Menu Makanan Bayi 1 Tahun Tidak Biasa Tapi Kandungannya Luar Biasa

Menu Makanan Bayi 1 Tahun Tidak Biasa Tapi Kandungannya Luar Biasa

Ibu sudah tidak kerepotan lagi ketika anak sudah menginjak balita. Pasalnya, makanan bayi 1 tahun hampir sama dengan makanan yang dikonsumsi orang dewasa. Artinya, ibu sudah bisa berikan makanan seperti yang ibu konsumsi. Jadi, ibu tidak perlu lagi membuat bubur yang biasanya membutuhkan waktu yang cukup lama.

Akan tetapi, tidak salah jika ibu membuatkan makanan yang spesial untuk sang buah hati. Makanan yang beda di mana kandungan gizinya sangat dibutuhkan untuk tumbuh kembang balita. Makanan seperti apa yang dimaksud itu?

Resep Makanan Balita Yang Beda

  • Ubi

Ibu tahu kan ubi. Di daerah pedesaan, ini biasanya dijadikan sebagai menu sarapan ditemani dengan teh hangat. Namun, ini tidak hanya bagus untuk dikonsumsi orang dewasa lho bu. Balita juga diperbolehkan bahkan dianjurkan mengkonsumsi ubi ini.

Ubi ini mengandung vitamin A dan C yang sangat tinggi. Vitamin A ini dibutuhkan untuk menjaga kesehatan mata. Sementara itu, vitamin C diperlukan untuk menjaga kesehatan kulit serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh balita.

Tidak banyak orang ketahui jika ubi juga mengandung fitokimia. Fitokimia inilah yang menjadikan kekebalan tubuh yang merupakan benteng serangan penyakit semakin kuat.

Ibu pernah lihat ubi ungu? Ini ubi yang tidak hanya warna kulitnya saja yang ungu. Semuanya berwarna ungu. Ini lebih disarankan untuk dijadikan bahan makanan balita 1 tahun. Ubi ungu ini mengandung karbohidrat kompleks yang bisa membuat anak kenyang dalam kurun waktu yang lama sehingga ia bisa lebih aktif setiap harinya.

Yang tak kalah penting lagi adalah kandungan pada ubi ungu berupa anti kanker. Dengan memberikan ubi ungu ini, ibu bisa memastikan tubuh si kecil memiliki anti kanker sehingga anak tidak mudah terserang virus atau apapun yang menyebabkan kanker.

 

  • Nasi Merah

Di Indonesia, kebanyakan orang mengkonsumsi nasi putih. Padalah, rasanya lebih enak nasi merah lho. Lebih dari itu, ada beberapa kelebihan nasi merah dibandingkan dengan nasi putih. Menurut penelitian, nasi merah mengandung lebih banyak energi serta protein daripada nasi putih.

Sama seperti halnya ubi, nasi merah juga mengandung karbohidrat kompleks. Karbohidrat jenis ini sulit diserap oleh tubuh sehingga anak memiliki energi yang lebih lama di dalam tubuh. Hal inilah yang membuat nasi merah cocok untuk dijadikan menu sarapan. Dengan memberikan sarapan berupa nasi merah, anak tidak mudah lapar dan lemas hingga siang hari. Dan ini bagus untuk tumbuh kembangnya karena ia bisa terus aktif mulai dari pagi hingga siang hari.

 

  • Daging Merah

Banyak balita 1 tahun yang tidak suka dengan daging. Kebanyakan karena bau amis yang ditimbulkan oleh daging tersebut. Coba ibu berikan menu makanan bayi usia 1 tahun yang terbuat dari daging merah. Ini cenderung tidak terlalu amis. Kemungkinan besar anak mau mengkonsumsi daging ini.

Dan yang lebih penting lagi, daging merah ini mengandung banyak sekali nutrisi. Banyak sekali referensi yang menjelaskan di dalam daging merah terdapat kandungan protein yang sangat tinggi. Protein ini diperlukan untuk memastikan balita memiliki berat badan ideal. Selain itu, protein juga dibutuhkan untuk pertumbuhan otak.

Akan tetapi, apakah ibu tahu daging merah juga mengandung zat besi? Kandungan yang satu ini sebenarnya mencegah anak terlihat lemes. Zat besi memungkinkan anak tidak terkurangan daerah atau anemia. Inilah penyakit yang menyebabkan anak lemas dan tidak bertenaga. Jadi, ketika anak terlihat lemas, mungkin ia mengalami anemia. Buatkan saja makanan yang terbuat dari daging merah.

 

Nafsu Makan Balita Menurun

Wajar ya bu ketika nafsu makan balita menurun. Namun, bukan berarti ibu bisa anggap hal tersebut sebagai sesuatu yang sepele. Ini bisa menjadi permasalahan yang serius ketika turunnya nafsu makan menyebabkan berat badan turun drastis.

Lalu, apa yang menyebabkan turunnya nafsu makan?

Salah satu faktornya adalah bosan. Anak bosan dengan menu makanan balita 1 tahun yang itu itu saja. Seperti halnya orang dewasa. Ibu sendiri pasti bosan jika setiap hari makan makanan yang sama, bukan?

Sayangnya, banyak balita yang memang hanya suka dengan makanan yang sama. Dan ketika anak mogok makan, praktis ibu tidak bisa memberikan alternatif makanan yang lainnya.

Solusi jangka pendeknya adalah memberikan susu balita terbaik Frisian Flag Jejalah. Susu ini setidaknya memastikan bahwasannya kebutuhan nutrisi harian si kecil terpenuhi ketika ia tidak doyan makan.

Namun, ini hanya solusi jangka pendek. Tetap saja ibu harus cari cari bagaimana agar anak doyan makan lagi. Ibu bisa coba konsultasi dengan dokter anak. Dokter akan melakukan pemeriksaan untuk mengetahui apa yang menjadi faktor penyebab anak mogok makan. Bisa saja ada masalah di mulut atau perutnya yang membuat anak merasa perih dan tidak nyaman ketika makan. Akibatnya, anak tidak mau makan.

Ada baiknya juga ibu memberikan multivitamin yang berfungsi juga untuk menambah nafsu makan. Ini cara yang paling sering dilakukan oleh para ibu untuk mengatasi turunnya nafsu makan anak.

Akan tetapi, yang tak kalah penting lagi adalah bagaimana ibu menyajikan berbagai makanan yang berbeda. Ini harus dimulai mulai awal ibu memberikan menu MPASI. Dengan demikian, anak memiliki pilihan menu makanan yang berbeda setiap hari sehingga ia tidak merasa bosan. Untuk itu, penting sekali ibu membuat buku catatan resep makanan bayi 1 tahun.

Author

Related

Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Post Reply