Inilah Cara Pria Dalam Meningkatkan Kesuburan Untuk Mendukung Program Kehamilan!

Inilah Cara Pria Dalam Meningkatkan Kesuburan Untuk Mendukung Program Kehamilan!

Meningkatkan kesuburan kadang diperlukan oleh seorang pria dan wanita. Khususnya bagi Anda yang merencanakan program kehamilan. Tahukah Anda bagaimana cara melakukannya?

Infertilitas atau masa tidak subur menjadi penghalang dalam mendukung kehamilan. Masing-masing pihak perlu menanganinya bila masalah terjadi. Artinya, bukan hanya pihak wanita saja, tetapi pihak pria juga harus melakukannya.

Faktanya, hampir 15% pasangan memiliki masalah pada kesuburannya. Tidak salah bila banyak pasangan yang terlalu lama menunggu kelahiran anak di tengah keluarganya. Tentunya sampai infertilitasnya telah ditangani.

Di sini, kami akan tunjukkan bagaimana cara mengembalikan kesuburan pria. Pastinya, cara ini bersifat alami tanpa obat-obatan. Tapi sebelumnya, mari pahami dulu apa saja penyebab pria mengalami infertilitas.

Penyebab Pria Mengalami Infertilitas

Bukan hanya wanita yang mengalami ketidaksuburan. Tetapi, pasangan lelaki juga rentan mengalami masalah yang sama. Salah satu pihak yang mengalami ketidaksuburan akan menghambat terjadinya pembuahan di dalam rahim.

Pembuahan yang tidak terjadi menjadi penghalang bagi pasangan untuk mendapatkan momongan. Ini yang harus diperhatikan. Makanya, masing-masing pasangan juga harus melihat apakah pasangan mengalami masalah kesuburan atau tidak.

Mengenai infertilitas pada pria, ada berbagai penyebab mengapa pria bisa mengalami hal tersebut. Diantara penyebabnya adalah sebagai berikut ini.

  • Merokok di tiap harinya

Merokok adalah kebiasaan buruk yang berdampak pada kesehatan pelakunya. Bukan hanya pelaku yang akan terkena imbasnya. Bahkan orang yang ada di sampingnya juga akan mengalami masalah yang sama.

Kebiasaan ini membuat reproduksi pria menurun. Kualitas sperma menjadi menurun, dan tidak mampu bertahan lama setelah keluar dari reproduksi lelaki.

Kebiasaan buruk lain yang bisa membuat reproduksi lelaki menurun adalah menenggak minuman keras. Minuman ini sama berbahayanya dengan rokok. Oleh karenanya, wajib bagi Anda untuk mengindari kebiasaan tersebut.

  • Kepanasan di area organ intim lelaki

Lelaki memiliki resiko besar mengalami infertilitas jika area intim sering kepanasan. Sperma tidak terjaga kualitasnya, bahkan mengalami penurunan jumlah. Contohnya adalah bila lelaki sering berendam di air panas.

Selain itu, kebiasaan menempatkan laptop di bagian atas area lelaki juga bisa menyebabkan hal yang sama. Efek radiasi panas ini membuat produksi sperma tidak bagus. Akibatnya, muncullah infertilitas.

  • Asupan nutrisi tidak sehat

Penyebab infertilitas pria yang paling banyak terjadi akibat malnutrisi. Ini merupakan kondisi dimana sejumlah nutrisi dari makanan tidak didapatkan dengan sempurna. Dengan kata lain, makanan sehat tidak dikonsumsi oleh pasangan lelaki.

  • Stres berlebihan

Sistem reproduksi pria akan terpengaruh bila pria sering mengalami stress. Stress berlebihan menyebabkan tubuh mengeluarkan bahan kimia buruk. Sebaliknya jika tidak, bahan kimia baik yang akan dilepaskan oleh tubuh.

