Jika Ingin Perkembangan Anak 3 Tahun Lebih Optimal, Lakukan Hal Ini

Jika Ingin Perkembangan Anak 3 Tahun Lebih Optimal, Lakukan Hal Ini

Ibu mungkin sudah melahap semua hal yang berkaitan tentang tips perkembangan anak 3 tahun. Bahkan, ibu merasa sudah menerapkan semua pengetahuan yang ibu ketahui. Ibu puas sekarang?

Banyak ibu yang justru merasa tidak puas. Mereka sudah melakukan apa yang dianjurkan oleh psikolog anak, dokter anak, dan semua ahli kesehatan anak. Namun, mereka merasa perkembangan anak kurang memuaskan.

Mulailah mereka mencari tahu apa yang harus dilakukan lagi untuk memaksimalkan tumbuh kembang anak 3 tahun. Mereka browsing di internet, mengikuti seminar parenting, dan bahkan membeli beberapa buku seputar perkembangan anak.

Semangat mereka yang perlu diacungi jempol. Sayangnya, terkadang semangat yang menggebu-gebu seperti itu membuat mereka lupa hal sepele yang justru menentukan perkembangan anak usia 3 tahun.

Hal Sepele Yang Bisa Memaksimalkan Perkembangan Anak 3 Tahun

Pernah dengar mengapa bayi sebaiknya terpapar sinar matahari pagi hari? Dengan cara inilah bayi bisa berkembang dengan baik. Namun, ini tidak hanya berlaku untuk bayi saja lho. Ini juga bagus untuk anak balita. Bahkan, orang dewasa pun sebaiknya mendapatkan sinar matahari pagi untuk menjaga kebugaran dan kesehatan mereka.

Mengapa anak harus terpapar sinar matahari? Setidaknya ada dua alasan kuat. Yang pertama, sinar matahari bisa membuat anak mendapatkan vitamin D. Ibu bisa baca buku kesehatan dan cari sumber vitamin D terbesar itu dari mana. Ternyata, vitamin D itu terbanyak berasal dari sinar matahari pagi. Akan tetapi, bukan berarti ibu tidak perlu lagi memberikan makanan yang mengandung vitamin D untuk sang buah hati. Tetap saja ibu harus menyiapkan menu makanan mengandung vitamin D. Dan untuk memastikan kebutuhan vitamin D terpenuhi, ibu harus menyiapkan 3 gelas susu Friso Gold 3 setiap hari.

Alasan kedua adalah bahwasannya sinar matahari bisa membuat sistem kekebalan tubuh semakin kuat. Kok bisa? Ibu harus tahu penjelasan selengkapnya. Sistem kekebalan tubuh tidak hanya bisa diperkuat dengan mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung probiotik saja. Sinar matahari pun memiliki peran yang sama.

Begini penjelasannya. Di dalam tubuh, ada yang disebut dengan sel T. Ini merupakan bagian dari sel darah putih. Jika ibu suka belajar tentang biologi, ibu pasti tahu apa fungsi darah putih. Fungsi utamanya adalah untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Lebih dari itu, sel darah putih juga menjadi prajurit di dalam tubuh yang siap melawan bakteri dan virus penyebab penyakit. Dan untuk meningkatkan aktivitas sel T ini, sinar matahari sangat diperlukan.

Sekarang sudah jelas kan mengapa sinar matahari bagus untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh? Dan semakin terang benderang juga bagaimana sinar matahari sangat baik untuk mengoptimalkan perkembangan balita 3 tahun.

Yang Paling Disayangkan

Aneh saja jika melihat kebiasaan orang tua saat ini. Mungkin karena kesibukan sehingga mereka sendiri jarang sekali bangun pagi dan keluar rumah untuk sekedar mendapatkan sinar matahari pagi. Bagaimana dengan anak mereka jika mereka sendiri tidak terbiasa terpapar sinar matahari pagi?

Belum lagi dengan kebiasaan lainnya seperti seorang ayah main game di dalam rumah sementara ibu main medsos atau media sosial. Anak mereka pun ikut-ikutan main game di dalam rumah ketika weekend.

Ini beberapa hal yang sangat disayangkan. Seharusnya orang tua mengajari anak mereka berbagai permaian yang bermanfaat untuk perkembangan anak. Mereka harus memiliki kegiatan yang dilakukan di luar rumah di mana tubuh mereka bisa terpapar sinar matahari.

Ibu bisa mengajak si kecil bersepeda. Atau saat weekend, ibu bisa bermain di taman terbuka dengan sang buah hati. Kegiatan seperti ini jauh lebih baik daripada hanya berdiam diri di dalam rumah.

Jika dikaitkan dengan informasi di atas tentang pentingnya sinar matahari untuk perkembangan balita usia 3 tahun, jelas banyak orang tua yang secara tidak sadar menghambat perkembangan anak. Semoga saja ibu tidak satu di antara orang tua tersebut.

Lebih dari itu, lebih banyak beraktivitas di dalam rumah juga kurang baik untuk perkembangan sosial dan mental anak. Ia cenderung tidak mudah bergaul terutama dengan orang baru. Jelas sekali ini berbahaya untuk masa depan sang buah hati.

Solusi Bagi Orang Tua Yang Bekerja

Bagi ibu rumah tangga, tentu tidak sulit untuk meluangkan waktu bermain di luar rumah bersamaan sang buah hati. Akan tetapi, ini berbeda jika ibu bekerja. Banyak ibu pekerja yang merasa tidak mampu untuk mengajak bermain di luar rumah bersama anak. Tentu saja sulit mengingat mereka harus berangkat kerja di pagi hari dan pulang di sore dan bahkan hingga malam hari.

Akan tetapi, sulit bukan berarti tidak bisa. Harus dicari solusinya. Salah satu alternatifnya adalah dengan membuat desain rumah yang bisa membuat sinar matahari masuk ke dalam rumah. Contohnya, ibu bisa mendesain halaman belakang rumah menjadi tempat bermain yang terbuka. Dengan demikian, setiap pagi hari sebelum pergi bekerja, ibu bisa mengajak si kecil bermain di sana.

Selain itu, solusi lainnya adalah meluangkan waktu di akhir pekan. Boleh-boleh saja ibu bekerja hingga sore dan bahkan malam hari. Namun, ketika akhir pekan tiba, matikah handphone ibu dan berikan seluruh waktu ibu untuk sang buah hati. Ajaklah ia bermain di luar rumah. Jika ibu benar-benar ingin melihat perkembangan anak 3 tahun optimal, seharusnya cara ini tidak sulit untuk ibu lakukan, bukan?

Author

Related

Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Post Reply