Menu Makanan Bayi 1 Tahun Perhatikan Cara Penyajiannya

Menu Makanan Bayi 1 Tahun Perhatikan Cara Penyajiannya

Menu makanan bayi 1 tahun bergizi memang sangat penting sebab anak usia 1 sampai 5 tahun banyak membutuhkan nutrisi makanan yang sehat bagi dalam tubuhnya. Peran orang tua sangat dibutuhkan dalam pemilihan serta pemberian menu makanan yang menyehatkan tubuhnya. Hal ini terutama dikhususkan sebagai peran seorang ibu yang banyak berpengaruh terhadap pertumbuhan serta perkembangan tubuh anaknya. Ibu harus pintar dalam mengolah makanan untuk balitanya serta juga harus mampu menjaga kontinuitas nafsu makan balita.

Informasi yang banyak dikeluhkan oleh kalangan ibu yaitu anak seusia balita banyak yang mengalami nafsu makan berkurang. Tentu sebagai orang tua yang baik anda perlu memiliki tips khusus untuk mengatasi permasalahan nafsu makan balita yang menurun.  Berikan makanan olahan yang mengandung unsur pemberi nafsu makan. Nafsu makan berkurang memang banyak dialami oleh balita.

Hal ini dikaitkan dengan kebiasaan balita yang lebih menyukai bermain dibandingkan dengan mengkonsumsi makanan. Tentu kebiasaan ini banyak membuat bingung kalangan orang tuanya. Cara mengatasi permasalahan ini dapat dilakukan dengan membuat makanan sehat dengan kandungan unsur pemberi nafsu makan. Menu makanan sehat yang mengandung unsur pemberi nafsu makan ini seperti teh jahe anget, bubur kacang jahe, minuman ronde serta menu makanan lainnya.

Menu Makanan Bayi 1 Tahun Buatan Sendiri

Rasa makanan menjadi inti yang penting dalam menumbuhkan nafsu makan balita anda. Kunci sebuah masakan dikatakan enak ini tentunya perlu dilakuakn dengan membuat rasa makanan menjadi sedap. Anda gunakan perpaduan bumbu dapur yang melezatkan, akan tetapi hindari bderbagai  bahan bumbu dapur yang terbuat dari bahan berbahaya bagi kesehatan balita anda. Bahan dapur yang anda hindari ini khususnya seperti bahan penyedap rasa yang manipulasi bahan tersebut dalam tubuh dapat menyebabkan resiko terjadinya penyakit kanker.

Untuk membuat tubuh balita anda menjadi sehat, tidak hanya dilakukan dengan memberikan konsumsi makanan yang sehat. Akan tetapi, anda sebaiknya juga memberikan beberapa menu makanan yang beragam. Keberagaman menu makanan untuk balita anda akan mampu menambah nafsu makan pada balita anda. Jika balita anda sudah memiliki nafsu makan yang baik maka dapat dipastikan buah hati anda dapat tumbuh sehat dan cerdas.

Kunci dari keseimbangan menu makanan balita ini berada dalam cara pemilihan menu makanan yang tepat. Berbagai kandungan gizi makanan balita anda dibutuhkan dalam porsi yang saling memadai. Sebaiknya nada menghindari pemberian menu makanan yang lebih dominan satu sama lain. Keseimbangan menu makanan ini sebenarnya juga mampu meningkatkan nafsu makan balita anda karena buah hati tidak akan merasa bosan pada menu makanan yang anda berikan.

Asupan gizi tubuh balita anda tidak hanya didukung dengan bahan makanan olahan saja, anda dapat menambahkan konsumsi menu tambahan lainnya. Menu tambahan ini dapat anda berikan dakam bentuk sirup penambah nafsu makan, susu penambah nafsu makan serta menu tambahan lainnya. Jika Anda sudah melakukan berbagai cara membuat makanan yang sehat bagi buah hati anda maka kesehatan balita anda tetap terjaga hingga tubuhnya beranjak dewasa kelak. Tentunya dengan pengonsumsi makanan yang sehat menggunakan cara membuat makanan sehat untuk anak usia 1 sampai 5 tahun.

Menu Makanan Bayi 1 Tahun Pilihan Para Ibu

Dalam tahun pertama mereka, bayi memiliki kecepatan pertumbuhan yang mengagumkan. Untuk mengimbanginya, pastikan Anda memberi makanan untuk anak 1 tahun dengan tepat. Memasuki usia satu tahun, sudah waktunya anak diberi makan tiga kali sehari dan dapat diselingi dengan memberikan camilan di antara waktu-waktu makan tersebut. Anda bisa mulai mencoba memperkenalkan makanan padat sebagaimana yang dikonsumsi orang dewasa.

Akan tetapi, makanan-makanan padat tersebut harus diberikan dalam bentuk yang mudah dikunyah, ditelan, dan dicerna oleh sistem pencernaan anak Anda. Untuk itu, potonglah makanan dalam ukuran kecil atau jika perlu dicincang. Berilah makanan yang bervariasi kepada anak Anda. Makin banyak variasinya, maka makin bagus untuk memenuhi kebutuhan nutrisi anak. Susu sapi dan madu boleh diberikan jika anak sudah berumur satu tahun ke atas.

Selain itu, jenis makanan lain dapat mulai diperkenalkan, seperti olahan kacang, telur, biji-bijian, dan ikan. Jika keluarga memiliki riwayat alergi, Anda perlu memilah-milah makanan yang tepat untuk anak Anda. Meski tidak ada ketentuan mengenai makanan anak 1 tahun, Anda tetap harus memerhatikan kandungan nutrisinya. Berikut ini beberapa makanan yang mudah Anda dapatkan dan dapat dijadikan sebagai pilihan untuk diberikan kepada si kecil ;

– Nasi merah

Nasi merah mengandung lebih banyak energi, vitamin B, protein, dan mineral dibandingkan nasi putih. Nasi jenis ini juga memiliki kandungan karbohidrat kompleks yang lebih lama diserap tubuh sehingga kadar glukosa darah sebagai sumber energi siap pakai lebih stabil.

– Ubi

Makanan ini mengandung banyak kandungan vitamin A dan C serta kaya akan fitokimia. Salah satu fungsi senyawa fitokimia adalah sebagai benteng bagi tubuh terhadap serangan berbagai penyakit.

– Daging ayam

Kebaikan daging ayam terletak pada jumlah lemaknya yang lebih sedikit dibandingkan daging merah. Tapi sebaliknya dengan kulit ayam karena bagian ini justru mengandung lebih banyak lemak jika dibandingkan dengan jenis daging lainnya.

– Ikan

Nutrisi dari ikan antara lain berupa protein rendah lemak dan mengandung selenium, kalsium, dan magnesium. Ikan sangat baik dalam memerangi radikal bebas sekaligus mendongkrak sistem kekebalan tubuh. Contohnya adalah salmon yang mengandung lemak esensial yang sangat baik dalam menunjang perkembangan otak. Bahan makanan ini sangat cocok untuk dijadikan olahan menu makanan bayi 1 tahun.

 

Author

Related

Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Post Reply