Cara Mengembalikan Kesuburan Pria

Menyadari akan banyaknya hal yang menyebabkan pria mandul, maka tidak salah bila Anda wajib menghindarinya. Jika terlanjur terjadi, Anda perlu mengambil tindakan pasti. Yaitu menerapkan cara meningkatkan kesuburan pria.

Mengenai caranya, para pria tidak perlu khawatir. Caranya terbilang sederhana sehingga pria manapun bisa mempraktekkannya. Ketekunan dan kemauan keras untuk mengatasi masalah infertilitas adalah kuncinya. Mengenai caranya bisa dilihat di bawah ini.

  • Biasakan konsumsi makanan sehat

Tidak diragukan jika kesuburan lelaki didapatkan dari makanan. Makanan yang dicerna oleh kaum lelaki akan diambil sarinya. Sari inilah yang kemudian menjadi bahan pembentuk sperma yang berkualitas.

Sperma yang bagus memiliki jumlah jutaan dalam tetesannya. Jika kandungannya tidak sampai, bisa dikatakan kalau sperma mengalami penurunan. Untuk itulah, dibutuhkan makanan yang baik untuk kesuburan pria.

Diantara jenis makanan yang baik adalah kacang almond, madu, wortel, sayuran hijau dan lain sebagainya.

Kacang almond dikatakan bagus lantaran mengandung vitamin E. Vitamin inilah yang berperan sebagai penjaga kualitas DNA dalam sperma. Begitu pula dengan madu. Madu punya manfaat untuk mendukung kinerja sistem reproduksi.

Sementara wortel bermanfaat untuk menjaga sperma tetap hidup saat berenang mencapai sel telur. Manfaat ini didapatkan oleh kandungan karotenoid. Dan sayuran hijau punya peran dalam menjaga sekaligus meningkatkan jumlah dan kualitas sperma.

  • Biasakan rileks

Meningkatkan kesuburan pria bisa dilakukan dengan menghindari stress secara berlebihan. Stress menyebabkan suasana hati tidak menyenangkan. Ini memiliki pengaruh besar pada kesehatan dan hormon di dalam tubuh.

Keadaan stress secara medis akan membuat pelepasan glucocorticoids aktif. Aktifnya glucocticoids membuat hormon testosterone berkurang. Bahkan ini menjadi langkah awal mengapa produksi sperma menjadi semakin buruk.

Menyadari akan hal ini, langkah wajib yang perlu dilakukan pria adalah menangani masalah tersebut. Caranya bisa dengan membiasakan rileks, bepergian ke tempat yang menyenangkan dan lain sebagainya. Tujuannya adalah untuk menghilangkan stress.

  • Hentikan kebiasaan buruk merokok dan minum alkohol

Diantara sebab mengapa kesuburan pria menurun adalah merokok dan minuman keras. Keduanya memberikan racun di dalam tubuh. Akibatnya, kondisi tubuh akan terpengaruh.

Untuk meningkatkan fertilitas pria, mau tidak mau Anda wajib menghindari kebiasaan di atas. Jika tidak, kondisinya akan terus memburuk. Bahkan menyebabkan pria impotensi.

  • Olahraga lebih teratur

Cara terakhir yang bisa pria lakukan untuk mengembalikan fertilitas adalah olahraga secara teratur. Olahraga baiknya dilakukan dengan intensitas sedang, namun lebih teratur.

Fakta membuktikan jika olahraga sedang dan teratur akan meningkatkan kualitas sperma lelaki. Bahkan olahraga seperti jauh lebih baik dibandingkan orang yang berlari marathon dengan intensitas tinggi.

Kesimpulannya, dukung kehamilan dengan memastikan kesuburan diri. Diantaranya adalah dengan menjaga asupan makanan, rajin olahraga dan hindari kebiasaan buruk yang membuat kesehatan menurun. Jadi, apakah Anda sudah berupaya untuk meningkatkan kesuburan?

Author

Related

Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Post Reply