Dari Cupcake Hingga Nougat, Begini Transformasi Android Dari Masa Ke Masa

Dari Cupcake Hingga Nougat, Begini Transformasi Android Dari Masa Ke Masa

Saat membicarakan smartphone, tentunya tidak bisa dilepaskan dari peranan OS atau operating systems. Sebenarnya, apa sih OS itu? Sederhananya, OS adalah perangkat lunak yang membantu menjalankan hardware. OS dalam smartphone memiliki perangkat penting untuk menjalankan program dan aplikasi.

Terdapat dua OS yang saat ini dimanfaatkan dalam smartphone. Ada iOS besutan Apple, Inc dan Android dari Google. Berbeda dengan iOS yang hanya bisa ditemukan dalam produk Apple, Inc, OS Android dapat digunakan oleh vendor manapun. Oleh karena fleksibilitas inilah, transformasi Android terus mengalami perkembangan dari masa ke masa.

  1. Android 1.0

Sebelum berada di bawah bendera Google, Android awalnya adalah layar sentuh antarmuka. Andoid secara resmi diluncurkan pada September 2008 yang terdapat dalam HTC Dream Handset. Sebelum dinamakan dengan nama-nama makanan, cikal bakal OS paling populer di dunia ini dikenal sebagai Android 1.0.

Fitur-fitur yang dikembangkan dalam Andoid 1.0 dapat dikatakan masih sederhana. Fitur yang diberikan masih sebatas mendukung kegiatan berselancar di dunia maya. Namun, Android 1.0 sudah mampu mendukung fitur-fitur Google lain seperti Google Maps, Google Calendar, Gmail, dan You Tube.

Tak hanya sampai disitu saja, Android 1.0 juga memperkenalkan cara pengecekan notifikasi dengan cara scrolling down untuk pertama kali. Pengguna cukup menggulirkan layar sentuh dari atas ke bawah. Android 1.0 saat itu belum dilengkapi dengan layanan Play Store seperti saat ini. Kala itu, Play Store masih berupa fitur ‘Market’.

  1. Andoid 1.5 Cupcake

Transformasi Android selanjutnya diawali dengan semangat dan harapan masa depan yang baru. Pada versi 1.5, Andoid memiliki julukan Android Cupcake. Sesuai dengan namanya yang manis, Android membawa fitur-fitur yang lebih segar dan menyenangkan. Untuk pengembang pihak ketiga, mereka bisa menggunakan widget sendiri seperti dengan widget Google.

Pada Android 1.5 Cupcake ini juga diperkenalkan keyboard sentuh yang langsung terhubung dengan smartphone. Sehingga dalam smartphone Android tak diperlukan lagi keyboard konvensional seperti pada perangkat mobile lainnya.

Transformasi Android yang kini menjadi Android Cupcake ini juga sudah mampu untuk mengunggah video ke You Tube dan mengunggah foto ke Picasa. Tak ingin berpuas diri, Android pun terus berevolusi untuk memberikan pelayanan terbaiknya kepada pengguna.

  1. Android 1.6 Donut

Ingin melanjutkan kesuksesan Android 1.5 Cupcake, Android pun kembali berevolusi menjadi Android 1.6 Donut. Evolusi Android kali ini menitikberatkan pada fungsinya. Kecepatan dan ketajaman menjadi fokus utama. Resolusi warna yang berhasil ditingkatkan pada Android 1.6 Donut mencapai 480 x 600 pixels.

Evolusi Android kali ini juga memaksimalkan fungsi ‘pencarian’nya. Aktivitas pencarian baik data secara offline dan online pun lebih cepat dibandingkan dengan versi sebelumnya.

  1. Android 2.0 Eclair

Android versi Eclair sepertinya akan lebih mengutamakan performa kameranya. Android 2.0 Eclair sudah didukung dengan fasilitas flash camera dengan kemampuan editing-nya yang mumpuni. Pengguna dapat melakukan zoom in – zoom out dengan mudah, bahkan mengatur keseimbangan dalam foto.

Android 2.0 Eclair yang dirilis tahun 2009 sama seperti pendahulunya, Android Cupcake dan Donut. Pada versi Android kali inilah fitur navigasi Google Maps pertama kali diluncurkan dan disambut dengan antusias oleh para penggunanya. Pemanfaatan GPS yang semakin dibutuhkan membuat Google Maps menjadi semakin sering dimanfaatkan.

