Makanan Pendukung Masa Kehamilan Demi Pertumbuhan Gigi Pada Bayi Kelak

Makanan Pendukung Masa Kehamilan Demi Pertumbuhan Gigi Pada Bayi Kelak

Anggapan bahwa pertumbuhan gigi pada bayi hanya perlu dipersiapkan menjelang usia si kecil sudah mendekati bisa dibilang benar namun tidak sepenuhnya. Menyiapkan kebutuhan nutrisi untuk pertumbuhan gigi tidak hanya saat buah hati lahir, bahkan pada saat masa mengandung sekalipun. Jangan lupa, janin menyerap gizi apapun yang berasal dari makanan bunda.

Sangat penting bagi ibu hamil mengkonsumsi makanan kaya akan vitamin D dan kalsium. Medis telah membuktikkan bahwa pertumbuhan gigi membutuhkan kalsium mengingat gigi masih termasuk keluarga tulang. Vitamin D sendiri diperlukan untuk menyerap kalsium. Apa saja makanan persiapan pertumbuhan gigi pada bayi?

– Telur

Bahan makanan yang sepertinya wajib di dapur manapun, baik rumahan ataupun restoran telur bisa ditemukan. Harga telur yang cukup murah dan fungsi telur yang mampu menjadi pendukung ataupun bintang utama dalam suatu masakan kian mendongkrak popularitas telur. Ternyata dibalik kesederhanaan plus fleksibilitas telur, tersimpan gizi pembantu pertumbuhan gigi pada bayi Bayangkan saja, dalam 1 telur terdapat paling tidak 44 gram vitamin D, memakan sekitar 7% dari total kebutuhan vitamin D sehari. Setiap harinya bunda bisa mengolah telur mulai dari merebus, menggoreng, hingga mencampurkan telur sebagai adonan guna memperoleh vitamin D yang diperlukan. Tidak dapat dipungkiri telur adalah anugrah alam yang tidak boleh disia siakan.

– Tahu

Sabang sampai merauke, warga Indonesia mana yang tidak pernah melihat tahu. Warung tegal pinggir jalan sampai makanan rumahan pasti menyediakan tahu paling tidak sekali. Harga tahu yang beragam membuat semua kalangan bisa memilih tahu yang diinginkan. Jangan salah, tahu murah sekalipun memiliki potensi membantu asupan vitamin D untuk janin. 100 gram tahu setara dengan 154IU vitamin D alias international unit, 1 IU setara dengan 0.025 gram. Gampangnya, 100 gram tahu mampu memenuhi sebanyak dua puluh enam persen kebutuhan vitamin D dalam sehari.

Kelebihan tahu tidak hanya berhenti pada vitamin D. Produksi olahan ini juga menyimpan rahasia lain yakni kalsium. 100 gram tahu mampu memenuhi paling tidak kalsium tiga puluh lima persen kebutuhan kalsium. Hanya bermodal kocek tidak seberapa, bunda sudah bisa mendapatkan combo vitamin D dan kalsium yang sangat berguna untuk pertumbuhan gigi. Harap diingat, memasak tahu dengan cara kurang tepat bisa merusak manfaat yang ditawarkan. Hindari mengkonsumsi tahu yang digoreng menggunakan minyak jelantah. Tahu yang diolah dengan cara tidak sehat malah bisa membahayakan kandungan maupun bunda.

-Brokoli

Dibalik bentuk brokoli yang kurang mengundang, tersembunyi asupan kalsium yang tidak bisa diremehkan. Kembaran kembang kol ini terkadang dibenci oleh sebagian umat manusia. Rasa brokoli pahit dengan warna hijau pekat seolah menandakan brokoli hanya merusak kesehatan dibanding memperpanjang umur. Jangan tertipu dengan penampilan brokoli. 1 mangkuk penuh brokoli masak saja, sudah mampu memenuhi 6 persen kebutuhan kalsium sehari. Harap diingat memasak brokoli terlalu lama hanya merusak gizinya. Usahakan tidak menghabiskan lebih dari lima puluh empat menit pada saat memasak brokoli, terutama merebus. Malah, akan jauh lebih baik lagi bila bunda berkenan memakan brokoli mentah. Brokoli mentah tentu saja mengandung setidaknya 2 kali lipat kalsium utuh dibanding brokoli memasak. Tidak perlu merasa bersalah jika tidak berkenan memang rasa brokoli bukan bintang lima.

-Bayam

Bayam adalah salah satu sayuran yang cukup identik dengan otot super besar milik popeye. Bagi orang tua yang lahir era 90’an pasti pernah mendengar bujukan orang tua kalau makan bayam bisa kuat berotot layaknya popeye. Kesalahan yang tidak dijelaskan pada serial popeye adalah bayam bukan sekedar memperbesar otot namun juga memperkokoh tulang. Percaya atau tidak bayam ternyata mengandung kalsium dibalik helai daun bayam yang begitu lemah. Satu cangkir penuh bayam berkondisi masak mampu memenuhi dua puluh empat persen permintaan kalsium dalam sehari. Mengingat bayam termasuk keluarga sayur mayur, perempuan mengandung tidak lagi khawatir mengenai aman atau tidaknya bayam selama kehamilan.

-Daun bawang

Bagi penggemar makanan jepang pasti taka sing lagi dengan daun bawang. Seringkali masakan jepang seperti okonomiyaki memanfaatkan daun bawang sebagai isinya. Reaksi natural daun bawang dari sedikit pedas menjadi manis menjadikan bawang cukup populer. Kecil tapi patut diperhitungkan adalah gambaran tepat untuk daun bawang. 1 cangkir penuh daun bawang mengandung paling tidak 72 mili gram kalsium atau sekitar 7 persen kebutuhan kalsium dalam sehari. Terdengar sedikit, tapi mengingat memakan 1 cangkir daun bawang belum tentu mengenyangkan, maka bisa dipastikan kemampuan daun bawang memenuhi kalsium tidak kalah dengan sayuran lain. Tenang saja, diantara semua keluarga bawang, daun bawang adalah salah satu jenis yang paling tidak meninggalkan bau.

5 bahan diatas hanya segelintir bahan yang bisa memenuhi kebutuhan kalsium dan vitamin D. Sekarang bunda bisa membayangkan kombinasi menu malam, pagi, dan siang hanya dengan 5 bahan diatas. Sebagai contoh saja, pagi bunda bisa sarapan telur dadar isi daun bawang dengan sup bayam, siang hari oseng – oseng tahu, dan malamnya salad brokoli. Menyenangkan dan penuh dengan beragam kemungkinan. Bila memang bunda tidak berkenan memasak, entah karena rasa mual berlebihan atau sebab lain tidak perlu khawatir. Saat ini sudah ada produk susu kehamilan yang mampu memenuhi kebutuhan guna persiapan pertumbuhan gigi pada bayi di masa mendatang.

Author

Related

Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Post Reply