Nutrisi Otak Agar Anak Cerdas Yang Berpengaruh Paling Besar

Nutrisi Otak Agar Anak Cerdas Yang Berpengaruh Paling Besar

Terlalu banyak jenis nutrisi otak agar anak cerdas. Coba ibu bisa tuliskan semua nutrisi di dalam sebuah produk, entah itu sirup atau susu yang katanya bisa mencerdaskan otak anak. Jenisnya berbeda-beda. Lalu, mana yang paling besar pengaruhnya terhadap perkembangan kecerdasan otak?

Tentu semua nutrisi bekerjasama sehingga perkembangan otak anak semakin optimal. Tapi, omega 3 memegang peranan yang paling signifikan dalam hal ini.

Mengapa Omega 3?

Tidak hanya yang membahas tentang peran omega 3 untuk mencerdaskan otak anak. Yang ada hanya omega 3 itu dibutuhkan. Namun, tidak banyak penjelasan secara rincinya.

Untuk memperjelas mengapa omega 3 penting sekali untuk otak anak, ada satu pertanyaan yang harus ibu jawab. Apakah ibu tahu struktur otak itu terbuat dari apa? Ternyata, sekitar 60% otak itu terdiri dari lemak. Maka dari itu, otak itu sebenarnya lunak sehingga dibutuhkan tempurung otak yang berguna untuk melindungi otak.

Maka dari itu, ibu harus hati-hati. Jangan sampai anak jatuh dengan posisi kepala lebih dulu jatuh ke tanah. Hal tersebut bisa sangat berbahaya. Apalagi jika bayi yang jatuh. Tempurung masih sangat lentur sehingga kemungkinan besar jatuh dengan posisi kepala lebih awal bisa mengganggu perkembangan otak.

Kembali pada struktur otak. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, otak terbuat dari kurang lebih 60% lemak. Oleh sebab itu, omega 3 yang merupakan lemak juga dibutuhkan untuk membuat otak terus dalam keadaan sehat.

Jadi, sudah jelas kan mengapa omega 3 itu dibutuhkan sebagai nutrisi untuk mencerdaskan otak anak? Sayangnya, tubuh tidak bisa memproduksi omega 3 sendiri. Olek karena itu, dibutuhkan omega 3 dari luar.

Sumber Omega 3 Terbaik

Tidak sulit bagi ibu untuk mendapatkan makanan yang merupakan sumber terbaik omega 3. Bersyukur karena Indonesia memiliki lautan yang sangat luas. Itu artinya banyak sekali jenis ikan laut yang bisa ibu berikan sebagai menu makanan sang buah hati. Seperti yang sudah banyak dijelaskan oleh para ahli kesehatan, ikan laut merupakan sumber omega 3 yang sangat tepat, terutama ikan salmon, ikan tuna, serta ikan marcekol.

Akan tetapi, bukan hanya dari ikan saja sumber omega yang terbaik. Omega 3 juga bisa didapatkan dari telur ayam atau telur bebek. Makanya, ibu perlu membuatkan menu makanan yang terbuat dari telur. Buatlah variasi makanan dengan telur agar anak tidak bosan.

Ada juga sayuran yang mengandung omega 3. Contohnya saja bayam. Sayuran yang paling mudah didapatkan di Indonesia ini ternyata tidak hanya kaya akan vitamin tapi juga omega 3. Kangkung juga sayuran hijau lainnya yang mengandung omega 3. Yang pasti, banyak sekali pilihan makanan sehat yang mengandung nutrisi mencerdaskan otak anak.

Yang menjadi masalah adalah perilaku orang tua sekarang ini. Banyak orang tua yang tanpa sadar telah mencontohkan hal yang kurang baik. Misalkan saja membawa si kecil ke restoran fast food. Pasti anak juga ikut makan makanan yang sebenarnya rendah kandungan nutrisi. Belum lagi dengan cemilan yang tidak sehat, minuman bersoda.

Yang diperlukan sekarang ini adalah contoh. Pastikan ibu memasak makanan sehat setiap hari. Masaklah makanan sederhana namun terbuat dari bahan alami yang tinggi kandungan nutrisinya. Ibu bisa buat sayur bayam dan goreng ikan. Atau ibu bisa buatkan omelet sebagai menu sarapan di pagi hari. Itu jauh lebih bagus dan juga lebih hemat, bukan?

Kecerdasan Tidak Hanya Dipengaruhi Nutrisi

Yang cukup disayangkan adalah masih banyaknya orang tua yang menganggap anak yang cerdas itu harus mengkonsumsi makanan dan minuman yang bergizi. Dengan anggapan tersebut, mereka seolah merasa sudah cukup ketika sang buah hati mereka sudah mengkonsumsi makanan dan minuman tersebut.

Padahal, banyak sekali faktor pendukung lainnya. Contohnya saja faktor lingkungan. Memang ada beberapa anak hebat yang hanya bersekolah di perkampunag yang bisa dikatakan sekolah tersebut tidak memiliki fasilitas lengkap layaknya sekolah taraf internasional. Akan tetapi, kebanyakan anak cerdas itu karena fasilitas yang memadai. Kalaupun ada anak dari kampung yang hebat, pastinya ada keluarga yang sangat mendukungnya dan menganggap pendidikan itu sangat penting. Jadi, pada intinya, faktor lingkungan itu sangat berpengaruh terhadap kecerdasan anak, entah itu lingkungan sekolah, lingkungan keluarga, atau lingkungan yang lainnya.

Selain itu, faktor yang lainnya seperti juga tak kalah penting seperti bakat. Anak yang cerdas itu bisa dikatakan anak yang berbakat. Sementara itu, bakat itu pemberian dari Tuhan. Maka dari itu, alurnya harus diganti. Jika selama ini orang tua meminta anak untuk belajar dan belajar agar cerdas, alurnya harus dibalik. Cari di mana bakat dan kecerdasannya. Baru kemudian ibu arahkan si kecil untuk belajar dan mengembangkan bakatnya tersebut.

Maka dari itu, penting sekali bagi ibu untuk memetakan potensi atau bakat alami anak. Ini seharusnya dilakukan ketika anak masih kecil. Semakin dini pemetaan bakat dilakukan, hal tersebut semakin baik.

Jadi, apakah ibu hanya fokus pada pemenuhan nutrisi otak agar anak cerdas? Tentu saja tidak. Pemenuhan nutrisi otak bisa ibu lakukan dengan sangat mudah. Berikan saja makanan bernutrisi yang variatif setiap hari. Pastikan si kecil minum susu Friso Gold 3. Kebutuhan nutrisi untuk kecerdasan sudah terpenuhi. Yang ibu pikirkan adalah bagaimana ibu menciptakan lingkungan yang bagus untuk tumbuh kembangnya.

 

 

Author

Related

Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Post Reply