Kalkulator Kesuburan Untuk Anda Dengan Masa Haid Tidak Teratur

Kalkulator Kesuburan Untuk Anda Dengan Masa Haid Tidak Teratur

Apakah hasil penghitungan dari kalkulator kesuburan benar-benar valid? Sulit sekali untuk menjawab pertanyaan ini. Di satu sisi, ada kajian ilmiah di mana masa subur wanita itu bisa dihitung. Akan tetapi, tidak sedikit wanita yang berhubungan dengan suami mereka ketika masa subur sesuai dengan penghitungan kalkulator tersebut namun tetap tidak hamil. Jadi, apa jawaban dari pertanyaan tersebut?

Jika diruntut kembali, apa sih kegunaan menghitung masa subur? Apakah dengan mengetahui masa subur, sel telur sudah pasti bisa dibuahi? Secara ilmiah, memang demikian. Ketika masa subur tiba, sel telur sudah matang dan siap dibuahi. Namun, ada hal lain yang Anda harus ketahui.

Kalkulator Kesuburan Tidak Selalu Valid

Secara ilmiah, kalkulator ini sudah sesuai dengan kajian ilmiah. Pasalnya, penghitungan dengan menggunakan kalkulator ini sesuai dengan apa yang dikaji oleh peneliti tentang kehamilan. Kalkulator masa subur dibuat berdasarkan penghitungan yang sesuai dengan penelitian ilmiah.

Lalu, mengapa tidak valid? Faktanya, banyak wanita yang berhubungan saat sedang masa subur namun tetap saja tidak hamil. Hal ini bisa saja disebabkan data yang diberikan tidak akurat.

Anda bisa cek dulu di situs Ibu dan Balita untuk melihat seperti apa kalkulator kesuburan itu. Di sana, terdapat dua data yang harus diisikan, yaitu HPHT (hari pertama haid terakhir) dan lama siklus haid. Untuk data yang pertama, mungkin saja Anda bisa memberikan data yang pasti benar karena Anda bisa mengingat-ingat kapan hari pertama haid. Namun, bagaimana dengan data yang kedua, berupa siklus haid? Jika masa haid Anda tidak teratur, bagaimana Anda bisa memberikan data tentang lama siklus haid?

Inilah yang membuat penghitungan kalkulator kesuburan dikatakan tidak akurat. Hasilnya tidak valid.

Mengapa Banyak Yang Menggunakan Kalkulator Kesuburan?

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, hasil dari penghitungan menggunakan kalkulator masa subur tidak selalu valid. Hal ini disebabkan karena data yang diberikan tidak akurat.

Meskipun demikian, masih banyak wanita yang percaya dan tetap menggunakan kalkulator kesuburan. Padahal, ada cara lain yang bisa digunakan untuk mengetahui masa subur selain menggunakan kalkulator ini.

Mengapa?

Karena memang cara mengetahui kesuburan dengan menggunakan kalkulator sangat mudah dilakukan. Anda tidak perlu datang ke dokter atau bidan. Anda juga tidak perlu membeli kalkulator tersebut. Sudah ada aplikasi kalkulator online di situs www.ibudanbalita.com. Aplikasi penghitungan masa subur tersebut bisa diakses oleh siapapun. Anda pun bisa.

Selain itu, ada satu fakta menarik yang juga harus Anda ketahui. Tidak ada metode penghitungan masa subur yang memberikan hasil yang valid dan akurat. Semuanya hanya bersifat perkiraan saja. Jadi, hasil yang Anda dapatkan dari penghitungan tersebut, entah itu dengan kalkulator masa subur atau dengan metode yang lain tidak harus Anda 100% percayai. Anda hanya perlu mengetahui ada rentan waktu atau hari di mana Anda kemungkinan besar dalam masa subur.

Agar Anda Bisa Cepat Hamil

Pada intinya, mengetahui masa kesuburan merupakan usaha agar cepat hamil. Padahal, ada banyak faktor lainnya yang membuat seorang wanita bisa cepat hamil. Jadi, jika Anda sudah lama sekali mendambakan momongan tapi tidak segera diberikan, ada banyak usaha yang harus Anda lakukan. Tentu saja tidak hanya melakukan hubungan saat masa subur saja.

Lalu, apa yang harus Anda lakukan?

  • Menjaga Kebugaran Tubuh

Sebenarnya ini yang menjadi faktor penyebab yang paling sering terjadi di mana seorang pasangan suami istri tidak segera mendapatkan momongan. Lihat saja bagaimana gaya hidup masyarakat saat ini. Makan fast food, pekerjaan menutut mereka untuk pergi pagi pulang malam dan bahkan lembur hingga larut malam, dan lain sebagainya. Tentu saja itu gaya hidup yang kurang sehat yang berimbas pada kebugaran yang menurun. Belum lagi gaya hidup lainnya seperti merokok, mengkonsumsi alkohol, dan jarang berolahraga.

Pada intinya, yang harus Anda lakukan adalah menjaga kesehatan dan kebugaran. Dengan memiliki badan yang sehat dan bugar, maka secara otomatis badan Anda sudah siap untuk hamil. Dengan cara apa? Tentu saja dengan menjalankan gaya hidup yang sehat.

  • Mendapatkan Asupan Gizi yang Tepat

Nutrisi apa yang dibutuhkan oleh wanita yang ingin sekali hamil? Menurut penelitian, wanita yang ingin segara hamil harus mendapatkan asupan gizi berupa asam folat. Untuk mendapatkan nutrisi yang satu ini, Anda harus mengkonsumsi susu yang dikhususkan bagi mereka yang ingin segera hamil. Susu tersebut mengandung asam folat yang tinggi.

Tentu tidak itu saja yang bisa Anda lakukan. Ada juga makanan yang merupakan sumber asam folat seperti brokoli, kacang-kacangan, kentang, pepaya, pisang, kubis, dan lain sebagainya.

  • Ikut Program Kehamilan

Sekarang ini, banyak dokter kandungan yang membuka program kehamilan. Ini merupakan program yang serangkaian usaha yang harus dilakukan oleh pasangan suami istri agar bisa cepat mendapatkan momongan.

Lalu, usaha mana yang sudah Anda lakukan? Mengetahui masa subur dengan menghitung menggunakan kalkulator kesuburan merupakan satu dari banyak sekali usaha agar Anda bisa segera hamil. Setidaknya, sekarang Anda tahu ternyata ada hal lain yang harus Anda lakukan sebagai langkah ikhtiar agar segera hamil.

Ada baiknya Anda mendengarkan cerita para ibu yang awalnya sulit hamil dan akhirnya bisa hamil. Banyak sekali ibu yang sharing cerita serta usaha yang mereka lakukan di forum ibu dan balita.

Author

Related

Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Post Reply