Inilah Alasan Bayi Menolak ASI Serta Cara Menanganinya!

Inilah Alasan Bayi Menolak ASI Serta Cara Menanganinya!

Tahukah Anda mengenai alasan bayi menolak ASI yang diberikan? Penolakan seperti ini perlu segera ditangani agar anak bisa tumbuh maksimal.

Menyusui adalah proses baru dari ibu setelah melahirkan. Kadang menimbulkan sensasi baru, membuat ibu tidak nyaman. Ketidaknyamanan ibu dalam memberikan ASI juga berpengaruh dengan apa yang dirasakan oleh anak. Ini menjadi salah satu alasan kenapa bayi tidak mau minum ASI yang disusukan oleh Ibu. Lalu, apa hanya itu saja?

Tentu saja tidak. Masih banyak alasan yang melatarbelakangi anak tidak mau minum ASI. Di sini, kami akan tunjukkan pada Anda alasannya, kemudian bagaimana cara menanganinya.

Alasan Bayi Tidak Mau Minum ASI

Pertumbuhan bayi ditentukan oleh asupan nutrisi yang diberikan. Untuk bayi yang baru lahir, ASI menjadi makanan pokok.

Masalahnya, kadang bayi tidak mau menyusu. Apa sih alasannya? Alasannya adalah sebagai berikut ini.

  • Bayi mengalami masalah kesehatan

Salah satu alasan kenapa bayi menolak ASI adalah telah bermasalah dengan kesehatannya. Contohnya adalah menderita sariawan.

Sariawan merupakan salah satu permasalahan yang terjadi pada mulut bayi. Rasa sakit yang dirasakan oleh bayi membuat bayi enggan minum ASI.

  • Posisi menyusui yang tidak nyaman

Selain bayi sedang sakit, alasan lainnya adalah proses menggendong bayi yang membuat bayi tidak nyaman.

Ketidaknyamanan bayi saat proses menyusu membuatnya menolak. Bahkan terkadang memilih payudara sebelah saja.

Jika diberikan asi dari payudara sebelahnya, maka bayi cenderung menolak. Yang terparah, asi akan dimuntahkan oleh bayi.

  • Pemberian susu melalui dot

Normalnya, ada ibu yang memberikan ASI melalui alat semacam dot. Pemanfaatan ini memang kadang membuat dilemma.

Bila Anda adalah seorang wanita karir, mau tidak mau Anda perlu memanfaatkan alat tersebut dalam memenuhi kebutuhan bayi.

Sementara bila sedang tidak bekerja, ibu biasanya akan memberikan ASInya langsung dari payudara.

Namun begitu, kadang anak akan menolak pemberian asi secara langsung lantaran telah terbiasa dengan dot.

  • Gigi anak baru tumbuh

Satu lagi alasan mengapa bayi menolak ASI adalah gigi baru sedang tumbuh. Tumbuhnya gigi baru ini biasanya membuat anak sakit.

Kondisi seperti ini memang sangat normal. Karena bayi merasakan sakit pada bagian mulutnya. Alhasil, anak akan menahan diri untuk minum ASI lantaran menahan sakitnya.

  • Bayi tidak nyaman dengan kondisi tubuh atau lingkungan

Ketidaknyamanan keadaan bayi juga memicu bayi untuk tidak minum asi. Keadaan ini dicontohkan dengan belum digantinya popok bayi.

Popok yang basah, tidak menyerap cepat membuat bayi tidak merasa nyaman. Alhasil, pemberian asi ditolak oleh bayi.

Begitu pula jika anak disusui di lingkungan yang panas. Bayi cenderung akan menolak lantaran merasa tidak nyaman dengan suasananya.

Sebenarnya masih banyak sekali alasan bayi tidak mau menyusu ibunya. Diantaranya adalah rasa ASI yang agak masam lantaran ibunya keseringan makan jeruk, kemudian aliran asi cukup deras.

Solusi Untuk Bayi Yang Menolak ASI

ASI memang harus diberikan, terutama jika bayi baru dilahirkan sampai usia 6 bulan kedepan. Baru setelahnya, Anda bisa memberikannya secara bertahap dengan bantuan makanan pendamping.

Bagi anak yang menolak ASI, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengatasinya. Solusinya adalah sebagai berikut!

  • Jaga kesehatan bayi

Ketika bayi mengalami masalah kesehatan seperti terjadi sariawan, maka langkah yang harus Anda ambil adalah menangani masalahnya terlebih dahulu.

Anda bisa memeriksakan pada dokter ahli. Kalau memang tidak memungkinkan mendapatkan pengobatan, Anda bisa memberikannya secara perlahan-lahan. Tentunya ketika bayi ingin makan.

  • Susuilah dengan posisi yang tepat

Ketika menyusui, Anda perlu membiasakan posisi yang berbeda. Tentunya yang memberikan kenyamanan ibu dan anaknya.

Hal ini berlaku pada posisi menggendong yang bervariasi. Posisi ini memungkinkan anak untuk bisa menyusu pada payudara bagian kiri dan kanan.

  • Biasakan memberikan ASI melalui payudara ibu

Pada beberapa kasus, anak dibiasakan untuk minum susu dari dot. Entah itu ASI yang diperah, atau susu formula.

Pemberian susu melalui dot ini menjadikan anak terbiasa. Kemudian bayi cenderung akan menolak pemberian asi melalui payudara ibu.

Jika Anda tidak mau melihat kenyataan ini, lebih seringlah memberikan ASI melalui payudara.

Pembiasaan ini akan dikenali langsung oleh anak. Dan ketika anak didekatkan pada puting, maka anak akan minum ASI secara otomatis.

  • Susuilah anak di lingkungan yang nyaman

Lingkungan yang nyaman, bebas dari panas membuat anak mudah untuk disusui. Karena keadaan tersebut membuat anak jauh lebih nyaman, dan siap untuk makan.

Dengan kata lain, Anda perlu memilih tempat yang memberikan kenyamanan. Tempat yang nyaman ini bisa dirasakan oleh ibu sendiri.

Kemudian yang tak kalah penting, selalu jaga kondisi anak dari keadaan tidak menyenangkan. Contohnya adalah jaga keringnya popok.

Keringnya popok membuat anak semakin bebas, tidak merasakan suasana tidak nyaman dalam hal bergerak. Dan ini menjadi cara yang baik untuk membuat anak mau menyusu kembali.

  • Berikan ASI dengan perlahan

Ketika bayi giginya baru tumbuh, maka cara terbaik adalah memberikan ASI dengan perlahan-lahan.

Ibu perlu memahami apa yang dirasakan bayi. Mulai dari pemberian asi yang baik, dilakukan perlahan-lahan agar rasa sakit pada giginya tidak terlalu dirasakan oleh bayi.

Demikianlah ulasan mengenai alasan bayi menolak ASI serta beberapa cara yang bisa ibu lakukan untuk menangani masalah sulitnya anak untuk menyusu. Intinya, jauhkan bayi dari hal-hal yang membuat bayi enggan minum ASI.

Author

Related

Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Post Reply