Perkembangan Bayi 10 Bulan Secara Fisik dan Motorik

Perkembangan Bayi 10 Bulan Secara Fisik dan Motorik

Perkembangan bayi 10 bulan, apa yang berubah? Ketika bayi memasuki usia 10 bulan maka biasanya orang tua terutama ibu menjadi lebih cemas dari sebelumnya. Mengapa? karena pada usia ini seharusnya bayi sudah menunjukkan perkembangan yang cukup signifikan yang dilihat dari berbagai gerakan. Jadi, jika bayi terlihat berkembang dari sisi gerakannya maka termasuk perkembangan yang normal.

Pada usia 10 bulan, ada ada berbagai perubahan yang ditunjukkan oleh bayi sebagai tanda tumbuh kembangnya. Karena pada usia inilah bayi sudah mulai belajar untuk melakukan gerakan-gerakan seperti mulai merangkak, bisa mengambil sesuatu atau benda dan perkembangan lainnya. Namun perkembangan ini juga ternyata juga tergantung pada kondisi kesehatan bayi sejak lahir dan setelahnya.

Mengetahui informasi mengenai perkembangan bayi 10 bulan merupakan hal yang penting untuk dilakukan. Mengapa? karena dengan mengetahui informasi perkembangan anak sebagai langkah untuk menilai perkembangan anak secara nyata. Dari situ bunda akan dapat menilai bagaimana perkembangan anak Anda. Berikut adalah beberapa tanda sebagai perkembangan bayi 10 bulan.

Perkembangan Bayi 10 Bulan Secara Fisik

  • Tumpuan Kaki

Pada usia 10, bayi biasanya mengalami pertumbuhan yang cukup terlihat pada bagian kaki karena pada saat ini juga tumpuan kaki bayi sudah mulai menguat. Bayi akan mulai belajar berjalan dan kaki sudah kuat untuk menyangga badannya.

Biasanya pada usia 10 bulan, bayi sudah mulai belajar berjalan dengan dipegangi tangannya. Sebaiknya bunda bisa perhatikan apakah bayi Anda sudah mulai berani berjalan atau belum. Jika belum mungkin saja ada masalah yang terjadi pada kakinya sehingga menyebabkan ia kesulitan berjalan. Segera konsultasikan ke dokter anak.

  • Mulai Berkomunikasi

Pertumbuhan dan perkembangan bayi pada usia 10 bulan ini selain berjalan adalah bayi akan mulai berkomunikasi dengan bayi. Meskipun belum bisa mengucapkan kata dengan sempurna, namun bayi akan sedikit demi sedikit mengucap kata seperti papa, tata, mama dan kata lain yang mudah diucap.

  • Mengerti cara mengeluh.

Perkembangan lain yang bisa dilihat pada bayi usia 10 bulan adalah bayi akan sedikit demi sedikit mengerti bagaimana cara mengeluh. Misalnya saja, bayi akan merasa kesal dan gemas ketika mainannya dipegang oleh bayi lain. atau juga bisa terlihat dari sikap bayi kepada ibunya seperti menangis jika tak segera diberi susu atau mainan dan lain sebagainya.

  • Mengerakkan tangan.

Selain menggerakkan kaki, bayi di usia 10 bulan juga sudah bisa mulai menggerakkan tangan dengan baik. Saat Anda mengajak bayi bersalaman atau bersentuhan tangan maka tangan bayi akan menyambutnya. Sebegai orang tua, Anda bisa melatih pergerakan tangan anak dengan cara mengajari anak melambai ketika hendak pergi.

  • Bisa membungkuk

Perkembangan lain pada bayi adalah bayi sudah bisa membungkuk, yang berarti punggungnya sudah mulai lebih lentur. Namun memang belum sempurna jika harus membungkuk mengambil mainan dan kembali lagi pada posisi berdiri.

Perkembangan Bayi 10 Bulan Secara Motorik

Selain menunjukkan perkembangan secara fisik, pada usia 10 bulan bayi juga akan berkembang secara motoriknya. Perkembangan secara motorik adalah perkembangan yang ditunjukkan dari cara tingkah laku dan kecerdasan berfikirnya. Jadi, jangan dikira pada usia 10 bulan, bayi belum bisa berfikir, karena ada perkembangan motorik dimana bayi belajar untuk memahami dan berfikir.

  1. Bayi Anda sudah mulai bergerak lebih banyak karena itu bayi akan senang untuk berjalan atau merangkak kesana kemari menjelajahi isi rumah atau ruang bermain.
  2. Gerakan ketika akan berdiri, jongkok, menunduk lalu duduk Bayi Anda yang lebih baik (namun masih harus dalam pengawasan)
  3. Mulai belajar menggerakkan kaki untuk berjalan meskipun masih mencari pegangan.
  4. Kemampuan koordinasi syaraf dan otot bayi sudah berkembang dengan baik. Bayi akan mulai mencoba untuk mengambil benda yang kecil seperti remahan makanan. berarti tangannya sudah mulai bisa meraih benda kecil dan matanya pun sudah jeli melihat objek kecil.
  5. Bayi Anda mulai belajar cara untuk menyusun mainan. Anak anda akan lebih senang bermain menyusun benda seperti balok kecil. Jadi, untuk membantu pertumbuhan dan perkembangannya Anda bisa memberikan mainan susunan balok.
  6. Bayi Anda sudah bisa mengoceh lebih banyak. Bayi sudah bisa mengoceh dan menceloteh ketika ia tertarik dengan sesuatu dan berusaha untuk mendapatkannya.
  7. Bayi Anda sudah mulai bergerak dengan baik ketika bertemu dengan orang terdekat dengan emosi bayi. Jadi untuk memancing gerakan ini dengan berdiri dari kejauhan dan memanggil namnya. Bayi Anda bisa belajar bergerak untuk mendapatkan pelukan Anda.
  8. Bayi Anda mulai sering jatuh.

Tak perlu khawatir jika bayi pada usia ini sering terjatuh ketika berdiri. Karena memang tangan dan kakinya berlum terkoordinasi secara sempurna dan belum kuat. Jadi, jika bayi Anda terjatuh, berikan saja perhatian untuk menenangkan bayi dengan pelukan atau kecupan agar bayi tidak menangis terlalu lama.

  1. Bayi Anda sudah bisa mengenali isyarat. Jika Anda berikan isyarat seperti akan pergi atau bermain maka bayi akan mulai memahami.
  2. Bayi Anda mulai mengenal perintah. Bunda akan lebih mudah dalam mengenal perintah orang tua seperti bertepuk tangan, mengambil mainan dan isyarat lain.
  3. Bereaksi pada suara disekitar. Bayi akan bereaksi seperti ekspresi ketika mendengar suara di lingkungan sekitar.

Perkembangan bayi 10 bulan menjadi momen yang menyenangkan untuk orang tua. Ketahui dan kawal perkembangan anak demi tumbuh kembangnya yang sempurna.

Author

Related

Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Post Reply