Pentingnya Ibu Memenuhi Asupan Gizi Untuk Bayi

Pentingnya Ibu Memenuhi Asupan Gizi Untuk Bayi

Asupan gizi untuk bayi memang tidaklah sebanyak yang didapatkan oleh orang dewasa. Hanya saja, pemenuhannya harus selalu didapatkan di tiap harinya. Karena, bayi masih dalam masa pertumbuhan.

Perkembangan bayi akan terganggu jika asupan yang masuk ke dalam tubuhnya tidak cukup. Misalnya kekurangan protein. Asupan in fungsinya adalah sebagai pembentukan jaringan tubuh.

Bisa dibayangkan jika protein ini tidak didapatkan oleh tubuh bayi. Tubuh akan kesulitan dalam berkembang. Bisa jadi, bayi akan cenderung tidak bisa tumbuh tinggi dan besar.

Nutrisi Penting Untuk Bayi Usia Di Bawah 5 Tahun

Tumbuh kembang bayi ditentukan oleh zat gizi yang dikonsumsinya. Jika nilai gizi mencukupi apa yang dibutuhkan bayi, tentu bayi bsa tumbuh lebih optimal. Sebaliknya jika kekurangan satu gizi, bayi juga akan mengalami masalah pada pertumbuhannya.

Perlu diingat bahwa kunci utama dimana seseorang bisa tumbuh besar terlihat pada saat masih bayi. Pemenuhan nutrisi mendorong sejumlah organ tubuh anak semakin kuat. Hasilnya, fungsi tubuh bayi juga akan semakin baik.

Asupan nutrisi untuk bayi memang harus diperhatikan selalu. Dimulai ketika baru dilahirkan, asi menjadi makanan sekaligus minuman utama dalam mendukung pertumbuhannya. Kemudian ketika sudah usia 6 bulanan, makanan pendamping seperti bubur maupun buah diberikan pada bayi.

Ini terus berlangsung sampai bayi menginjak usia setahun ke atas. Nilai gizi dari makanan memang harus diperhatikan dengan teliti. Tujuannya hanya satu, bayi bisa tumbuh dengan optimal.

Lalu, apa saja nutrisi yang dibutuhkan oleh bayi usia 5 tahun ke bawah? Inilah beberapa nutrisi penting yang wajib untuk diberikan pada bayi.

  • Kalori

Kalori menjadi nutrisi penting untuk bayi di tiap harinya. Kalori didapatkan dari berbagai jenis makanan. Namun harus diingat bahwa kalori ini perlu dibatasi oleh ibu. Kalau tidak, bayi bisa memasukkan kalori jauh lebih banyak dan membuatnya menjadi lebih gemuk.

Kalori dibutuhkan bayi untuk mendukung keaktifannya. Energi lebih banyak akan membuat bayi sangat aktif. Keaktifan bayi menjadi ciri kalau bayi lebih sehat.

  • Protein

Nutrisi sehat yang perlu didapatkan oleh tubuh bayi adalah protein. Protein sendiri wajib diberikan dalam jumlah yang cukup. Nutrisi tersebut akan membantu tubuh bayi dalam berkembang lebih besar.

Protein erat kaitannya dengan pembentukan sel dan jaringan. Sel dalam tubuh bayi terbentuk dengan normal, akhirnya pertumbuhan bayi menjadi lebih besar dan tinggi akan didapatkan.

  • Kalsium

Kalsium diperlukan pula oleh bayi. Kalsium erat kaitannya dengan tulang bayi. Tulang diperkuat dan didorong untuk tumbuh pada masanya. Hasilnya, bayi memiliki bentuk tubuh yang besar dan kuat.

  • Vitamin

Vitamin sendiri punya banyak peranannya. Namun yang paling utama adalah untuk membantu tubuh dalam menjalankan fungsinya secara optimal. Intinya, vitamin dibutuhkan selalu untuk mendapati tubuh yang lebih sehat.

Kemampuan-Kemampuan Bayi Selama Masa Pertumbuhan

Asupan gizi untuk balita memegang peranan besar dalam mendorong kemampuan si kecil. Sejumlah organ tubuh yang terbentuk sempurna, kemudian didukung dengan kekuatannya membuat tubuh bisa berfungsi lebih maksimal.

Bicara mengenai pertumbuhan bayi, ini tidak lepas dari kemampuan dasar yang dimiliki bayi. Kemampuan ini akan muncul berdampingan dengan usia bayi. Dengan catatan kalau bayi memperoleh asupan nutrisi yang lengkap di tiap harinya. Lalu, apa saja kemampuan yang dimiliki oleh bayi?

  • Kemampuan sistem motoriknya

Pergerakan bayi akan semakin aktif ketika mulai usia 6 bulan ke atas. Gerakannya akan semakin lincah. Mulai dari kemampuannya untuk tengkurap, merangkak sampai duduk dan berdiri.

Kemampuan ini tidak akan bisa didapatkan bila tubuh bayi tidak kuat. Dan kekuatan tubuh bayi ini dipengaruhi oleh sejumlah asupan nutrisi untuk balita sendiri. Jadi, pastikan untuk memberikan asupan yang sehat untuk bayi di tiap harinya.

Intinya, kemampuan motorik ini berhubungan dengan kekuatan tubuhnya. Dicontohkan dengan kemampuannya memegang sesuatu dengan kuat, ataupun bergerak aktif di sekitarnya.

  • Kemampuan bahasa

Kecerdasan lain yang akan meningkat seiring dengan usia bayi adalah bahasa. Bahasa menjadi alat untuk komunikasi bayi dengan ibu dan orang lain. Biasanya, kemampuan ini sudah bisa terlihat di usia 6 bulanan.

Cuma usia tersebut, bayi hanya bisa mengatakan sepenggal dari kata. Bahkan ini belum ditujukan untuk Anda. Sementara bila sudah mulai berusia 1 tahun, bayi sudah mulai bisa berbicara dengan fasih. Ini tergantung pada kondisi bayi tersebut.

Ibu yang selalu rajin memberikan asupan gizi untuk si kecil akan mendapati hasil yang bagus. Si kecil makin cerdas dalam berbahasa. Bahkan, berbagai kemampuannya sudah mulai terlihat.

  • Kecerdasan otak

Kemampuan bayi yang sangat diharapkan oleh orang tuanya adaah kemampuan otaknya. Kecerdasan anak biasa akan terlihat sejak kecil. Anak lebih giat, suka sosialisasi dan mudah mengingat sesuatu.

Kecerdasan seperti ini sangat diharapkan oleh orang tuanya. Ini sebenarnya dipengaruhi oleh banyak hal. Selain dipengaruhi oleh asupan makanan untuk bayi, stimulasi tentang mempertajam kemampuan otaknya juga perlu dilakukan.

Untuk makanan yang bisa mendukung perkembangan jaringan otak antara lain ikan salmon, telur, kacang-kacangan dan lain sebagainya. Makanan ini mengandung omega 3 yang besar. Bahkan mengandung sejumlah nutrisi yang sangat penting untuk pertumbuhan bayi.

Kemampuan-kemampuan dasar ini bisa saja terlihat cepat, bisa juga terlambat. Keterlambatan ini bisa diakibatkan oleh kurangnya stimulasi dari orang tuanya. Tentunya tanpa mengesampingkan asupan makanan yang mana punya peran dalam meningkatkan fungsi tubuhnya. Jadi, penting bagi ibu untuk terus memberikan asupan gizi untuk bayi.

Author

Related

Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Post Reply