Kulit Kepala Berminyak dan Rambut Lepek? Ini 8 Tips Mengatasinya

Kulit Kepala Berminyak dan Rambut Lepek? Ini 8 Tips Mengatasinya

Tidak dapat dipungkiri, penampilan merupakan faktor penunjang penting bagi perempuan. Tidak perlu cantik, tetapi rapih dan bersih, sehingga sedap dipandang itu perlu. Penampilan dapat dilihat dari ujung kepala hingga ujung kaki. Salah-salah menampilkan salah satu bagian tersebut dapat menurunkan tingkat kepercayaan diri bahkan dapat menjadi bahan pergunjingan orang-orang di sekitar kamu. Salah satu penunjang penampilan yang dapat dilihat langsung saat bertatapan muka ialah daerah rambut dan wajah. Bagi perempuan, rambut sering dikatakan sebagai mahkota wanita. Maka, sudah sewajarnya kamu memberi perhatian lebih kepada mahkotamu bukan?

Masalah yang sering dialami pada rambut ialah rambut rontok, rambut rusak dan bercabang, rambut berketombe, rambut kasar, hingga rambut lepek. Artikel ini akan dikhususkan pada masalah rambut lepek.

Apa itu rambut lepek dan apa penyebabnya?

Rambut lepek merupakan masalah rambut yang terjadi karena banyaknya produksi minyak dan keringat pada kulit kepala, terutama ketika seseorang terlalu lama dan sering berkegiatan di luar ruangan, sehingga sering terkena paparan sinar matahari.

Adakah tips mudah untuk mengatasi rambut lepek?

  • Keramas dengan bersih dan benar

Kebiasaan keramas yang terlalu cepat, sehingga busa shampoo masih tertinggal di kulit kepala dapat menyebabkan berbagai masalah pada rambut. Selain itu, agar kotoran yang menumpuk pada kulit kepala dapat terangkat sepenuhnya, maka luangkanlah waktu untuk memastikan seluruh bagian kulit kepala telah terkena shampoo seluruhnya dan jangan lupa untuk sedikit memijat kulit kepala saat keramas.

  • Menunggu rambut kering sebelum tidur maupun menutup bagian kepala

Tidur, tidur-tiduran, maupun menutup bagian kepala, contohnya dengan menggunakan topi, bahkan menjepit serta menguncir rambut saat rambut masih basah sebaiknya dihindari. Hal tersebut dapat mencegah timbulnya berbagai masalah pada rambut, salah satunya rambut lepek.

  • Memotong rambut atau membuatnya kelihatan lebih bervolume

Rambut yang terlalu panjang dan tipis dapat menjadi penyebab rambut terlihat lepek. Oleh karena itu sebaiknya kamu memotong rambutmu yang terlalu panjang dan membuatnya kelihatan lebih bervolume. Akan lebih baik hasilnya jika kamu melakukan keduanya, tetapi jika kamu merasa kamu hanya sanggup melakukan salah satunya tidak apa-apa.

Namun, hindarilah membuat rambut lebih bervolume dengan melakukan terlalu banyak perawatan rambut yang menggunakan banyak bahan kimia karena dapat menambah berbagai permasalahan pada rambut. Pilihlah bahan-bahan alami yang berkhasiat untuk menebalkan rambut maupun bahan-bahan alami yang membantu menumbuhkan rambut yang rontok, sehingga rambut terlihat tipis. Jika kamu hendak menggunakan alat kecantikan untuk membantumu, hindari atau kurangilah alat-alat yang terlalu panas bagi rambut maupun kulit kepala. Misalnya, jika kamu ingin membuat rambutmu terlihat ikal, kamu dapat menggunakan roll rambut alih-alih mencatok rambut.

  • Mengurangi makanan berlemak

Memakan terlalu banyak makanan yang mengandung lemak dan minyak berpotensi menyebabkan produksi minyak pada kulit kepala juga berlebih, sehingga risiko rambut lepek akan meningkat.

  • Rawatlah rambut seperlunya, jangan berlebih

Ingatlah, segala sesuatu yang berlebihan kurang baik. Begitu pula dengan merawat rambut secara berlebihan, seperti menggunakan terlalu banyak produk perawatan rambut yang mengandung banyak bahan kimia yang dapat merusak rambut. Contoh lainnya ialah menyisir rambut terlalu sering. Terlalu sering menyisir rambut dapat membuat produksi minyak pada kulit kepala meningkat, sehingga rambut akan cepat lepek.

  • Mengikat rambut dengan lembut saat berkegiatan di luar ruangan

Membiarkan rambutmu tergerai saat sering melakukan aktivitas di luar ruangan dapat membuat rambutmu terlihat lebih cepat lepek. Hal ini dapat disiasati dengan mengikat rambut secara lembut. Ingatlah, rambut yang diikat terlalu kencang dan sering dapat menimbulkan masalah rambut lainnya, seperti rambut patah dan rambut rontok, sehingga membuat rambut semakin tipis dan terlihat cepat lepek.

  • Mengatur pola makan dan menyeimbangkan asupan gizi

Pola makan teratur dengan diimbangi asupan gizi seimbang dapat meningkatkan kesehatan. Selain itu, dengan tercukupinya gizi (terutama konsumsi zat besi yang erat hubungannya dengan masalah rambut) bagi tubuh membantu mengatasi masalah pada rambut.

  • Jangan terlalu sering menggunakan kondisioner

Kondisioner umumnya digunakan untuk meningkatkan kelembaban. Saat kulit kepalamu berminyak hindarilah terlalu sering menggunakan kondisioner. Selain itu, jangan menggunakan kondisiner pada kepala bagian atas maupun kulit kepala, cukup mengoleskannya pada rambut bagian bawah saja.

Ayo semangat menjaga kesehatan rambut dan menunjang penampilan.

Author

Related

Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Post Reply