Gerakan Senam Hamil yang Baik Dilakukan Oleh Wanita Hamil

Gerakan Senam Hamil yang Baik Dilakukan Oleh Wanita Hamil

Gerakan senam hamil sekarang ini merupakan cara tersendiri dikalangan wanita hamil, sebab pada jaman dulu wanita hamil cenderung tidak diijinkan untuk bergerak. Perubahan pola pikir masyarakat akan pentingnya senam  ini merupakan hal yang baik sebab sebagian besar masalah yang disebabkan oleh perubahan fisik pada wanita hamil dapat dikurangi dengan berbagai gerakan senam ini.

Salah satunya yaitu mengurangi nyeri punggung yang dialami oleh setiap wanita hamil terutama pada trimester akhir dimana ukuran perut sudah sangat besar. Sebenarnya berbagai jenis olahraga dapat dilakukan untuk beroleh kebugaran dan mengurangi nyeri punggung pada wanita hamil, akan tetapi gerakan-gerakan senam ini  merupakan gerakan yang dianggap paling aman dan sesuai sehingga bisa  dilakukan oleh setiap wanita hamil.

Gerakan Senam Hamil yang Aman Untuk Diperagakan Ibu Hamil

Senam untuk ibu hamil memang baik bila dimulai sejak awal kehamilan, akan tetapi gerakan-gerakan dalam senam ini memang lebih optimal bila dilakukan pada usia kandungan 6 bulan ke atas dimana ukuran perut sang ibu sudah mulai besar. Hal ini disebabkan tujuan dari gerakan dalam senam ini selain untuk mengurangi keluhan nyeri punggung juga bisa membantu kelancaran proses persalinan. Berikut ini diantaranya ;

-Senam kegel

Senam untuk  ibu hamil yang pertama yaitu  senam kegel. Jenis senam yang satu ini memang telah diketahui manfaatnya tidak  hanya untuk wanita hamil melainkan untuk pria dan wanita pada umumnya. Senam kegel memang merupakan gerakan senam yang ditujukan untuk mengencangkan otot-otot panggul bagian bawah. Bagi wanita dan pria pada umumnya, senam kegel memang dapat digunakan untu membantu mengontrol buang air hingga mampu meningkatkan performa seksual pada pria.

Sama seperti  dengan yang telah dijelaskan di atas, senam kegel memang ditujukan untuk mengencangkan otot-otot panggul bawah yang sangat berperan dalam proses persalinan. Cara melakukan senam kegel cukup mudah, anda dapat melatih mengontrol pergerakan otot panggul bawah salah satunya seperti tiba-tiba menghentikan buang air kecil ketika sedang berkemih. Ketika  mengencangkan otot panggul bawah anda harus bernafas bebas dan tidak mengencangkan otot perut maupun paha anda. Gerakan ini bisa anda lakukan dengan durasi 3 hingga 10 detik dan dapat dilakukan sebanyak 4 kali sehari. Gerakan senam ibu hamil yang satu ini juga dapat Anda lakukan sambil duduk, berdiri maupun berbaring.

– Senam duduk bersila

Senam berikutnya yaitu salah satu posisi tubuh dasar ketika  senam dan sangat mudah dilakukan. Ya, senam duduk bersila merupakan cara duduk bersila dengan posisi tangan kanan dan kiri berada pada sisi tubuh dengan posisi siku lurus dan telapak tangan menempel pada lantai. Dalam melakukan posisi senam sederhana ini, Anda bisa  memilih matras yang nyaman sebagai alas duduk. Sambil melakukan gerakan dasar ini anda dapat menambahkan gerakan lain seperti mengangkat kedua tangan sampai ke puncak kepala dan menurunkannya kembali sambil tidak lupa mengatur nafas. Jenis senam yang satu ini akan membuat Anda lebih tenang dalam menjalani kehamilan.

-Senam dengan posisi merangkak

Selanjutnya yaitu senam untuk ibu hamil dengan posisi merangkak yang bisa melatih ketahanan otot perut dan juga mampu meredakan nyeri perut pada wanita hamil. Senam dengan posisi merangkak ini sangat  mudah dilakukan, anda cukup memposisikan diri seperti orang merangkak pada tempat dengan permukaan yang datar. Lalu arahkan pandangan anda lurus ke depan sambil mulai mengatur nafas. Setelah itu Anda bisa memulai  untuk mendorong posisi punggung ke arah dalam saat anda menarik nafas dan mengembalikan posisi punggung mendatar seperti semula saat anda membuang nafas. Lakukanlah gerakan ini secara rutin beberapa kali sehari dan pastikan bahwa anda tenang ketika  melakukannya.

Gerakan Senam Hamil Yang Dianjurkan Para Ahli

Gerakan senam untuk ibu hamil selanjutnya adalah  gerakan yang sangat mudah dilakukan oleh wanita hamil yakni hanya dengan bersandar di tembok. Anda hanya perlu bersandar di tembok dan kemudian perlahan-lahan geser badan anda turun lalu tahan posisi ini selama 3 hingga 5 detik kemudian kembalilah ke posisi semula.

Berikutnya juga merupakan gerakan senam ibu hamil yang sangat mudah untuk dilakukan yaitu  dengan melakukan senam lutut. Duduklah relaks pada sebuah kursi kemudian angkat kaki anda lurus ke depan lalu tahan selama 15 menit lalu  turunkan. Lakukan gerakan ini secara bergantian untuk kaki kanan dan kiri Anda.

Gerakan senam yang satu ini sangat bermanfaat  untuk menguatkan otot-otot panggul anda. Gerakan senam panggul ini juga bukanlah gerakan senam yang sulit, yang perlu anda lakukan adalah berbaring miring pada salah satu sisi baik kanan atau kiri. Apabila sekarang anda berbaring dengan posisi miring ke kiri, maka setelah berbaring angkat kaki kanan anda lurus ke atas dan tahan selama 3 sampai  5 detik dan lakukan secara bergantian untuk kaki kanan dan kiri.

Senam ibu hamil yang satu ini akan sangat baik dilakukan oleh wanita hamil pada trimester ketiga, karena dapat menguatkan otot paha dan membantu peregangan otot panggul yang sangat dibutuhkan pada proses persalinan. Senam ini bisa dilakukan dengan posisi awal  punggung lurus kemudian secara perlahan turunkan badan anda hingga posisi jongkok. Tahan posisi jongkok ini selama 10 detik lalu kembalilah ke posisi berdiri.

Gerakan senam hamil yang terakhir yaitu jalan kaki santai yang dapat Anda lakukan disekitar rumah bersama pasangan. Jalan kaki memang sangat dianjurkan bagi wanita hamil 9 bulan karena dengan melakukannya dapat membantu posisi bayi supaya masuk ke dalam jalan lahir lebih cepat.

Author

Related

Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Post Reply