Hal Yang Perlu Diperhatikan Oleh Pasangan Muda Ketika Melakukan Persiapan Kehamilan

Hal Yang Perlu Diperhatikan Oleh Pasangan Muda Ketika Melakukan Persiapan Kehamilan

Banyak pasangan muda yang akhirnya melakukan persiapan kehamilan. Alasannya sederhana. Mereka ingin segera mendapatkan momongan.

Pada kenyataannya, banyak sekali pasangan muda yang sudah bertahun-tahun menikat tidak segera mendapatkan momongan. Hal ini bisa disebabkan oleh banyak sekali faktor. Namun, menurut penelitian, gaya hidup yang kurang sehat menjadikan banyak pasangan suami istri yang sulit mendapatkan momongan.

Oleh sebab itu, sekarang ini banyak sekali program persiapan kehamilan yang dirancang oleh dokter atau ahli kesehatan kandungan. Pada intinya, program tersebut dibuat untuk memastikan pasangan suami istri memiliki kesiapan secara fisik dan mental untuk segera mendapatkan momongan.

Sebenarnya Anda bisa saja mengikuti program persiapan kehamilan dari dokter. Akan tetapi, secara umum, berikut ini beberapa hal yang harus Anda lakukan dalam mempersiapkan kehamilan.

Minum Susu Persiapan Kehamilan

Mungkin Anda tidak percaya jika ada susu yang diformulasikan untuk mempersiapkan kehamilan. Ini benar-benar ada dan berhasil. Ini merupakan susu yang kandungannya disesuaikan dengan kebutuhan nutrisi wanita pra kehamilan. Seperti contoh, susu tersebut mengandung asam folat. Ini merupakan kandungan yang sangat dibutuhkan oleh wanita yang ingin segera hamil. Asam folat dianggap sebagai kandungan yang mempercepat proses pembuahan. Jadi, apakah Anda mau minum susu pra hamil?

Makan Ikan Yang Banyak

Selain asam folat, omega 3 juga sangat penting untuk mempersiapkan kehamilan. Dan omega 3 ini banyak ditemukan pada seafood. Itulah mengapa Anda sebaiknya lebih banyak makan ikan laut jika Anda ingin sekali segera hamil.

Meskipun demikian, tidak semua ikan laut itu bagus untuk Anda konsumsi lho. Ada beberapa ikan laut yang menurut para ahli kesehatan sebaiknya dihindari, antara lain ikan hiu, king marcekel, dan ikan todak.

Selain itu, perlu diketahui juga pada tubuh ikan terdapat merkuri. Hampir semua ikan mengandung merkuri. Merkuri inilah yang kurang baik untuk Anda. Untuk itu, sebaiknya Anda memilih ikan laut yang usianya tidak terlalu tua. Dengan harapan kandungan merkurinya tidak terlalu tinggi.

Namun, yang paling penting lagi adalah cara memasaknya. Merkuri sebenarnya bisa dihilangkan asalkan ikan dimasak benar-benar matang. Hindari mengkonsumsi ikan laut yang hanya dipanggang saja. Sebaiknya, ikan lebih dahulu di bersihkan dan kemudian di goreng hingga benar-benar matang. Dengan demikian, kandungan merkurinya bisa benar-benar dihilangkan.

Mengikuti Senam

Ini seharusnya menjadi bagian dari program persiapan hamil. Banyak pasangan yang mengkonsumsi obat atau ramuan yang katanya bisa membuat subur. Hal tersebut menjadi sia-sia saja jika kondisi kesehatan tubuh kurang fit. Akan lebih baik jika Anda mengikuti program kebugaran. Ikuti senam aerobik yang biasanya dilakukan secara berkelompok. Dengan menjaga kebugaran, maka potensi untuk hamil akan semakin tinggi.

Sebenarnya, tidak hanya senam saja yang bisa Anda ikuti. Anda bisa melakukan olahraga apa saja asalkan bisa menjaga kebugaran tubuh Anda. Anda bisa bersepeda, berenang, berlari santai, dan lain sebagainya. Asalkan itu untuk menjaga kebugaran, maka hal tersebut sangat disarankan untuk Anda lakukan.

Menjaga Kesehatan Gigi

Apa hubungannya antara persiapan kehamilan dengan kesehatan gigi? Sekilas tidak ada hubungannya. Namun, ternyata ada kaitan yang kuat antara kesehatan gigi dengan kehamilan.

Saat Anda melakukan program persiapan hamil, produksi hormon progesteron dan estrogen meningkat. Ini menjadi kabar yang baik karena dengan naiknya dua hormon tersebut maka potensi Anda untuk hamil semakin tinggi. Namun, di sisi yang lain, Anda lebih rentan terkena penyakit gusi berdarah. Dan jika ini terjadi, kemungkinan ada bakteri yang menyerang gigi dan ini juga kurang baik untuk kesehatan ibu secara umum. Biasanya, orang yang mengalami sakit gigi menjadi kurang semangat karena sakit gigi yang ia alami mempengaruhi kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Oleh sebab itu, saat Anda sedang mempersiapkan kehamilan, sebaiknya Anda juga lebih fokus untuk menjaga kesehatan gigi. Jika perlu, Anda bisa lebih rutin pergi ke dokter gigi untuk membersihkan plak yang mungkin ada pada gigi Anda. Ini bisa dijadikan sebagai langkah yang sangat efektif untuk mencegah sakit gigi atau mengalami gusi berdarah.

Lebih Banyak Waktu Dengan Pasangan

Karena Anda dan pasangan Anda ingin sekali segera menimang sang buah hati, maka Anda harus sedikit berkorban. Hilangkan ego masing-masing. Lupakan kebiasaan begadang dengan teman. Harus lebih banyak waktu untuk bersama pasangan.

Ternyata, meluangkan banyak waktu dengan pasangan ini berimbas pada hal yang positif. Kebiasaan buruk berkurang seperti begadang di luar, minum kopi, mengkonsumsi alkohol, dan lain sebagainya. Sementara itu, quality time bersama pasangan semakin banyak.

Pada intinya, faktor yang paling sering menjadikan pasangan tidak segera mendapatkan momongan adalah gaya hidup yang kurang sehat. Dengan memperbanyak waktu bersama pasangan, diharapkan lifestyle yang kurang sehat bisa dikurangi atau bahkan dihilangkan sama sekali.

Sekarang Anda sudah tahu apa yang harus Anda lakukan, bukan? Atau barangkali Anda masih belum yakin dan ingin bertanya langsung dengan pakarnya, silakan kunjungi www.ibudanbalita.com. Di sana ada fasilitas konsultasi secara online dengan pakar. Anda bebas bertanya apa saja, tak terkecuali tentang bagaimana agar Anda segera bisa hamil. Atau mungkin Anda ingin bertanya tentang waktu yang tepat untuk berhubungan suami istri? Pasalnya ada waktu di mana seorang wanita sedang dalam puncak masa subur sehingga ia akan mudah sekali hamil. Silakan tanyakan apa saja terkait dengan persiapan kehamilan.

Author

Related

Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Post Reply