Menu Makanan Anak 2 Tahun Untuk Memenuhi Nutrisi

Menu Makanan Anak 2 Tahun Untuk Memenuhi Nutrisi

Jika Anda bingung menentukan menu makanan anak 2 tahun untuk buah hati yang sedang sangat aktif maka Anda tidak perlu khawatir. Kali ini kami akan membahas tentang menu makanan lengkap untuk memenuhi kebutuhan si kecil selama sehari penuh. Anda bisa mencobanya untuk buah hati Anda. Menu ini cocok untuk anak  dengan berat badan 12,5 kilogram. Ketika sarapan, Anda bisa memberikan setengah potong roti bakar yang dibuat dengan setengah sendok teh margarin atau mentega.

Sebagai lauk, Anda bisa menambahkan satu butir telur. Jika si kecil kurang suka telur, Anda bisa menggantikannya dengan setengah cangkir sereal. Supaya lebih nikmat dimakan, Anda bisa menambahkan satu sendok teh jelly pada sereal yang akan disajikan. Untuk melengkapi nutrisi sarapan, berikan pula  setengah cangkir jus buah. Sajikan saja jus kesukaan buah hati Anda seperti  jus jeruk atau jus tomat. Jika anak ANda menyukai jus semangka atau jus stroberi, berikan sepertiga cangkir saja. Hal  yang tidak boleh dilupakan ketika  sarapan adalah susu. Setelah semua menu sarapannya disantap, Anda hanya perlu  memberikan susu sebanyak tiga per empat cangkir.

Beberapa Menu Makanan Bayi  2 Tahun Yang Sehat

Menu sehat untuk balita sudah menjadi makanan wajib untuk bayi yang berusia di bawah 5 tahun sebab masa balita merupakan masa- masa emas sang anak untuk tumbuh dan berkembang dengan menggaktifkan segenap indra yang ia miliki. Pada waktu  ini, anak cenderung mempunyai rasa ingin tahu yang tinggi karena masa ini merupakan masa di mana terus mengeksplorasi lingkungan sekitarnya dalam skala yang lebih jauh dari hari ke hari. Untuk menunjang tumbuh kembangnya, sudah menjadi kewajiban untuk para ibu di rumah menyiapkan menu makanan sehat dan bergizi yang bisa dikonsumsi oleh sang anak.

Menu sehat dapat diperoleh dari sumber- sumber makanan yang dikonsumsi sang anak, seperti makanan pokok maupun makanan penunjang dan buah- buahan. Namun, permasalahan yang sering muncul adalah saat anak mengalami susah makan. Hal ini tentu menjadi pekerjaan rumah tersendiri untuk bunda agar tetap memberikan asupan gizi yang seimbang kepada sang anak yang berada dalam fase usia balita.

Bahan- bahan dan cara pembuatannya tidak terlalu sulit sehingga tidak membutuhkan banyak waktu  untuk ibu dalam mempersiapkan makanan sehat dan lezat bagi sang buah hati. Dari beberapa menu makanan yang akan kami sampaikan kali ini  , Anda dapat menambahkan variasi yang sesuai dengan selera anak sehingga anak bisa menikmati makanan yang ibu siapkan.

Berikut  ini salah satu contoh resep menu sehat dan bergizi untuk balita:

-Nasi Tim Keju

Dalam membuat nasi tim keju untuk sang buah hati, maka Anda harus mempersiapkan beberapa bahan yang diantaranya adalah  250 gram beras putih lalu  cuci bersih, 2 sdm margarin, 1 siung bawang bombay, cincang halus, 100 gr sumsum sapi, cincang halus, 600 ml kaldu, 1sdt lada bubuk, 1 sdm garam, dan 25 gr keju parmesan, lalu parut.

Adapun cara memasak nasi tim keju untuk si kecil  tidaklah susah, berikut ini beberapa langkah pembuatannya:

– Panaskan margarin ke dalam sebuah pinggan panas, lalu masukkan bawang bombay dan tumis sampai harum.

-Masukkan sumsum sabi lalumasukkan beras setelahnya, aduk sampai tercampur rata.

– Masukkan air kaldu, lada, garam, dan keju kemudian masak hingga matang dan semua air kaldu terserap ke dalam beras sehingga beras menjadi nasi.

-Angkat, sajikan saat panas. Sebagai pelengkap, tambahkan pula keju parut di atasnya untuk menambah citarasa gurih pada nasi tim keju yang siap dihidangkan.

Menu Makanan Anak 2 Tahun Yang Berkuah

Anak memerlukan asupan gizi yang cukup banyak dimasa pertumbuhannya saat ini. Akan tetapi jangan pernah lupakan faktor kelezatan makanan. Percuma jika makanan yang Anda  buat penuh dengan vitamin namun anak tidak suka. Resep masakan Berkuah untuk anak usia 1 atau 2 tahun ke atas salah satunya adalah  sayur bening daging.

Berikut ini bahan-bahan untuk membuat sayur bening daging diantaranya adalah;

– daun bayam seporsi bayi, iris kecil-kecil  lalu haluskan sesuaikan kemampuan bayi

– daging sapi , ayam, tahu atau protein lainnya, lalu  cincang halus menggunakan blender sesuai kemampuan bayi

– wortel, parut atau potong kecil-kecil

– air matang , gula dan garam secukupnya

– bawang merah, lalu cincang

– kunci setengah ruas jari, lalu geprek

Berikut Ini Cara Membuat Sayur Bening Daging:

-Pertama, panaskan air, masukkan daging, tunggu hingga daging matang dan empuk

-Kedua, masukkan bawang merah cincang dan kunci, kemudian wortel

-Ketiga, tambahkan garam dan gula secukupnya.

Berikut ini bahan-bahan untuk membuat Sop Ikan Dori:

-ikan dori fillet secukupnya

– wortel, parut atau potong kecil-kecil

– kentang, kupas kemudian potong kecil-kecil

– air matang

– 1 batang serai, memarkan

– 1 lembar daun jeruk

– merica dan garam secukupnya

– jeruk nipis secukupnya

Berikut Ini Cara Memasak Sop Ikan Dori:

– Pertama, rendam ikan dori dengan perasan jeruk nipis selama kurang lebih 10 menit untuk menghilangkan amisnya, cuci bersih, cincang sesuai kemampuan bayi

– Kedua,  panaskan air, masukkan ikan dori, batang serai, dan daun jeruk, tunggu sampai matang dan mendidih

-Ketiga tambahkan merica dan garam secukupnya, siap dihidangkan.

Itulah beberapa menu makanan anak 2 tahun yang bisa Bunda coba dirumah. Semoga bermanfaat

Author

Related

Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Post Reply