Ketahui Fakta Susu Pertumbuhan Anak 2 Tahun Sebelum Asal Memberi!

Ketahui Fakta Susu Pertumbuhan Anak 2 Tahun Sebelum Asal Memberi!

Susu pertumbuhan anak 2 tahun banyak beredar di pasaran, sampai bikin bingung ayah bunda. Tidak bisa dipungkiri, memang susu diperlukan anak agar tumbuh kembang tidak terhambat. Masalahnya, orang tua sendiri harus tahu bagaimana penilaian susu pertumbuhan untuk anak sebelum memberi produk yang tidak perlu.

Selama anak memenuhi syarat pemberian susu pertumbuhan anak 2 tahun, maka tidak ada masalah bagi ayah dan bunda untuk melanjutkan pencarian susu yang tepat. Tidak banyak syarat yang dipunyai anak sebelum bisa mencicipi susu diluar air susu bunda.

Adolphe Quetet menciptakan BMI pada tahun delapan ribu tiga puluh di Belgia. Perhitungan body mass index berdasar rasio tinggi tubuh dan berat badan seseorang. Pencapaian persentase dari rasio body mass index menentukan apakah seseorang perlu menurunkan atau malah menaikkan berat badan. Ya, kedua belah pihak sama – sama tak diuntungkan jika nilai body mass index tidak mencapi standard.

Sejatinya, body mass index akan disajikan dalam bentuk persen, sehingga memudahkan cara membaca. Tentu saja, persenan tersebut sudah termasuk berat badan dan tinggi sesuai masing – masing perempuan. Delapan belas sampai dengan dua puluh empat persen masih dianggap kadar normal, harap camkan sebelum melihat angka besar dan menilai sembarangan kalau badan kegemukan.

Pertama, bunda ayah harus memastikan berat badan anak tidak lebih dari delapan puluh lima persen. Mengingat salah satu manfaat minum susu adalah menambah berat badan, tentu anak yang obesitas menambah berat badan bukan keputusan yang tepat. Terlebih lagi, anak yang mulai mengenal susu cenderung ketagihan dan rasanya ingin lagi dan lagi.

Bunda dan ayah tidak perlu menyalahkan satu sama lain seputar obesitas anak. Secara pandangan umum, memang obesitas didorong oleh makanan berlebih, terutama makanan sampah. Mungkin ayah bunda merasa salah satu dari pasangan memberikan makanan berbahaya untuk anak yang berdampak pada kesehatan terganggu. Padahal kasus obesitas tidak selalu demikian.

Beberapa gangguan kesehatan tidak selalu kekeliruan individu. Justru, beberapa penyakit seperti obesitas malah mendapat gangguan dari ‘rejeki’ sejak lahir. Sumber rejeki tersebut adalah keturunan. Seperti yang mungkin pernah dipelajari di bangku sekolah menengah atas (SMA), setiap manusia membawa DNA baik dari ayah maupun dari ibu. Tubuh tidak mempertimbangkan mana bahaya dan mana yang manfaat.

Keluarga tidak hanya berasal dari ayah dan bunda saja, melainkan ikatan dari dua kelompok yang berbeda. Asal obesitas karena keturunan bisa berasal dari kakek ayah misalnya, atau mungkin nenek buyut ibunda. Tak ada yang bisa disalahkan mengingat ketika lamaran, masa’ mau bertanya apakah ada anggota keluarga dengan sejarah kena obesitas, bisa – bisa pernikahan batal.

Malu bertanya sesat di jalan. Ketika bayi sudah telanjur obesitas, dan tidak ditemukan kesalahan menu makanan sampai dengan anak 2 tahun, segera tanyakan pada kedua belah pihak keluarga apakah ada faktor keturunan yang mungkin mempengaruhi kondisi bayi. Jawaban yang diharapkan bisa saja tidak muncul, orang tua bisa mulai mencari penyebab dari ahli kesehatan.

Namanya ilmu pengetahuan tidak selalu muncul di kala yang tepat, namun tidak juga terlambat. Bisa jadi kala ayah dan bunda membaca artikel ini, bayi sudah mengalami obesitas dan diberi susu. Nah, perlu diingat, ada beberapa tahapan dalam hidup ini : Tidak mengalami gangguan, gangguan, dan gangguan semakin parah. Dalam kasus ini : Gendut normal, obesitas, dan obesitas berlebih.

Paragraf sebelumnya telah menekankan bahwa obesitas ditandai dengan pencapian body mass index diatas delapan puluh lima persen. Obesitas berlebih ditemukan pada bayi dengan body mass index lebih besar dari Sembilan puluh lima persen. Berbeda dengan obesitas biasa yang masih bisa minum susu, obesitas berlebih butuh susu rendah lemak sebelum kondisi bertambah parah.

Membaca syarat pemberian susu di umur 2 tahun, bisa menimbulkan beragam reaksi. Beberapa mungkin merasa sedih dan galau, sedangkan ada juga yang senang karena anak tidak terkena gangguan berat badan apapun. Anak yang tumbuh sehat dengan berat badan optimal bisa lanjut ke langkah berikutnya yaitu memulai perkenalan susu pertumbuhan.

Sama halnya dengan beragam perkenalan di usia apapun, anak tidak selalu bersahabat dengan susu di awal. Bagi anak, susu sama dengan pengalaman menemui makanan padat lain. Tidak ada gunanya berharap susu akan langsung ditenggak di pengenalan pertama karena memang bukan begitu cara kerjananya. Kreatifitas dituntut agar anak mau menenggak susu tersebut.

Beredarnya susu pertumbuhan di pasaran seharusnya memberikan pilihan yang sangat beragam. Kalau memang suatu produk memberikan tester, manfaatkan sebaik – baiknya pada anak dan lihat reaksinya. Kalau anak mulai menunjukkan ketertarikan pada produk susu tertentu, artinya bunda dan ayah selamat tanpa perlu usaha lebih.

Mahal atau tidaknya susu terkadang tidak berpengaruh bila memang anak sendiri tidak suka susu. Beberapa hal yang bisa dilakukan guna ‘menyihir’ susu menjadi menarik ada pada perubahan warna dan rasa. Menambahkan buah stroberi pada susu dengan cara di blender dengan mencontek tokoh kartun favorit anak bisa mendorong si kecil untuk mulai minum susu.

Inspirasi bisa datang dari banyak tempat. Bila cara satu tidak berhasil, maka coba cara lain yang tidak memaksa anak. Seperti hal pengenalan makanan, susu pertumbuhan anak umur 2 tahun butuh usaha dalam pengenalan.

Author

Related

Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Post Reply