Nutrisi Penting Yang Wajib Terkandung Pada Makanan Bayi 1 Tahun

Nutrisi Penting Yang Wajib Terkandung Pada Makanan Bayi 1 Tahun

Tentu banyak sekali nutrisi yang harus ada pada makanan bayi 1 tahun. Namun, jika yang ditanyakan adalah nutrisi yang paling penting, maka ini berhubungan dengan skala prioritas. Dengan mengetahui nutrisi terpenting apa untuk balita 1 tahun, ibu tahu menu makanan apa yang baik untuk sang buah hati.

Nutrisi Penting Untuk Perkembangan Bayi 1 Tahun

Jika berbicara tentang perkembangan balita, maka ini berhubungan dua hal. Yang pertama perkembangan fisik dan yang kedua adalah perkembangan psikis. Meskipun tidak bisa dipungkiri perkembangan sosial juga tak kalah penting. Namun, jika berhubungan dengan nutrisi, maka perkembangan fisik dan psikis yang sangat berhubungan.

Setidaknya ada 3 nutrisi yang wajib ada pada makanan balita 1 tahun. Apa saja itu?

  1. Protein

Ada satu catatan yang harus ibu ketahui. Catatan ini diberikan oleh pakar perkembangan anak. Ternyata, anak balita membutuhkan lebih banyak protein daripada oran dewasa. Hal ini disebabkan anak usia balita memiliki perkembangan fisik dan psikis yang pesat sehingga membutuhkan protein dalam jumlah yang tidak sedikit.

Protein sering dikaitkan dengan berat badan anak. Memang itu benar sekali. Anak yang sehat adalah anak yang memiliki berat badan normal. Dan berat badan tersebut bukan disebabkan menumpuknya lemak melaikan protein.

Selain untuk memastikan anak memiliki berat badan ideal, protein juga dibutuhkan untuk memaksimalkan perkembagan saraf. Itulah mengapa sangat disarakan di setiap makanan untuk bayi 1 tahun ada kandungan protein yang tinggi.

Tidak banyak yang tahu jika protein juga berperan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Inilah yang akan membuat anak ibu tidak mudah sakit.

  1. Kalori

Ketika usia si kecil menginjak 1 tahun, ibu harus siap-siap untuk lelah. Pasalnya, anak ibu baru mulai suka bergerak. Apalagi jika balita ibu sudah mulai bisa jalan. Maka ibu harus terus membuntuti sang buah hati kemanapun ia berjalanan.

Aktivitas gerak yang cukup banyak inilah yang membuat kebutuhan kalori harus tercukupi. Tentu saja ibu tidak bisa hanya menyediakan makanan bayi usia 1 tahun yang utama saja, yaitu sarapan, makan siang, dan makan malam. Ibu juga perlu memikirkan menu cemilan yang kalau bisa mengandung kalori. Cemilan ini bisa ibu berikan di siang hari, di sela antara sarapan dan makan siang mengingat di siang hari anak ibu pasti sangat aktif.

Jika membahas tentang kalori, maka bukan makanan yang mengandung karbohidrat saja yang ibu perlukan. Ibu juga perlu menyiapkan menu makanan yang mengandung lemak yang baik. Lemak inilah yang dijadikan cadangan di dalam tubuh. Jika dibutuhkan, lemak akan dikonversi menjadi energi sehingga anak ibu bisa terus bergerak dan beraktivitas.

  1. Serat

Nutrisi yang paling penting selanjutnya adalah serat. Ibu pasti sudah tahu apa fungsi serat. Betul sekali. Serat ini dibutuhkan untuk memastikan sistem pencernaan baik. Percuma saja jika ibu sudah membuatkan menu makanan balita usia 1 tahun namun nutrisi tidak bisa dicerna dengan baik lantaran kondisi sistem pencernaan yang kurang baik. Untuk itu, perlu sekali serat.

Serat ini bisa ibu dapatkan dari berbagai jenis sayuran hijau. Usahakan setiap hari si kecil mengkonsumsi makanan plus sayur. Hal ini diperlukan untuk memastikan anak ibu terhindar dari berbagai masalah pencernaan seperti diare dan konstipasi.

Tentu saja nutrisi lainnya seperti vitamin dan kalsium juga diperlukan. Namun, sepertinya tidak salah jika 3 nutrisi tersebut lebih diprioritaskan karena begitu pentingnya ketiga nutrisi tersebut untuk kesehatan dan perkembangan balita 1 tahun.

Kadar Nutrisi Harus Seimbang

Pernah dengar ada balita yang mengalami obesitas karena terlalu banyak mengkonsumsi susu balita? Hal ini bisa saja terjadi. Namun, bukan susu yang harus disalahkan tapi karena terlalu banyak memberikan susu. Jadi, nutrisi yang didapatkan oleh si kecil terlalu banyak, terutama protein. Hal inilah yang menjadi salah satu faktor penyebab obesitas.

Sebenarnya, tidak hanya susu saja. Terlalu banyak memberikan menu makanan juga bisa menyebabkan obesitas. Apalagi jika ibu memberikan menu makanan yang itu itu saja. Jadi, hanya nutrisi tertentu saja yang didapatkan oleh sang buah hati.

Sangat disarankan agar ibu memberikan makanan bayi 1 tahun yang variatif. Dengan demikian, si kecil mendapatkan semua nutrisi yang dibutuhkan untuk tumbuh kembangnya. Dengan memberikan menu makanan yang bervariasi, ibu sudah memastikan kadar nutrisi seimbang. Lain hal jika misalnya ibu hanya memberikan menu makanan berupa kacang-kacangan dan nasi putih saja. Anak ibu bisa mengalami masalah kesehatan karena ia hanya mendapatkan nutrisi berupa protein dan karbohidrat saja.

Untuk memastikan balita ibu mendapatkan nutrisi dengan jumlah yang seimbang, berikan susu balita terbaik. Ibu bisa coba berikan Friso Gold 3 yang merupakan susu terbaik untuk balita usia 1-3 tahun. Dengan memberikan susu ini, anak ibu bisa berkembang lebih optimal. Dan yang pasti, kesehatan si kecil terjaga lantaran nutrisi seimbang sudah didapatkan setiap hari.

Tidak hanya orang tua yang sadar pentingnya memastikan nutrisi dalam tubuh seimbang. Umumnya, mereka hanya fokus memberikan makanan yang bergizi saja, tanpa memperdulikan nutrisi apa yang terkandung di dalam makanan tersebut. Berikan susu balita yang terbaik dan siapkan menu makanan bayi 1 tahun yang bervariasi agar semua nutrisi yang dibutuhkan terpenuhi dan dalam kadar yang sesuai dengan yang disarankan oleh pakar perkembangan anak.

Author

Related

Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Post Reply