Diskusi Kehamilan Lebih Seru Saat Ramadhan

Diskusi Kehamilan Lebih Seru Saat Ramadhan

Salah satu tempat untuk diskusi kehamilan paling populer saat ini adalah forum ibu dan balita. Ini memang bukan hanya tempat diskusi untuk ibu hamil saja, tapi juga para orang tua yang memiliki balita. Namun, saat Ramadhan tiba, forum ini lebih ramai terutama forum untuk ibu hamil.

Tentu bukan tanpa alasan. Yang pertama, saat Ramadhan, banyak orang cenderung memiliki waktu luang yang lebih banyak. Biasanya, jam kerja lebih pendek dan waktu bersama dengan keluarga di rumah lebih panjang. Jadi, lebih banyak waktu bagi mereka untuk ikut berdiskusi secara online di www.ibudanbalita.com. Selain itu, ada beberapa topik yang memang menarik untuk dibicarakan di forum tersebut.

Topik Yang Sering Dibicarakan Saat Ramadhan

Kalau bulan Ramadhan tiba, tentu pembahasannya tidak jauh tentang puasa. Apa saja topik yang sering dibicarakan?

  • Puasa Saat Hamil

Ini yang paling sering ditanyakan dan didiskusikan. Awalnya dari pertanyaan apakah seorang ibu hamil tetap aman berpuasa. Pertanyaan ini berimbas pada bagaimana kondisi janin di dalam kandungan jika ibu berpuasa. Apakah janin tetap berkembang dengan baik atau sebaliknya mengingat ibu di siang hari tidak mendapatan asupan nutrisi dari makanan.

Topik semacam ini sebenarnya sering dibahas oleh pakar kesehatan ibu hamil. Hanya saja, pada diskusi online ibu hamil, topik ini masih sering dibahas. Banyak ibu hamil yang menceritakan pengalaman mereka masing-masing. Ada yang tetap berpuasa dan bayi tetap sehat hingga lahir. Ada juga yang khawatir bayi tidak mendapatkan nutrisi yang cukup sehingga mereka tidak berpuasa.

Sebenarnya, muslimah yang sedang hamil mendapatkan keringanan dalam agama islam. Mereka boleh saja tidak berpuasa namun mereka harus membawa fidhyah atau denda. Jadi, tidak berpuasa bukan dosa bagi ibu hamil.

Sebaliknya, bagi muslimah yang sedang hamil namun tetap ingin berpuasa pun tidak masalah. Asalkan mereka memperhatikan asupan nutrisi dari menu buka dan sahur. Supelemen mungkin diperlukan. Dan yang pasti, agar kebutuhan nutrisi janin di dalam kandungan terpenuhi, seorang muslimah yang hamil sebaiknya minum susu ibu hamil Frisian Flag Mama setiap buka dan sahur.

  • Menu Buka dan Sahur Ibu Hamil

Banyak ibu hamil yang tidak mau begitu saja meninggalkan momen spesial selama satu bulan berpuasa. Akhirnya mereka berusaha agar bisa tetap berpuasa tanpa harus mengorbankan kesehatan janin di dalam kandungan. Salah satunya mereka diskusi kehamilan dengan sesama ibu hamil atau dengan pakar kesehatan ibu hamil tentang menu makanan untuk buka dan sahur yang baik untuk ibu hamil.

Dari beberapa saran yang diberikan oleh pakar kesehatan ibu hamil, ada satu hal yang sepertinya sangat penting. Menu makanan untuk berbuka dan sahur harus bervarasi. Yang pasti, harus ada daging yang mengandung protein dan sayuran yang mengandung serat. Dua jenis nutrisi tersebut sangat penting agar ibu tidak bugar saat berpuasa dan ibu juga tetap bisa memberikan ASI sesuai dengan kebutuhan sang buah hati.

  • Tips Berpuasa Bagi Ibu Hamil

Topik yang tak kalah ramai dibicarakan adalah tentang tips berpuasa saat hamil. Hal ini disebabkan banyaknya ibu hamil yang tidak ingin melewatkan terbaik tahunan ini.

Tentu masih banyak lagi topik yang dibicarakan di forum kehamilan saat bulan Ramadhan tiba. Namun, beberapa topik tersebut di atas yang paling sering didiskusikan sepanjang bulan puasa.

Ibu Hamil Berpuasa Justru Bagus Untuk Janin

Mungkin Anda satu dari sekian banyak ibu yang khawatir jika berpuasa bisa mengakibatkan hal buruk bagi perkembangan bayi di dalam kandungan. Akan tetapi, ada lho penjelasan mengapa justru puasa itu bagus untuk perkembangan bayi.

Fakta menunjukkan puasa itu membuat tubuh semakin sehat. Hal ini disebabkan selama satu bulan penuh tubuh memakukan aktivitas yang teratur. Contohnya saja makan. Saat puasa, makan menjadi lebih teratur, yaitu buka dan sahur. Di malam hari, ada makan malam juga. Berbeda dengan ketika tidak puasa. Ibu bisa sewaktu-waktu makan apa saja. Bahkan, tidak jarang justru jadwal makan berubah-ubah. Sering melewatkan sarapan sehingga makan bisa saja jam 9 atau jam 10. Jadi, karena alasan keteraturan dalam makan inilah yang membuat tubuh seseorang lebih sehat ketika ia berpuasa.

Belum lagi jika ibu rentan mengalami diabetes. Seperti yang sering dibahas di dalam forum kehamilan, diabetes menjadi salah satu keluhan yang harus diantisipasi. Apalagi setiap ibu hamil walaupun tidak memiliki riwayat diabetes berisiko mengalami diabetes. Dan jika ibu berpuasa, justru risiko ini bisa diturunkan.

Pernah dengarn bayi di dalam kandungan mengalami keracunan? Ini sangat mungkin terjadi. Dan puasa bisa menjadi cara pencegahan yang tepat.  Hal ini disebabkan puasa merupakan proses detoksifikasi alami.

Dan lebih banyak lagi manfaat puasa yang bisa ibu dapatkan. Mungkin setelah mengetahui manfaat tersebut, ibu menjadi semakin yakin untuk berpuasa walaupun sedang hamil. Yang terpenting ibu harus tahu bagaimana cara menjaga kesehatan dan kebugaran saat puasa seperti yang sudah dijelaskan di awal.

Akan tetapi, ada baiknya sebelum bulan Ramadhan tiba, ibu konsultasi dengan dokter kandungan atau bidan terlebih dahulu. Konsultasi tersebut bertujuan agar ibu bisa memastikan diri bawasannya tubuh ibu siap untuk berpuasa. Dan saat menjalani puasa, tidak ada risiko buruk yang bisa dialami oleh janin di dalam kandungan. Untuk informasi lebih lengkap tentang tips menjalani ibadah puasa saat hamil, ikut saja diskusi kehamilan di situs Ibu dan Balita.

Author

Related

Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Post Reply