Panduan Lengkap Makanan Untuk Ibu Hamil Pada Trimester I, II, Dan III

Panduan Lengkap Makanan Untuk Ibu Hamil Pada Trimester I, II, Dan III

Jenis makanan untuk ibu hamil pada trimester pertama, kedua dan ketiga berbeda-beda. Hal ini dikarenakan asupan gizi yang dibutuhkan berbeda-beda. Selain itu agar supaya Anda dan calon bayi yang sedang berada di dalam kandungan tetap dalam keadaan sehat dan berkembang sebagaimana mestinya.

Perlu Bunda pahami bahwa perkembangan serta kesehatan bayi yang sedang Bunda kandung sangat bergantung pada asupan nutrisi yang Bunda konsumsi saat sedang hamil. Untuk itu pilihlah jenis makanan yang tepat untuk ibu hamil.

Perlu Bunda pahami juga bahwa sebenarnya saat Bunda mengandung tidak perlu makan terlalu banyak seolah-olah untuk dua orang. Faktanya, Bunda hanya perlu menambah sekitar 300 kalori.

300 kalori ini kira-kira setara dengan satu buah pisang dan semangkok sereal dengan tambahan susu rendah lemak. Jadi Bunda tidak perlu merasa harus mengkonsumsi makanan untuk dua orang.

Namun yang terpenting sebenarnya adalah Anda harus bisa mencukupi kebutuhan nutrisi untuk Anda dan bayi dari beragam jenis makanan yang berbeda-beda. Contohnya saja asam float untuk menghindari cacat bawaan, zat besi untuk membantu sel darah merah membawa oksigen ke janin, protein dan kalsium untuk membentuk jaringan tubuh serta tulang bayi.

Untuk itulah kenapa sebaiknya makanan bagi ibu hamil haruslah yang mengandung beberapa zat yang sudah disebutkan di atas tadi. Supaya asupan nutrisi untuk Bunda dan si kecil yang masih ada di dalam kandungan bisa tercukupi.

Namun yang perlu Bunda perhatikan sebenarnya adalah pilihan jenis makanan untuk ibu hamil pada trimester pertama, kedua, dan ketiga berbeda-beda. Kondisi ini disebabkan lantaran kebutuhan nutrisi yang diperlukan oleh Anda dan bayi dalam kandungan berbeda.

Untuk itulah kenapa jenis makanan untuk wanita hamil pada trimester pertama, kedua, dan ketiga menjadi berbeda-beda pula. Supaya Anda dan bayi dalam kandungan sehat maka Anda harus memahami ini semua.

Pilihan Makanan Ibu Hamil Pada Trimester Pertama

Pada kehamilan trimester pertama, pilihan makanan sehat untuk ibu hamil yang bisa Bunda pilih adalah sebagai berikut ini:

– Pisang

Alasan kenapa pisang sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil trimester pertama karena pisang ini bisa mengurangi mual yang umumnya sering dialami oleh ibu hamil pada tiga bulan pertama.

Pisang ini merupakan sumber vitamin B6 yang sangat tinggi sehingga bisa membantu Bunda dalam mengatasi morning sickness. Selain itu pisang ini juga sangat kaya akan serat, asam folat, vitamin C, dan potasium yang sangat baik untuk ibu hamil pada trimester pertama.

– Bayam

Selain pisang, makanan bagi wanita hamil trimester pertama yang bisa Bunda pilih adalah bayam. Alasannya karena bayam ini memiliki kandungan asam folat yang sangat tinggi.

Asam folat ini sangat dibutuhkan pada saat awal kehamilan karena bisa mencegah adanya cacat tabung saraf atau cacat lahir pada otak dan sumsum dari tulang belakang. Apalagi bayam ini juga sangat kaya akan serat, besi, mangan, Vitamin A, C, dan K.

– Kacang-kacangan

Kacang-kacangan merupakan sumber serat dan juga protein, oleh sebab itu kacang selama masa kehamilan akan membantu untuk mengatasi sembelit. Kenapa demikian, sebab hampir 40% wanita yang sedang hamil sering mengalami sembelit.

Kondisi ini tidak lain disebabkan oleh adanya tekanan pada rahim yang semakin besar, suplemen zat besi, dan bertambahnya hormon progesteron yang mampu memperlambat gerak pencernaan.

Pilihan Makanan Bergizi Untuk Ibu Hamil Trimester Kedua

Untuk ibu hamil pada trimester kedua tentunya jenis makanan yang dibutuhkannya juga berbeda. Beberapa pilihan makanan gizi tinggi untuk ibu hamil pada trimester kedua adalah sebagai berikut ini:

– Telur

Telur merupakan pilihan pertama makanan bergizi untuk ibu hamil pada trimester kedua. Alasannya pada kuning telur mengandung kolin, yaitu nutrisi yang sangat penting yang bisa berpengaruh besar terhadap otak bayi.

Perlu Bunda ketahui bahwa ibu yang sedang hamil harus mendapatkan sekitar 450 mg choline perharinya. Namun jika Bunda tidak suka terlur, sumber makanan lain yang kaya akan choline ini adalah daging sapi, kacang kedelai, dan susu.

– Alpukat

Pilihan makanan untuk ibu yang sedang hamil pada trimester kedua lainnya bernama alpukat. Alasannya adalah alpukat ini merupakan sumber dari serat, asam folat, kalsium, vitamin C, K, dan B6.

Selain itu alpukat ini merupakan salah satu makanan yang mengandung lemak tak jenuh yang sehat. Lemak tak jenuh ini merupakan sejenis lemak baik yang dapat melindungi terhadap penyakit jantung.

Apalagi alpukat ini juga bisa membantu untuk mengurangi morning sickness serta dapat membantu pertumbuhan otak bayi serta pertumbuhan jaringan.

Makanan Ibu Hamil Pada Trimester Ketiga

Pada kehamilan trimester ketiga, Pilihan makanan bagi ibu yang sedang hamil yang bisa Bunda pilih diantaranya adalah:

– Pepaya

Pepaya terkenal kaya akan kandungan asam folat, serat, vitamin C, dan potasium. Pepaya juga dikenal sebagai cara alami untuk mengatasi sembelit. Sedangkan selama masa kehamilan sembelit ini merupakan salah satu permasalahan yang kerap dihadapi. Terlebih lagi saat kehamilan trimester ketiga.

Namun yang perlu Bunda perhatikan adalah wanita yang sedang hamil hanya dibolehkan makan pepaya yang sudah matang saja. Hal ini disebabkan pada pepaya yang masih mentah umumnya mengandung pepsin di dalam getahnya yang bisa menyebabkan kontraksi kacang pada ibu hamil.

– Lemak Ikan

Alasannya adalah lemak ikan ini sangat kaya akan lemak omega 3 yang bisa membantu jentung serta menguatkan kesehatan otak. Mengkonsumsi ikan hingga 12 ons per minggu masih dianggap aman untuk ibu yang sedang hamil.

Selama hamil jagalah selalu kesehatan Anda dan bayi yang sedang Anda kandung. Salah satunya adalah dengan memilih makanan untuk ibu hamil yang sehat dan bergizi tinggi tentunya.

Author

Related

Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Post Reply