan lainnya adalah kemampuan si kecil untuk beralih posisi dengan cepat. Contohnya dari posisi merangkan ke duduk dan seterusnya.
  7. Si kecil juga sudah mampu menjelajah ruangan dengan berjalan kaki perlahan-lahan sambil berpegangan pada sesuatu yang ada di ruangan tersebut.
  8. Si kecil akan mencoba untuk meraih berbagai macam benda yang dilihatnya. Untuk itu Anda harus tetap mengawasinya.
  9. Si kecil sudah mampu untuk mengangkat sesuatu dengan menggunakan ibu jari tangan dan telunjuknya. Selain itu si kecil sudah muali memasukkan benda ke mulutnya.
  10. Si kecil sudah bisa duduk tanpa harus dibantu.

Dikaranakan perkembangan bayi pada usia 9 bulan ini sudah mampu bergerak ke mana-mana maka sebaiknya jauhkan si kecil dari benda-benda yang beresiko bisa membahayakannya.

Kemampuan Berbicara Bayi Usia 9 Bulan

Bayi usia 9 bulan umumnya sudah mulai mampu untuk memahami kata-kata Anda serta sudah muali berusaha untuk meresponnya juga. Contohnya saja ketika Anda bertanya “Suara apa itu?” si kecil sudah bisa menunjuk pada televisi.

Selain itu, si kecil juga sudah mulai mampu memahami larangan Anda dengan kata ‘Tidak’ atau jenis kata larangan lainnya. Meskipun umumnya si kecil akan tetap melanggarnya. Pada usia 9 bulan ini Anda juga sudah memungkinkan untuk menerapkan peraturan yang sifatnya sederhana. Contohnya saja seperti ‘jangan pergi ke situ’, ‘jangan membanting mainan’, dan lain sebagainya.

Perkembangan bayi diusia 9 bulan lainnya adalah si kecil sudah mampu mengucapkan kata-kata yang sifatnya lebih panjang dari sebelumnya, seperti ‘mama-mama’, ‘papa-papa’, dan sejenisnya. Selain itu di usia 9 bulan ini, bayi juga sudah memiliki kemmapuan untuk menirukan suara dan juga gerakan dari sesuatu ataupun orang-orang yang ada disekitarnya.

Kemampuan Sosial Bayi Usia 9 Bulan

Perlu Anda pahami bahwa pada usia ini, si kecil sedang berada di titik puncak rasa ketidaknyamanan jika tidak berada bersama dengan orang tuanya ataupun orang-orang terdekatnya.

Jadi sangat wajar jika bayi pada usia 9 bulan ini sedikit agak merepotkan dikarenakan si kecil perlu terus menyesuaikan diri bertemu dengan orang-orang dan juga suasanan baru. Untuk mengantisipasinya Anda bisa menyiapan benda-benda yang bisa mengalihkan perhatiannya saat si kecil merasa tidak nyaman.

Namun ada kalanya bayi usia umur 9 bulan yang malah merasa senang jika menjadi pusat perhatian sehingga membuatnya semakin lucu dan menggemaskan dengan polah tingkah lucu yang dilakukannya.

Umumnya nanti si kecil akan mengeluarkan suara ataupun gerakan-gerakan yang bisa menarik perhatian serta mengundang tawa. Pada saat makan, si kecil biasanya akan membagi-bagikan atau memberikan makanannya kepada orang lain. Dengan menerimanya akan membuat si kecil merasa senang.

Sebagai orang tua Anda harus paham dengan perkembangan dari buah hati Anda. Sehingga Anda bisa mengantisipasinya dengan cara yang tepat. Misalnya saja perkembangan bayi 9 bulan yang ternyata sudah mulai membuat repot para orang tuanya.

Author

Related

Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Post Reply