Makanan Super Sumber Kalsium untuk Ibu Hamil

Makanan Super Sumber Kalsium untuk Ibu Hamil

Kalsium untuk ibu hamil ternyata aspek yang sangat perlu diperhatikan. Tidak hanya demi memperkokoh ‘fondasi tubuh’ dalam menopang berat badan janin. Beberapa studi menunjukkan kekurangan kalsium tidak hanya berbahaya bagi janin namun untuk bunda.

Apa sih fungsi kalsium?

Kalsium merupakan tipe mineral yang bertanggung jawab dalam perkembangan tulang, termasuk gigi. Pada saat dalam mengandung calon buah hati, struktur tubuh janin dimulai dari tulang sehingga otomatis permintaan kalsium dalam tubuh meningkat pesat. Terlebih lagi janin tak akan sungkan mengambil jatah kalsium bunda bila dirinya kekurangan. Jangan takut, daftar sumber kalsium di bawah ini akan mempermudah bunda:

  1. Jus jeruk
    Buah menyegarkan yang sering dijadikan bagian menu wajib tiap restoran ini ternyata kaya akan kalsium!

    Kebanyakan orang mengira jeruk hanya menyediakan vitamin C saja. Wajar, rasa asam pada jeruk seolah menandakan keberadaan vitamin C. Namun, penelitian terkini membuktikkan bahwa jeruk tergolong sumber kalsium yang cukup oke. Terlebih lagi, citarasa jeruk mampu mengalihkan perhatian tubuh bunda dari mual dan muntah akibat kehamilan.

  2. Kurma
    Orang berpulang dari Haji, Umrah, atau sekedar kunjungan ke negara Arab, cenderung membawa pulang oleh-oleh kurma. Bangsa timur tengah sendiri sadar akan potensi kurma di mancanegara. Mulai dari coklat, sirup, kue, nasi goreng, sampai dengan dijual mentah, kurma seolah dapat dikreasikan sebebas mungkin.

    Kurma sendiri tidak hanya dikenal akan rasanya yang manis, gurih, dan lezat. Alasan mengapa banyak penduduk arab memperlakukan kurma sebagai makanan wajib adalah manfaat pada kurma itu sendiri. Bukan rahasia lagi bahwa kurma banyak dimanfaatkan sebagai pendorong energi secara instan, atau sekedar cemilan.

    Salah satu dari sekian banyak kandungan kurma adalah kalsium. Dibalik bentuknya yang kecil dan padat, kurma sangat mungkin meningkatkan kinerja pertumbuhan tulang baik secara internal maupun eksternal. Internal dalam artian menyediakan kalsium yang cukup untuk tubuh. Sedangkan dari segi eksternal, mengkunyah kuman terbukti melatih gigi, dan merangsang penguatan fondasi tulang terutama pada area mulut.

    Menjelaskan mengapa warga Arab cenderung tinggi besar, dan gagah bukan?

  3. Pak choy
    Bagi anda yang menggemari makanan Cina sepertinya akan pernah menemui sayuran hijau dengan bagian bawah gendut berwaran putih. Ya, negara yang identik dengan film kung-fu dan Jackie Chan ini diam-diam memiliki sumber kalsium terselubung dalam hidangan yang lezat. Bayangkan saja, Pak choy telah dikembang biakkan di negara Cina sejak berabad-abad silam.
  4. Oat meal
    Siapa sih yang tidak pernah dengar oat meal?

    Tingginya kesadaran kesehatan jaman sekarang membuat pedagang oatmeal seolah naik pangkat secara signifikan. Ya, memang rasa oatmeal kurang memanjakan lidah. Hambar, dan pahit adalah dua gambaran yang sayangnya masih melekat pada oatmeal. Padahal, manfaat yang diperoleh dengan makan oatmeal jauh lebih besar dibanding hambarnya oatmeal.

    Oatmeal biasa dipasarkan sebagai makanan penjaga kesehatan hati. Padahal kalau ditilik lebih lanjut, sebetulnya salah satu kandungan yang dibanggakan oatmeal, salah satunya, justru kalsium. Apalagi, oatmeal sangat cocok dipadukan dengan buah, sayur, madu, dan beragam bahan makanan lain berhubung rasanya yang netral. Jadi, bunda sangat mungkin mendapatkan bonus ragam nutrisi hanya dengan semangkuk oatmeal.

  5. Brokoli
    Sayuran berbentuk pohon mini ini banyak dimusuhi oleh anak kecil. Bisa jadi karena warnanya yang hijau pekat, dan rasa brokoli yang kurang mengundang selera. Padahal, brokoli justru makanan yang sangat direkomendasikan bagi siapa saja, termasuk perempuan mengandung.

    Brokoli sebatang saja, kaya akan kalsium dan asam folat. Ya, meski bentuk brokoli tidak meyakinkan, salah bahan makanan kehamilan yang sehat bisa dibilang brokoli merupakan anggota tetap. Kalsium, tentu sudah jelas kegunaannya, namun asam folat berada pada level kebutuhan lain.

    Semua orang tahu tubuh manusia terdiri dari jutaan sel yang terintegrasi satu sama lain. Bahkan pertumbuhan janin sendiri bisa dibilang terletak pada pemisahan sel. Nah, kandungan yang bertanggung jawab atas performa sel adalah asam folat. Inilah mengapa, makan brokoli bagaikan sekali dayung dua pulau terlampaui.

  6. Tahu
    Warga Indonesia asli sepertinya tidak mungkin bila minimal tidak pernah mendengar tahu dan tempe. Ya, kedua bahan makanan tersebut sepertinya sangat populer di meja makan tradisional. Sampai-sampai, tahu masuk dalam lirik lagu anak-anak seputar makanan. Orang asing yang berkunjung ke tanah air, beberapa tertarik dan membawa tahu ke negara asalnya.

    Perdebatan asal mula tahu akan sangat panjang. Namun terlepas dari segala catatan sejarah, satu hal yang pasti, tahu sangatlah bermanfaat. Bayangkan saja dalam satu tahu bisa terkandung kalsium, zat besi, magnesium, dan Pendek kata, tidak hanya tulang yang makin kokoh, namun aliran darah, dan perkembangan sel sudah dipastikan dalam jalur yang tepat.

  7. Susu sapi
    Belum ada yang mengalahkan popularitas susu sapi dalam konteks memperkaya kandungan kalsium. Memang, produk asal hewan mamalia satu ini tergolong makanan kaya kalsium. Tidak hanya sampai disitu, vitamin D yang terkandung dalam susu sapi tidak dapat diremehkan. Sehingga pada usia berapun, kondisi apapun termasuk hamil akan sangat diuntungkan susu sapi.

Modifikasi susu bahkan sulit terhitung oleh jari. Terlebih dengan majunya ilmu pengetahuan saat ini, sangatlah mudah bagi pengembang produk melakukan inovasi. Bayangkan saja, mulai dari target manula hingga penyedia nutrisi termasuk kalsium untuk ibu hamil semuanya tersedia di pasaran.(HN)

Author

Related

Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Post Reply