Mengatasi Ambeien Saat Hamil Lengkap Dengan Penjelasan

Mengatasi Ambeien Saat Hamil Lengkap Dengan Penjelasan

Sudah punya pengalaman hamil atau belum, minimal pasti pernah dengar perjuangannya. Ya, kehamilan tidak selalu mudah. Walau banyak kebahagiaan didapat, kehadiran malaikat kecil yang dinanti, tetap ada saja rintangan. Ambeien saat hamil misalnya, sudah beredar kabar umum kalau perempuan hamil sangat rawan dengan penyakit satu ini.

Sebetulnya apa sih ambeien itu ?

Mengenal ambeien sudah pasti wajib paham struktur pembuangan tubuh. Proses paling jelas tentu saja makanan masuk dalam tubuh, dicerna, baru kemudian mengalir ke dalam tubuh melewati anus. Nah, sepanjang ‘perjalanan’ menuju anus ada sesuatu yang dinamakan hemorrhoid, suatu struktur vascular dalam anus manusia. Harusnya hemorrhoid berukuran standard sehingga memudahkan jalan keluar kotoran, sayangnya tidak selalu begitu.

Penderita ambeien punya hemorrhoid berukuran diatas rata – rata, kemungkinan besar akibat pembengkakan. Ibarat pintu, hemorrhoid yang harusnya membuka jalan malah menutup jalan. Kotoran sulit untuk keluar, bahkan malah berdarah sehingga menyebabkan rasa sakit luar biasa.

Kembali pada ibu hamil, membawa janin sebesar itu dalam perut saja sudah jadi tantangan tersendiri. Bisa dibayangkan kalau usai buang air besar atau malah dalam proses, bunda merasakan sakit di area pantat. Kontan saja, ambeien terasa begitu menganggu pada kehidupan mengandung. Karena alasan itulah cara mengatasi ambeien saat hamil begitu sering dicari.

Bagi pembaca yang belum pernah hamil mungkin hanya sekedar tahu dari mendengar kabar saja. Tak jarang, pendengar saja bisa kebingungan karena pengalaman satu orang belum tentu sama dengan yang lainnya. Sebenarnya ambeien sendiri dibagi menjadi dua tergantung dari tingkat kesulitan dan gejalanya.

Kalau menilik dari garis besar, ambeien dibagi menjadi dua bagian. Pertama ambeien eksternal dan kedua adalah internal. Eksternal tentu saja, bisa dilihat secara kasat mata. Anus penderita ambeien eksternal terlihat bengkak, serta mirip buah zakar pria dalam ukuran super mini. Sedangkan yang kedua ambeien internal dimana pendarahan dan pembengkakan terjadi dalam tubuh, dan hanya bisa diketahui pada saat tinja keluar. Umumnya, tinja akan diselimuti warna merah dari darah.

Ambeien eksternal maupun internal punya tingkat kesulitan masing – masing. Pada ambeien internal yang ringan darah tidak terlalu banyak dan terasa lebih ringan dibanding ambeien eksternal tingkat berat, misalnya. Mungkin bisa juga dicontohkan dengan ambeien eksternal kelas kakap yang bengkaknya jauh lebih besar dan sulit dimasukkan dibanding ambeien kelas lele (kelas dibawah kakap).

Manapun ambeien yang didapat bunda, sama – sama berbahaya. Bahkan, bunda hamil sendiri mengeluhkan seiring berjalannya kehamilan, ambeien bukannya bertambah ringan malah makin berat. Bagaimana tidak ? janin terus membesar serta memberi tekanan pada pinggul dan perut jauh lebih berat dibanding kandungan yang masih muda. Ambeien saja sudah cukup parah untuk ditanggung belum lagi musti memikirkan janin.

Walaupun judul diatas menekankan pada cara mengatasi ambeien saat hamil bukan berarti tidak ada cara lebih baik. “Mencegah lebih baik dibanding mengatasi” mungkin kalimat yang sangat bijak untuk ditekankan pada banyak orang. Ambeien sendiri biasa dialami pertama kali pada bunda dengan kehamilan berusia enam bulan, dibawah itu umumnya belum ketemu masalah bernama ambeien walaupun tidak menutup kemungkinan untuk terkena.

Tidak selamanya mencegah adalah sesuatu yang sulit. Kadangkala atau bahkan sering, mencegah adalah masalah konsistensi. Arti kata konsistensi berasal dari konsisten, yaitu sikap mempertahankan kebiasaan dalam standard sama atau bahkan meningkatkan diri. Bila komitmen dengan konsistensi berhasil dijalankan walau bunda pernah terkena ambeien sekalipun tidak akan ada masalah.

Penderita ambeien di kalangan ibu hamil banyak ditemui pada mereka yang memang pernah punya masalah dengan wasir (ambeien) sebelumnya. Kalau sampai demikian, ada baiknya penjagaan dari ibunda harus menguat dua kali lipat, jangan sampai mengambil resiko terlalu dalam. Tenang saja, ingat kata konsisten, mencegah tidak berat hanya butuh disiplin dari diri bunda sendiri.

Mengingat ambeien merupakan pembengkakan di daerah anus terutama karena sel darah, ada baiknya menjaga tekanan dalam tubuh selalu rendah. Cara termudah adalah tidur dalam posisi menyamping terutama pada kehamilan tua. Walaupun tujuan tidur miring adalah mencegah berat berlebih terlalu fokus pada sisi kala kehamilan bertambah, alangkah baiknya bila bunda terbiasa sejak hamil muda. Ya, cobalah tidur miring menghadap satu sisi pada awal kehamilan supaya lebih mudah.

Berdiri merupakan musuh terbesar hamil tua. Betapa tidak ? kaki dipaksa menahan tubuh yang kian berat dari hari ke hari. Menilik lebih lanjut, berdiri terlalu lama di kala mengandung tidak hanya memicu ambeien namun juga bengkak pada kaki yang cukup menyakitkan. Sangat disarankan bunda yang merangkap wanita karir agar cuti kerja terutama bila tugas utama bunda mengharuskan posisi berdiri dalam waktu lama.

Mencegah tidak selamanya membuahkan hasil, walau usaha sudah dilancarkan sekalipun tetap saja takdir tetap berjalan. Kalau memang bunda pada akhirnya mengalami ambeien, jangan keburu panik. Masih ada lagi langkah mempermudah ambeien.

Pada penjelasan di awal tentu sudah cukup jelas bahwa rasa sakit ambeien sangat menjadi kala buang air besar. Misi utama bunda sekarang yakni memastikan kotoran bunda tidak keras. Konsumsi banyak serat yang berasal dari buah, dan sayur – sayuran akan sangat membantu bunda. Usahakan supaya bunda selalu perhatikan berapa lama waktu memasak supaya serat dalam sayuran tidak hilang. Terakhir, dengarkan kata dokter seputar ambeien saat hamil.

Author

Related

Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Post Reply