Menu Makanan Bayi 1 Tahun Untuk Masa Pertumbuhannya

Menu Makanan Bayi 1 Tahun Untuk Masa Pertumbuhannya

Menu makanan bayi 1 tahun baik dikonsumi ketika bayi memasuki usia  1 tahun. Anak harus mengonsumsi makanan yang mengandung banyak gizi, karena pada usia ini anak sedang mengalami fase produktif untuk kecerdasan otaknya. Selain itu perkembangan karakter dan kesehatan anak juga sangat baik pada usia 1 tahun.

Sebagai seorang ibu sudah layaknya menyediakan makanan yang dapat mencukupi asupan nutrisi sang anak.  Namun banyak ibu yang merasa kebingungan menetapkan menu makanan apa untuk anaknya yang sudah berusia 1 tahun atau lebih. Karena biasanya anak pada umur tersebut akan mengalami kesulitan saat makan atau tidak berselera makan.

Menu Makanan Bayi 1 Tahun Keatas Yang Lezat

Untuk menu pagi anda dapat memberinya tim tahu cincang. Cara membuat tim ini tidaklah rumit sehingga ibu juga akan merasa nyaman saat memasaknya. Bahan-bahannya adalah tahu cincang (50 gr), tepung beras (50 gr), wortel yang telah diparut (50 gr), garam secukupnya, air (500 cc), daun bayam (20 gr), tomat yang telah diiris tipis (50 gr). Untuk cara membuatnya adalah masukkan tahu, wortel dan tepung beras ke dalam mangkuk yang tahan terhadap panas. Aduk-aduk adonan tersebut hingga merata lalu tim lah hingga matang.

Setelah matang masukkan sisa bahan yang telah dipersiapkan. Untuk tomatnya sendiri digunakan untuk membuat air tomat. Yaitu rendam tomat ke dalam air mendidih dan hancurkan, ambil airnya. Campurkan sedikit gula pada air tomat lalu siramkan ke dalam tim yang telah anda saring terlebih dahulu.

Untuk menu makan siang adalah memberikan makanan yang mengandung omega 3 dan protein. Seperti ikan laut. Bahan-bahannya adalah tahu sutera sebanyak 2 potong, bawang putih satu suing dan sudah di cincang halus, daun salam, air perasan jeruk, secangkir air, setengah lembar fillet ikan.

Cara membuatnya adalah lumuri fillet ikan yang telah and siapkan dengan air jeruk nipis dan jahe cincang kemudian sisihkan. Rebuslah air yang telah disiapkan, setelah mendidih masukkan cincangan bawang dan daun salam. Setelah itu masukkan fillet ikan ke dalam air rebusan tunggu hingga setengah matang lalu masukkan tahu sutera, tunggu hingga masak. Makan siang anak sudah siap.

Menu makanan anak pada malam hari, anda dapat membuat makanan seperti ini, Bahannya adalah udang yang telah dicincang halus, lada, bawang putih halus, dan garam secukupnya saja, dan sayuran anda dapat mengambil brokoli atau wortel yang dipotong memanjang seperti korek api. Untuk sumber karbohidratnya nada dapat menyiapkan nasi lembek dan di tim.

Untuk lauknya cara membuatnya adalah lumuri udang yang telah anda siapkan dengan lada, garam dan bawang halus. Siapkan kocokan telur, lalu goring dengan bentuk seperti pancake dan tipis. Letakkan adonan udang ke atas telur yang telah digoreng kemudian di gulung dan di ikat. Setelah itu kukuslah hingga matang. Potonglah menjadi beberapa bagian lalu sediakan bersama nasi tim tersebut.

Menu Makanan Bayi 1 Tahun Sudahkah Bunda Perhatikan ?

Dalam tahun pertama mereka, bayi memiliki kecepatan pertumbuhan yang mengagumkan. Untuk mengimbanginya, pastikan Anda memberi makanan anak 1 tahun dengan tepat. Menginjak usia satu tahun, sudah waktunya anak diberi makan tiga kali sehari dan dapat diselingi dengan memberikan camilan di antara waktu-waktu makan tersebut. Anda bisa mulai mencoba memperkenalkan makanan padat sebagaimana yang dikonsumsi orang dewasa.

Akan tetapi, makanan-makanan padat tersebut harus diberikan dalam bentuk yang mudah dikunyah, ditelan, dan dicerna oleh sistem pencernaan anak Anda. Untuk itu, potonglah makanan dalam ukuran kecil atau jika perlu dicincang. Berilah makanan yang bervariasi kepada anak Anda. Makin banyak variasinya, maka makin bagus untuk memenuhi kebutuhan nutrisi anak. Susu sapi dan madu boleh diberikan jika anak sudah berumur satu tahun ke atas.

Selain itu, jenis makanan lain dapat mulai diperkenalkan, seperti olahan kacang, telur, biji-bijian, dan ikan. Jika keluarga memiliki riwayat alergi, Anda perlu memilah-milah makanan yang tepat untuk anak Anda. Meski tidak ada ketentuan tentang makanan anak 1 tahun, Anda tetap harus memerhatikan kandungan nutrisinya.

Nasi merah mengandung lebih banyak energi, vitamin B, protein, dan mineral dibandingkan nasi putih. Nasi jenis ini juga memiliki kandungan karbohidrat kompleks yang lebih lama diserap tubuh sehingga kadar glukosa darah sebagai sumber energi siap pakai lebih stabil. Makanan ini mengandung banyak kandungan vitamin A dan C serta kaya akan fitokimia. Salah satu fungsi senyawa fitokimia adalah sebagai benteng bagi tubuh terhadap serangan berbagai penyakit.

Kebaikan daging ayam terletak pada jumlah lemaknya yang lebih sedikit dibandingkan daging merah. Tapi sebaliknya dengan kulit ayam karena bagian ini justru mengandung lebih banyak lemak jika dibandingkan dengan jenis daging lainnya. Makanan yang menyediakan zat besi ini sangat penting untuk pertumbuhan anak satu tahun. Apalagi zat besi dalam daging merah tersedia dalam keadaan siap diserap oleh tubuh. Berikan daging merah pada anak satu tahun cukup sebanyak dua atau tiga kali saja dalam seminggu.

Nutrisi dari ikan antara lain berupa protein rendah lemak dan mengandung selenium, kalsium, dan magnesium. Ikan sangat baik dalam memerangi radikal bebas sekaligus mendongkrak sistem kekebalan tubuh. Contohnya adalah salmon yang mengandung lemak esensial yang sangat baik dalam menunjang perkembangan otak. Wortel kaya akan betakaroten yang akan dikonversi oleh tubuh menjadi vitamin A. Vitamin inilah yang bertanggung jawab terhadap kesehatan mata dan baik untuk bahan menu makanan bayi 1 tahun.

 

 

Author

Related

Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Post Reply