Jenis dan Tanda-Tanda Keguguran

Jenis dan Tanda-Tanda Keguguran

Bicara mengenai kehamilan yang gagal tidak pernah menyenangkan. Namun, hidup memang punya cara tersendiri dalam memberi warna. Semua orang bisa jadi berharap yang terbaik dalam menyambut calon buah hati. Tidak ada salahnya mengenali tanda tanda keguguran demi persiapkan kemungkinan terburuk.

Apa saja, sih, tanda-tanda janin terancam?

Janin tidak akan mampu bicara dengan lantang bahwa bahaya menerkam dirinya. Bunda hanya bisa merasakan kehadiran buah hati dan tidak diberi kesempatan berkomunikasi secara verbal. Namun, layaknya semua hal di dunai ini, nyaris tak mungkin terjadi begitu saja. Pastilah ada peringatan khusus yang merujuk pada suatu kejadian di masa mendatang. Bagaimana seseorang menyadari tanda tersebut merupakan urusan lain.

Keguguran juga demikian, bunda akan alami tanda yang memang menjurus. Berdasarakan studi kasus yang ada, setidaknya ada 7 sinyal keguguran yakni:

  1. Perempuan bisa jadi merasa familiar dengan sakit punggung, dan perut. Mengingat setiap bulan menstruasi datang memberi hadiah berupa kram perut. Ternyata, saat perempuan keguguran, perasaan yang sama akan tiba. Bedanya, kram perut begitu menyiksa hingga bunda kesulitan bertahan.
  2. Janin sudah sepatutnya tumbuh setiap harinya. Pada kehamilan normal bunda akan mendapati timbangan terus bertumbuh. Alih-alih merasa tidak percaya diri, bunda harusnya bersyukur. Apabila bunda mengalami penurunan berat badan, bisa jadi kondisi janin sedang bermasalah.
  3. Kontraksi sudah sepantasnya terasa di usia kehamilan tua. Terlebih pada bunda yang sudah siap melahirkan si kecil, wajar saja bila kontraksi semakin terasa dan kuat setiap harinya. Justru, bunda harus curiga kalau tidak ada kontraksi atau malah kontraksi terjadi di bawah trimester tiga.
    Perempuan yang akan keguguran akan merasakan kontraksi tidak wajar. Dalam artian, selama beberapa menit sekali kontraksi akan datang dan pergi. Segera periksakan pada ahlinya kalau hal ini pernah menimpa bunda.
  4. Tanda-tanda kehamilan adalah cara tubuh berkomunikasi dengan manusia. Mual muntah memang tidak menyenangkan, tapi jangan lupa kalau tanda tersebut meyakinkan bunda bahwa semuanya dalam keadaan lancar sejahtera. Jangan sampai bunda merasa aman karena tak rasakan tanda kehamilan padahal bisa jadi artinya janin sudah tiada.
  5. Bercak di celana dalam bisa berarti dua hal: Janin hidup atau janin sekarat.
    Mari dijabarkan lebih lanjut. Secara ilmiah, keberadaan janin dalam rahim akan timbulkan luka di area rahim. Sangatlah wajar bila darah keluar dalam bentuk bercak. Kemungkinan kedua jauh berbeda meski gejalanya sama. Saat janin gugur, maka tubuh akan menyisakan calon buah hati berupa darah yang muncul di luar.

Apa saja jenis keguguran?
Keguguran banyak ragamnya. Memang ending atau akhiran selalu sama yakni calon buah hati gagal hadir. Rasa sakit di hati membekas hingga ke depan atau trauma wajar saja terjadi. Tapi harap diingat bahwa bunda yang pernah alami keguguran tidak sendirian. Bahkan terdapat 4 jenis keguguran yang mungkin menimpa perempuan kurang beruntung, yaitu:

  1. Keguguran Ancaman
    Bunda yang terancam keguguran masih bisa diselamatkan, meskipun kemungkinan sangatlah tipis. Salah satu cirinya adalah keluar flek dengan darah menggumpal yang disertai rasa sakit. Ini dia kata kunci penting yakni ‘sakit’.
    Perbedaan antara flek biasa dengan flek akibat keguguran terletak pada reaksi tubuh. Apabila sekedar flek akibat pendarahan di dinding rahim, maka dapat dipastikan hanyalah proses tubuh biasa. Akan tetapi kalau disertai kram perut dan punggung yang teramat nyeri, mungkin bunda harus berpikir ulang dalam menenangkan diri.
  2. Keguguran Tak dapat terhindari
    Membiarkan piring kotor tergeletak tanpa sabun atau direndam akan berujung kotoran mengeras. Begitu pula dengan kondisi kehamilan yang terganggu namun dibiarkan begitu saja. Ada baiknya bunda mulai ubah pola pikir untuk tidak mengambil resiko dan selalu bicara dengan ahlinya.
    Sesuai namanya, keguguran yang tak dapat dihindari sangat sulit dicegah. Bagaikan memasukkan odol ke dalam wadah, nyaris mustahil. Serviks terbuka lebar dengan getaran hebat terasa di dalam. Bahkan, meski keguguran berhasil dicegah, bunda akan mengalami rasa sakit perut seolah kram menstruasi berlapis.
  3. Keguguran tuntas
    Jenis keguguran ancaman masih bisa diatasi, tak dapat terhindari kian sulit, namun tuntas sama sekali tidak berikan harapan pada bunda yang tak beruntung.
    Berbeda dengan tipe keguguran lain, keguguran tuntas terjadi sangat cepat tanpa pemberitahuan. Gampangnya, janin seolah larut dalam tubuh secara menyeluruh hingga tidak ada lagi yang tersisa. Umumnya bunda bisa memastikan keguguran tipe ini setelah minum obat penggugur sekaligus tes ultra sound.
  4. Keguguran tak disadari
    Berdasarkan namanya saja, mungkin beberapa menganggap tidak mungkin bunda tak sadar kalau sedang keguguran. Kenyataannya, ada beberapa kasus menunjukkan bunda sama sekali tidak tahu janin dalam kandungan berhenti bernafas hingga terlambat.
    Gejala keguguran yang telah dijelaskan sebelumnya tak berlaku pada keguguran tak disadari. Bunda benar-benar tidak akan rasakan apapun sampai dokter vonis bahwa nafas janin telah berhenti. Inilah mengapa kontrol secara rutin sangatlah penting, tidak hanya demi menjaga pertumbuhan namun memastikan jantung janin masih berdetak.

Mencegah keguguran merupakan konteks yang sangat luas. Ada banyak tips dari berbagai macam pakar yang bisa membantu bunda hindari hal tak diinginkan satu ini. Sejatinya dengan mengetahui tanda tanda keguguran ayah bunda bisa memicu diri untuk berusaha lebih keras mempertahankan kandungan, kalau memang kehadiran buah hati dalam rumah tangga diharapkan.(HN)

Author

Related

Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Post Reply