Inspirasi Dekorasi Ulang Tahun Anak Mancanegara

Inspirasi Dekorasi Ulang Tahun Anak Mancanegara

Ulang tahun, suatu acara yang banyak dinanti orang-orang terutama mereka yang masih berusia belia. Sebagai orang tua yang memang sayang anak, tentu ingin memberikan memori masa kecil terbaik untuk buah hatinya. Tak heran, beberapa pasangan menyempatkan diri menyusun anggaran termasuk biaya dekorasi ulang tahun anak guna memastikan kemeriahan pesta dapat dikenang di masa mendatang.

Pelaku bisnis tanah air tentu tidak ingin melewatkan kesempatan, ‘dimana ada uang, disitu ada saya’ itulah moto hidup para pemburu keuntungan. Beragam konsep acara ulang tahun lengkap dengan ‘pasukan’ pelaku acara ditawarkan. Patokan harga sudah tak beraturan, tak menutup kemungkinan pesta ulang tahun anak bagaikan realisasi mimpi masa kecil bisa saja terjadi.

Kreativitas menjadi kunci utama dalam memberi kesan yang baik. Bayangkan saja ulang tahun yang beda, tentu sangat menyenangkan ketika harus kilas balik lewat album foto atau media lainnya. Sebenarnya ulang tahun merupakan tradisi suci, yang telah tertanam dalam budaya leluhur manusia. Nah, sebelum memutuskan tema ulang tahun seperti apa si kecil, yuk, simak acara ulang tahun mancanegara berikut ini.

1. Mana takdirmu?
Cina, terkenal dengan bangsanya yang kokoh, dan kuat. Bisnis dan ekonomi negara Cina bisa terbilang menakjubkan, dengan segala peningkatan dan kemampuan strategis. Dibalik sinar glamor Cina, terdapat rangkaian tradisi anak penuh makna yang masih dilakukan sebagian besar orang tua.

Acara dimulai dengan bayi duduk di hadapan beragam objek. Kalau melihat sisi tradisional setidaknya ada kuas kaligrafi, seledri, dan beras. Setiap objek tersebut menandakan 3 aspek kehidupan manusia, yang entah salah satu menjadi dominan atau seimbang. Kaligrafi menandakan ilmu pengetahuan, seledri usaha keras, dan beras sebagai uang.

Ilmu pengetahuan berarti obsesi anak di masa depan akan terletak pada ilmu dibanding faktor lain. Anak akan tumbuh menjadi seorang ilmuan, guru, atau orang terhormat lainnya yang tidak mementingkan uang atau usaha keras. Usaha keras yakni seledri berarti anak tidak gampang menyerah dan selalu berusaha semaksimal mungkin guna mencapai tujuan walaupun bakatnya sangat sedikit. Beras pertanda uang, tentu sudah sangat jelas, anak ingin kaya raya.

Sekilas, upacara satu ini tidak terdengar menarik, padahal cukup menguntungkan dan berkesan. Bunda dan ayah bisa modifikasi dengan menggunakan objek lain yang bisa menjadi simbol suatu hal. Walau hanya sekedar acara penghias, tetap saja ketika anak dewasa dan melihat masa lalu, pilihannya cukup menarik untuk jadi topik pembicaraan.

2. Terlahir kembali
Rambut telah menjadi mahkota seseorang selama bertahun-tahun. Bahkan, kenangan dan nasib seseorang seolah tersimpan di sela rambut. Kalimat semacam ‘potong rambut buang sial’ sudah pasti pernah terdengar walaupun hanya sekali. Memang dengan potong rambut saja, penampilan bisa berubah seratus delapan puluh derajat, mungkin karena inilah rambut sering dikaitkan dengan perubahan.

Tradisi Jawa dan hindu punya cara merayakan ulang tahun anak yang agak mirip. Anggapan bahwa memotong rambut berarti melahirkan seseorang kembali adalah filosofi mendasar dari acara ini. Bayi atau anak yang berulang tahun mendapat kesempatan memulai gaya rambut baru, toh rambut lama akan dipangkas habis.

Biasanya pesta hanya berfokus pada dekorasi ruang. Padahal, anak sebagai pelaku ulang tahun juga berhak mendapat kesempatan untuk menjadi pusat perhatian. Memotong gundul anak tentu memberi penampilan baru, dan tambahan menarik untuk foto album nantinya.

3. Nasi tumpeng
bicara kuliner lezat, sudah pasti warga Indonesia maju pertama. Kekayaan alam dan rempah-rempah yang menyedot perhatian mancanegara ini telah berhasil membuat kebanyakan masakan Indonesia begitu menggoyang lidah. Bahkan, potensi kuliner tanah air sangat mungkin untuk berkembang.

Salah satu jenis hidangan yang paling banyak memakai rempah-rempah dan bahan makanan mahal seperti ayam terletak pada nasi tumpeng. Nasi kuning dengan macam lauk dibawahnya sering menjadi salah satu yang dekorasi tradisional dalam acara penting, termasuk ulang tahun. Nasi tumpeng sebagai simbol kekayaan, dan kesejahteraan juga menguntungkan kalau sudah masuk waktu makan.

Biasanya rasa syukur ulang tahun diungkapkan dengan kue dan lilin. Budaya kue dan lilin mungkin terdengar kreatif tapi terlalu banyak pelakunya, kue dan lilin jadi biasa. Buat dekorasi ulang tahun unik dengan memakai nasi tumpeng sebagai gambaran rasa syukur ayah bunda. Kalau berkenan, saat ini sudah banyak nasi tumpeng dalam bentuk kreatif.

4. Barbeque unik ala Hawaii Nigeria
Namanya ulang tahun tidak lengkap kalau tidak ada acara makan. Cara terbaik merebut hati seseorang melalui perut tentu kutipan yang sangat tepat dalam hal ini. Bahkan bisa dibilang sebagian besar acara penting selalu memasukkan makan bersama dalam daftar acara. Kenapa ayah bunda tidak buat acara makan yang unik saja?

Masyarakat Hawaii dan Nigeria memang jagoan kalau sudah masalah makan untuk pesta. Bayangkan saja, BBQ (barbeque) yang diadakan bukan sekedar membakar daging dan sayur dalam bentuk sate, melainkan menggunakan binatang utuh. Bahkan, dalam acara ulang tahun Nigeria, adanya sapi dipanggang utuh sudah jadi hal yang sangat biasa.

Tenang, bunda dan ayah tidak harus ekstrem sampai menggunakan hewan besar. Gunakan saja versi Hawaii yang mirip namun lebih sederhana. Hewan-hewan yang digunakan masih dalam ukuran lebih kecil. Supaya lebih menarik, ayah bunda bisa memakai dekorasi ulang tahun anak nuansa Hawaii dan berlokasi di dekat pantai, hmm.. seru!

Author

Related

Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Post Reply