Pentingkah Permainan Asah Otak Untuk Si Kecil ?

Pentingkah Permainan Asah Otak Untuk Si Kecil ?

Permainan asah otak meskipun sederhana namun permainan satu ini sangat edukatif dan bermanfaat untuk  tumbuh kembang si Kecil. Ibu dapat memanfaatkan waktu berkualitas sembari mengajaknya belajar lewat kepingan puzzle sederhana sesuai usia si Kecil saat itu. Misalnya untuk si Kecil yang berusia batita, Ibu bisa menggunakan puzzle yang terdiri dari empat hingga enam keping puzzle yang membentuk gambar satu benda atau mainan yang dikenali si Kecil.

Melalui kegiatan yang sederhana, Anda tidak hanya melatih kognitif si Kecil,namun  juga fisik dan emosinya. Agar aktivitas bermainnya ini tak terganggu karena masalah kesehatan, asupan nutrisinya juga harus tetap terjaga untuk menunjang daya tahan tubuhnya saat beraktivitas. Lengkapi kebutuhan nutrisi buah hati Anda dalam sehari dengan tambahan tiga gelas susu Friso mulai dari pagi, siang, dan malam hari. Kandungan Protein, Vitamin A, dan Zat Besi di dalamnya, bisa membantu memelihara imun tubuh sehingga si Keci bisa bebas menjelajah dunia sekitarnya.

Manfaat Permainan Asah Otak Bagi Buah Hati Anda

Berikut ini beberapa manfaat permainan untuk mengasah otak si kecil, diantaranya adalah ;

– Mengasah kemampuan motorik Anak

Ketika bermain, si Kecil akan belajar untuk mengambil sendiri bagian dari puzzle yang ia mainkan. Kelihatannya memang sederhana, namun saat ia melakukan hal tersebut maka si Kecil sedang melatih kemampuan motoriknya. Ia belajar menggapai barang, menggenggam, dan meletakkannya di tempat yang tepat.

-Belajar koordinasi lebih baik lagi

Ketika bermain, si Kecil harus mencocokkan berbagai teka-teki agar mendapat satu gambar atau bentuk utuh. Nah, saat melakukan hal tersebut, koordinasi mata dan tangannya pun terlatih. Saat ada bagian teka-teki yang tidak cocok, maka ia akan mencoba berkali-kali hingga menemukan potongan puzzle yang tepat.

-Mengetahui berbagai bentuk dan warna

Permainan teka-teki ataupun asah otak untuk si Kecil biasanya dibuat dengan bentuk dan warna yang menarik, mulai dari huruf, hewan, sayuran, dan masih banyak lagi. Lewat permainan ini, si Kecil dapat belajar tentang berbagai warna sekaligus berbagai jenis kategori lain. Sedikit demi sedikit, ia dapat mulai mengenal bentuk, jenis hewan, maupun warna-warna, seperti merah, kuning, biru, dan lainnya.

-Belajar untuk menyelesaikan masalahnya sendiri

Ketika bermain, si Kecil tentu akan menemukan kesulitan, misalnya warnanya yang tidak cocok, ukurannya yang tidak pas, dan masih banyak lagi. Walau begitu, berbekal rasa penasaran, biasanya ia akan terus mencoba hingga berhasil. Dengan demikian, ia bisa belajar untuk menyelesaikan masalah yang ada di hadapannya. Namun, tak jarang pula anak justru menjadi tantrum ketika usahanya tak berhasil. Bila  si Kecil mengalami hal ini, cobalah untuk membimbing si Kecil secara bertahap hingga ia bisa melakukannya sendiri.

-Melatih konsentrasi dan kesabaran

Ketika permainan tak berjalan seperti keinginannya, si Kecil sudah tentu akan merasakan dua hal, antara kesal maupun penasaran. Jadi saat  ia mempunyai  keinginan kuat untuk menyelesaikan permainan, si Kecil akan termotivasi untuk lebih tekun melakukannya. Itu artinya, kesabarannya sedang dilatih melalui permainan ini.

Beberapa Jenis Permainan Asah Otak Anak

Berikut ini beberapa permainan yang bisa membantu untuk mengasah otak si kecil:

– Catur

Catur adalah sebuah olahraga mengasah otak. Catur dikenal dari berbagai kalangan dan segala jenis umur. Sekarang sudah ada permainan catur di komputer dan di HP, semua orang dapat menikmati permainan ini dimanapun berada tanpa mencari lawan bermain. Catur sangat baik untuk meningkatkan daya ingat seseorang. Dari segi cara memenangkannya pun tidak sembarang, pemain memasang strategi, belajar dari teori yang sangat kompleks.

Dengan beraneka ragam langkah awal, menyusun strategi hingga akhirnya bisa skak mat dan menang. Tanpa disadari, cara itu mengembangkan logika. Dengan melindungi hingga menyerang, pemain mengembangkan daya imajinasi dan kreatifitasnya, banyak kombinasi yang pemain ciptakan untuk menjadi deffence dan attacker. Dengan sudut pandang masing-masing pemain catur dapat memprediksi kemungkinan-kemungkinan yang terjadi di langkah selanjutnya.

– Rubik

Kubus Rubik adalah permainan yang sangat terkenal ditemukan pada tahun 1974 oleh seorang Profesor Arsitektur bernama Ernő Rubik yang berasal dari Hungaria. Permainan ini menggunakan rumus matematika, hingga seseorang yang memainkan permainan ini dapat melatih daya ingat, kecerdasan juga kesabarannya. Semakin seiring zaman bentuk rubikpun berbeda-beda. Dulu yang hanya berukuran 3×3 sekarang tersedia ukuran 6×2.

– Puzzle

Puzzle adalah salah satu permainan yang terkenal di kalangan anak-anak, tapi siapa sangka ternyata orang dewasa juga ada yang masih memainkan permainan ini namun tingkat kesulitannya lebih rumit. Bukan karena masa kecil mereka yang kurang bahagia. Permainan ini melatih daya ingat, intuisi, daya nalar dan melatih kesabaran. Sangat cocok bagi seseorang yang menyukai masalah rumit, bagaimana mereka meresolve problem.

Hal ini terpampang jelas dari kepingan puzzle yang berantakan, di atur satu-satu entah dari tengah atau dari pinggir-pinggir yang penting hasilnya tersusun dengan benar. Permainan ini sangat cocok untuk anak anda, untuk melatih kreatifitas, daya ingat, dan kesabaran anak. Walau tidak terlalu menonjol manfaat permainan anak, namun akan terlihat ketika anak anda sudah besar.

– Lego

Lego adalah permainan asah otak yang berbentuk kotak dengan bulatan-bulatan kecil yang dapat disusun dengan piece yang lain. Permainan ini sangat melatih daya imajinasi anak. Otak anak ibarat perut yang sangat kehausan akan ilmu dan imajinasi. Hal ini terpampang ketika seorang anak selalu bertanya dan menyentuh benda-benda. Orang tua selalu menyalah artikan pertanyaan-pertanyaan anak, dengan lego anak bisa berkreatifitas dengan imajinasinya.

 

Author

Related

Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Post Reply