Hal Kecil Yang Bisa Membuat Bayi Sehat Selalu

Hal Kecil Yang Bisa Membuat Bayi Sehat Selalu

Perawatan yang tepat dan sesuai dengan apa yang dianjurkan oleh ahli kesehatan akan membuat bayi sehat dan tumbuh dengan baik. Ini yang pasti akan ibu lakukan. Sayangnya, perawatan bayi tidak hanya sekedar bagaimana memandikan bayi, bagaimana menyusui yang tepat, bagaimana membuat bayi tidur nyenyak, dan lain sebagainya. Ini juga terkait dengan bagaimana cara agar si kecil terhindar dari masalah kesehatan.


Coba ibu sebutkan masalah kesehatan apa yang sering dialami oleh bayi? Alergi, biang keringat, demam, pilek, dan batuk menjadi beberapa masalah kesehatan yang mengancam kesehatan bayi. Tidak ada cara yang tepat selain melakukan sesuatu untuk menghindarkan si kecil dari masalah-masalah kesehatan tersebut.

Apa yang harus ibu lakukan? Hampir semua hal sudah terpikirkan dan sudah ibu lakukan mulai dari memberikan ASI yang banyak agar kekebalan tubuhnya kuat dan mengenakan pakaian yang lembut, serta menjaga kebersihan lingkungan rumah. Namun, satu hal kecil ini juga tak kalah penting untuk ibu perhatikan, yaitu menjaga kebersihan kuku.

Mengapa Menjaga Kebersihan Kuku Bayi Penting

Ada resiko yang berbahaya jika kuku bayi tidak dibersihkan secara rutin. Yang pertama, bayi bisa melukai dirinya sendiri. Kuku yang panjang cenderung akan membuat bayi melukai dirinya sendiri. Ia tidak sengaja akan mencakar bagian tubuhnya sendiri.

Memang ada solusinya, yaitu memakaikan sarung tangan. Namun, tahukah ibu jika hal ini sebenarnya tidak terlalu dianjurkan? Bayi yang sering dipakaikan sarung tangan akan membuat perkembangan telapak tangannya sedikit terhambat. Telapak tangan bisa digunakan untuk meraba dan beradaptasi dengan udara di sekitar. Bagaimana bisa berkembang jika ibu memakaikan sarung tangan? Oleh sebab itu, akan lebih baik jika ibu memotong kuku bayi daripada memakaikan kaos tangan jika alasannya ibu tidak ingin bayi ibu melukai dirinya sendiri.

Selain itu, kuku merupakan sarang kuman. Walaupun bayi ibu belum bermain tanah dan belum bisa memegang apapun, bukan tidak mungkin kuman tidak bisa bersembunyi di balik kuku yang panjang. Kesehatan bayi akan terganggu jika ada kuman pada kuku. Apalagi jika bayi ibu cenderung suka memasukkan tangannya ke dalam mulut. Ketika ada bakteri atau kuman, kemungkinan bakteri atau kuman tersebut akan masuk ke dalam tubuh bayi. Dan kesehatan sang buah hati akan bermasalah.

Oleh sebab itu, agar bayi sehat, ibu harus menjaga kebersihan kuku dengan cara secara rutin memotong kuku. Mungkin ibu harus memotong kuku dua sampai tiga kali setiap minggu mengingat kuku bayi cepat sekali memanjang.

Mengapa Kuku Bayi Cepat Panjang

Jika ibu perhatikan lebih jelas, bagian tubuh bayi mana yang tumbuh lebih cepat? Ternyata bagian kuku. Hal ini dipengaruhi oleh hormon pertumbuhan pada bayi.

Namun, tidak itu saja yang menjadi penyebab mengapa kuku bayi cepat panjang. Ini juga dipengaruhi oleh posisi kuku yang bisa dikatakan berada di paling ujung tubuh. Dengan demikian, pertumbuhannya lebih jelas terlihat.

Bahkan, jika dibandingkan dengan anak dan orang dewasa, kuku bayi juga tetap lebih cepat tumbuh. Hal ini disebabkan hormon pertumbuhan yang lebih banyak tersalurkan untuk pertumbuhan bagian tubuh tertentu, terutama kuku. Berbeda dengan anak-anak dan orang dewasa di mana hormon pertumbuhannya cenderung menurun jika dibandingkan ketika masih bayi. Selain itu, hormon tersebut digunakan untuk perkembangan fisik secara keseluruhan seperti halnya pertumbuhan tulang.

Tidak Boleh Memotong Kuku Bayi Usia Di Bawah 40 Hari

Apakah ibu pernah dengar bayi usia di bawah 40 hari kukunya tidak boleh dipotong? Itu hanya mitos saja. Jika ibu harus menunggu hingga usia bayi 40 hari baru kemudian ibu boleh memotong kuku, maka kuku bayi akan panjang dan tajam. Bukan tidak mungkin kuku tersebut akan melukai anggota tubuh bayi sendiri.

Jadi, ibu tidak perlu percaya dengan hal tersebut. Itu hanya mitos. Ibu harus lebih utamakan bagaimana kesehatan bayi selalu terjaga. Salah satunya adalah dengan memotong kuku secara rutin. Jangan tunggu kuku panjang.

Hati-Hati Memotong Kuku Bayi

Ibu harus tahu kuku bayi sangat lunak dan tipis. Salah sedikit saja ibu bisa melukai bagian kulit jari. Untuk menghindari hal tersebut, ada beberapa tips aman memotong kuku bayi.

  • Memotong Kuku Saat Bayi Tidur

Terkadang, sulit sekali memotong kuku bayi yang terjaga. Ia akan menggerak-gerakkan tangan sehingga susah untuk memotong kukunya. Bisa saja jari bayi terluka terkena gunting. Akan lebih baik jika ibu memotong kuku sang buah hati dikala ia sedang tertidur pulas.

  • Ruangan Terang

Pastikan juga ruangan di mana ibu akan gunakan untuk memotong kuku terang. Ada baiknya juga jika ibu menggendong bayi yang tidur dan mengajaknya di luar ketika siang hari. Dengan demikian, ibu tidak akan melukai jari bayi ketika ibu memotong kuku.

  • Tekan Jari Bayi

Agar jari bayi tidak bergerak, ibu harus tekan jari bayi. Namun, pastikan ibu menekan jari bayi dengan lembut. Cara ini juga akan membuat ibu semakin jelas mana bagian kuku dan mana bagian ujung jari. Dengan demikian, resiko melukai jari bayi bisa dihindari.

Tentu saja menjaga agar bayi sehat harus dilakukan secara menyeluruh, tidak hanya dengan cara menjaga kebersihan kuku bayi saja.

Author

Related

Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Post Reply