Pentingnya Menghitung Usia Kehamilan Yang Jarang Disadari Oleh Ibu Hamil

Pentingnya Menghitung Usia Kehamilan Yang Jarang Disadari Oleh Ibu Hamil

Menghitung usia kehamilan merupakan hal yang benar-benar harus dilakukan oleh para ibu hamil. Hal ini dimaksudkan selain untuk mengetahui usia kehamilan, asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil per trimesternya berbeda-beda.

Jadi dengan tahu berapa usia kehamilannya, ibu hamil bisa jadi tahu jenis makanan yang memang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan dirinya serta untuk mendukung tumbuh kembang janin yang berada dalam kandungannya.

Untuk itulah kenapa sangat ditekankan untuk para ibu hamil supaya terus menghitung umur kehamilan. Dengan tahu berapa usia kehamilannya, ibu hamil bisa menyikapinya dengan cara yang tepat dan benar. Tidak lain hal ini dilakukan semata-mata untuk dirinya dan janin yang sedang dikandungnya.

Makanan yang dikonsumsi oleh ibu hamil bisa dikatakan berpengaruh cukup besar terhadap tumbuh kembang bayi yang saat ini sedang dikandungnya. Salah mengkonsumsi makanan bisa berakibat fatal bagi dirinya dan juga janin yang sedang dikandungnya.

Selain itu, asupan nutrisi ibu hamil pada setiap trimesternya berbeda-beda. Maka dari itu Anda tidak bisa memukul rata terkait dengan hal yang satu ini. Tentunya asupan nutrisi untuk ibu hamil di trimester pertama berbeda dengan saat memasuki trimester kedua. Begitupun juga ketika kehamilan sudah memasuki trimester ketiga.

Itulah kenapa menjadi sangat penting untuk setiap ibu hamil supaya selalu mengetahui usia kehamilan. Sebab hal ini bisa memberikan pengaruh besar selama masa kehamilannya berlangsung.

Asupan Nutrisi Untuk Ibu Hamil Trimester 1

Pada saat kehamilan trimester pertama, ibu hamil perlu banyak asupan protein guna menunjang tumbuh kembang janin yang ada di dalam kandungan. Selain itu ibu hamil juga perlu mendapatkan asupan kalsium yang tepat.

Pada masa kehamilan ini, janin sangat tergantung dengan ibunya. Terkait dengan pertumbuhannya, janin  akan menyerap darah dari ibunya. Maka dari itu ibu hamil harus selalu mengkonsumsi kalsium dan protein dengan jumlah yang cukup guna memberikan asupan nutrisi terbaik untuk janin yang sedang dikandungnya.

Asupan Nutrisi Untuk Ibu Hamil Trimester 2

Dengan selalu menghitung usia kandungan, Anda jadi tahu jika saat ini usia kandungan sudah masuk di trimester 2. Jadi untuk asupan nutrisi yang Anda butuhkan juga berbeda dengan pada saat di trimester 1.

Saat usia kehamilan memasuki trimester kedua, ibu dan janin akan mengalami banyak kemajuan dan perkembangan. Untuk itulah kebutuhan gizi secara otomatis juga akan semakin meningkat.

Saat usia kehamilan memasuki minggu ke 13, sebaiknya kurangi atau hindari minum kopi, sebab kafein ini bisa beresiko mengganggu perkembangan dan pertumbuhan sistem saraf pusat janin.

Saat usia kehamilan memasuki minggu ke 14, Anda perlu menambah asupan kalori 300 perharinya guna menambah energi yang dibutuhkan untuk tumbuh kembang janin.

Saat usia kehamilan memasuki minggu ke 17, perbanyak konsumsi sayur dan buah serta cairan guna mencegah sembelit. Selain itu, konsumsi jenis makanan yang kaya akan zat besi dan vitamin C untuk mengoptimalkan pertumbuhan sel darah baru, sebab jantung dan sistem peredaran darah janin sedang mulai berkembang pesat.

Saat usia kehamilan memasuki minggu ke 24 sebaiknya ibu hamil membatasi konsumsi garam. Sebab bisa memicu tekanan darah tinggi dan membuat kaki bengkak akibat menahan cairan tubuh. Sebaiknya pilihlah jenis makanan yang kaya serat.

Saat usia kehamilan memasuki minggu ke 28 sebaiknya perbanyak untuk mengkonsumsi seafood guna memenuhi kebutuhan asam lemak omega 3 untuk mendukung perkembangan dan kecerdasan janin. Selain itu konsumsi juga makanan yang kaya akan vitamin E sebagai antioksidan.

Asupan Nutrisi Untuk Ibu Hamil Trimester 3

Dengan selalu menghitung umur kandungan, Anda jadi tahu jika saat ini kandungan Anda sudah memasuki trimester 3. Saat usia kandungan sudah memasuki trimester ketiga ini, usahakan untuk memilih makanan yang kaya akan omega 3. Omega 3 ini sangat diperlukan guna mendukung perkembangan janin serta mampu menyempurnakan bayi yang ada di dalam kandungan guna mempersiapkan kelahiran.

Selain itu susu juga sangat baik saat usia kehamilan sudah memasuki trimester ketiga ini. Susu ini kaya akan kandungan protein yang dapat membentuk darah, plasenta, dan cairan ketuban.

Selain itu, dengan membiasakan meminum susu ini bisa membantu ibu hamil dalam membentuk anti bodi. Kandungan vitamin yang ada di dalamnya akan membantu ibu hamil untuk menyerap kalsium. Apalagi kalsium ini sangat dibutuhkan saat usia kehamilan sudah memasuki trimester ketiga ini.

Untuk itulah kenapa menghitung usia pada kandungan ini menjadi hal yang sangat penting dan selalu harus dilakukan. Sebab dengan cara inilah Anda bisa tahu usia kehamilan dan kemudian bisa menyikapinya dengan cara yang tepat.

Sayuran juga memiliki manfaat yang besar bagi ibu hamil, terutama untuk ibu hamil di trimester ketigan. Sebab sayuran terutama yang bewarna hijau ini kaya akan kandungan vitamin A, C, dan K, serta kandungan asam folat yang begitu penting untuk menjaga kesehatan mata.

Tidak hanya sayuran hijau saja, ibu hamil pada trimester ketiga ini juga dianjurkan untuk mengkonsumsi buah serta sayuran yang beraneka ragam. Buah dan sayuran dengan warna hijau, kuning, merah, orange, dan putih memiliki kandungan nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil jika Anda mengelolanya dengan cara yang tepat.

Untuk itulah kenapa ibu hamil sangat penting mengetahui usia kehamilannya. Dan ini hanya bisa dilakukan dengan cara menghitung usia kehamilan.

Author

Related

Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Post Reply