Hampir Semua Gizi Ibu Hamil Ada Di Dalam Kacang Kedelai Lho

Hampir Semua Gizi Ibu Hamil Ada Di Dalam Kacang Kedelai Lho

Untuk memenuhi kebutuhan gizi ibu hamil, sebenarnya tidak banyak yang harus ibu lakukan. Apalagi banyak sekali makanan khas nusantara yang kandungan gizinya lengkap dan juga seimbang untuk seorang ibu hamil. Contohnya saja makanan yang terbuat dari bahan utama kacang kedelai. Bagi ibu yang saat ini sedang hamil, sebaiknya ibu mengetahui kebaikan apa yang bisa ibu dapatkan jika rajin makan makanan yang terbuat dari kacang kedelai.

Kandungan Nutrisi Pada Kacang Kedelai

Ibu tidak boleh percaya begitu saja jika ada yang bilang kacang kedelai mengandung nutrisi untuk ibu hamil. Ibu harus cari tahu dulu kebenarannya ya.

Sudah banyak yang tahu jika kacang kedelai itu kaya akan kandungan protein. Para ahli kesehatan menemukan fakta ilmiah bawasannya kacang-kacangan merupakan sumber protein nabati yang sangat tinggi. Jadi, sudah tidak perlu dipertanyakan lagi jika kacang kedelai juga kaya akan kandungan protein. Kandungan berupa protein inilah yang dibutuhkan untuk perkembangan janin di dalam kandungan. Protein juga yang akan memastikan bayi yang ibu kandung memiliki berat badan ideal.

Namun, bukan protein saja yang menjadi nutrisi ibu hamil yang ada di dalam kacang kedelai lho. Ada kandungan nutrisi lainnya.

  • Zat Besi

Tidak banyak orang yang tahu jika kacang kedelai juga mengandung zat besi. Bagi ibu yang sering mengalami anemia, sebaiknya lebih banyak mengkonsumsi kacang kedelai saat hamil. Pasalnya, kebutuhan zat besi saat hamil semakin banyak. Jika kebutuhan zat besi tidak terpenuhi, maka ibu akan mengalami anemia.

  • Asam Folat

Pernah dengar istilah asam folat, bukan? Ini merupakan salah satu kandungan nutrisi yang sering ditonjolkan dalam mempromosikan sebuah produk susu ibu hamil. Hal ini tentu bukan tanpa alasan. Asam folat merupakan salah satu gizi untuk ibu hamil yang sangat dibutuhkan untuk mengoptimalkan perkembangan otak.

Namun, kini ibu sudah tahu asam folat tidak hanya bisa ibu dapatkan dari susu saja ya. Ibu juga bisa dapatkan asupan nutrisi ibu hamil berupa asam folat dari kacang kedelai juga lho.

  • Kalsium

Saat hamil muda, mungkin ibu tidak merasakan nyeri tulang atau sakit gigi. Namun, ketika kehamilan sudah mencapai usia trimester ketiga, risiko mengalami nyeri tulang dan sakit gigi semakin tinggi. Hal ini disebabkan kebutuhan kalsium sangat tinggi. Kalsium ini dibutuhkan oleh bayi di dalam kandungan untuk membentuk tulang. Dan jika kebutuhan kalsium tidak terpenuhi, maka bayi akan mengambil kalsium dari tulang atau gigi ibu. Akibatnya, tulang terasa nyeri dan gigi sakit.

Untuk mencegah hal tersebut, ibu perlu mengkonsumsi makanan atau minuman yang kandungan kalsiumnya tinggi. Salah satunya adalah kacang kedelai.

Jadi, banyak kan kandungan gizi ibu hamil di dalam kacang kedelai? Sayang sekali jika ibu tidak memanfaatkan makanan yang terbuat dari bahan utama kacang kedelai.

Makanan Terbuat Dari Kacang Kedelai

Ada fakta yang menarik tapi juga cukup memilukan. Kebutuhan kacang kedelai dalam negeri ternyata belum bisa dipenuhi oleh petani dalam negeri. Ini menunjukkan sati hal, yaitu banyaknya jenis makanan di mana bahan utamanya menggunakan kacang kedelai. Jadi, sebenarnya tidak sulit lho menemukan makanan yang bahan utama berasal dari kacang kedelai.

  1. Tahu

Salah satu makanan favorit orang Indonesia adalah tahu. Ini terbuat dari kacang kedelai.

  1. Tempe

Selain tahu, tempe juga termasuk makanan yang terbuat dari bahan utama berupa kedelai.

  1. Susu Kedelai

Jika tahu dan tempe merupakan jenis makanan yang terbuat dari kacang kedelai, susu juga bisa dibuat dari bahan yang sama. Susu kedelai sering dijajakan di berbagai tempat makan sebagai minuman di pagi hari. Bahkan, susu kedelai juga bisa ditemukan di warung atau di pasar tradisional lho.

Selain makanan dan minuman tersebut, tidak jarang juga cemilan yang dibuat dari kacang kedelai. Namun, sebaiknya ibu memilih cemilan dari kacang kedelai yang original. Artinya, tidak ada tambahan rasa yang aneh-aneh karena dikhawatirkan rasa-rasa tersebut mengandung kandungan yang kurang baik untuk kesehatan. Dengan demikian, ibu akan mendapatkan semua kebaikan dari gizi ibu hamil yang ada di dalam kacang kedelai.

Jika berbicara tentang kacang kedelai, sebenarnya ibu juga bisa memilih cemilian atau makanan yang terbuat dari jenis kacang lainnya. Contohnya saja martabak manis. Ibu bisa memesan martabak kacang dan keju atau kacang dan coklat sebagai cemilan di malam hari.  Jika ibu suka kacang almond, tidak salah ketika ibu menyimpan makanan ringan yang terbuat dari kacang almond. Kacang kedelai, mete, kenari, dan edamame pun bisa dijadikan pilihan cemilan yang sehat untuk ibu hamil.

Banyak ibu hamil yang merasa berat menjalani masa kehamilan. Hal tersebut sering disebabkan oleh perasaan yang terbebani karena terlalu banyak hal yang harus dihindari. Padahal, hal tersebut tidak begitu benar. Jika ibu ikut ke dalam Forum Ibu dan Balita, ibu akan mendapatkan banyak sekali informasi tentang bagaimana menjaga kesehatan kehamilan dengan mudah dan menyenangkan.

Mengenai gizi untuk ibu hamil, banyak sekali sumber makanan dan minuman lezat yang bisa ibu konsumsi. Yang paling penting, ibu harus minum susu Frisian Flag Mama setiap hari. Kenapa? Dengan mengkonsumsi susu ibu hamil terbaik, maka kebutuhan gizi ibu hamil harian bisa dipastikan sudah terpenuhi.

Author

Related

Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Post Reply