  1. Android 2.2 Froyo

Agaknya Android kini tak main-main soal urusan kecepatan. Android 2.2 Froyo disebut-sebut sebagai Android versi ‘terlengkap’ pertama. Pada Android 2.2 Froyo ini juga dilengkapi dengan bottom dock untuk akses pintas telepon dan aplikasi.

Jika sebelumnya Android hanya memiliki tiga panel layar, dalam Android 2.2 Froyo menjadi lima panel. Android 2.2 Froyo yang resmi diluncurkan tahun 2010 ini juga menambahkan cara mengunci layar smartphone selain menggunakan pola. Cara mengunci terbaru yang ditambahkan dengan menggunakan pola PIN.

  1. Android 2.3 Gingerbread

Kegemaran pengguna internet untuk berselfie membuat Android meluncurkan versi Gingerbreadnya dalam memanfaatkan penggunaan kamera depan. Dari segi desainnya, Android 2.3 Gingerbread memiliki tampilan warna gelap atau hitam untuk menghemat daya. Namun pada Android 2.3 Gingerbread fungsi multitouch dalam keyboard virtual ditingkatkan.

  1. Android 3.0 Honeycomb

Android 3.0 Honeycomb adalah update terbaru OS Android yang difokuskan untuk penggunaan tablet. OS Android versi Honeycomb ini disesuaikan untuk perangkat tablet yang lebih besar daripada smartphone.

  1. Android 4.0 Ice Cream Sandwich

Android 4.0 Ice Cream Sandwich mencoba mengimplementasikan OS Android Honeycomb pada tablet ke dalam smartphone. Singkatnya, Android 4.0 Ice Cream Sandwich merupakan kolaborasi hebat antara Android versi Honeycomb dengan OS Android pada smartphone lain seperti Gingerbread, dll.

Jika diperhatikan, Android 4.0 Ice Cream Sandwich memiliki banyak fitur baru yang sangat bermanfaat. Misalnya saja fitur untuk mengecek penggunaan data internet, aplikasi bawaan vendor smartphone yang semakin beragam, dan mampu membuka layar sentuh dengan menggunakan muka.

  1. Android 4.1 Jelly Bean

Salah satu pembaruan yang paling disukai pengguna dalam OS Android 4.1 Jelly Bean adalah layanan Google Now. Fitur voice assistant juga semakin ditingkatkan. Homescreen yang memuat ikon-ikon aplikasi dan widget juga dapat diatur sedemikian rupa.

Saat mengusap layar smartphone pada bagian homescreen, terdapat notifikasi tambahan seperti informasi cuaca dan email masuk.

  1. Android 4.4 Kit Kat

Fitur Google Now dalam Android 4.4 Kit Kat semakin berkembang dan canggih. Ibaratnya, pengguna sudah bisa mengetahui jawabannya sebelum bertanya. Bagian hangouts-nya pun semakin ditingkatkan. Diantaranya adalah fitur SMS yang semakin menyesuaikan dengan kebutuhan.

Hebatnya, perangkat smarphone dengan RAM hanya 512 MB dengan OS Android Kit Kat dapat berjalan dengan kencang. Tentu pengguna tak perlu mengeluarkan kocek mahal-mahal, bukan?

  1. Android 5.0 Lollipop

Android 5.0 Lollipop sepertinya diluncurkan untuk memberikan kemudahan bagi pengguna yang menyukai dunia grafis atau visual. Pada update OS Android kali ini ditambahkan format penyimpanan gambar terbaru yaitu RAW. Format RAW ini memungkinkan pengguna menyimpan gambar dengan kualitas gambar terbaik dengan ukuran penyimpanan yang besar.

  1. Android 6.0 Marshmallow

Dibandingkan dengan versi sebelumnya, Android versi Marshmallow tidak memiliki banyak perubahan yang cukup berarti. Namun, Google menambahkan dan meningkatkan perfoma beberapa fitur seperti dukungan sensor sidik jari, Google Now yang semakin disempurnakan, dan meningkatkan daya tahan baterai.

  1. Android 7.0 Nougat

Anroid 7.0 Nougat adalah update OS Android terbaru dari Google. Android 7.0 Nougat dinilai memiliki desain yang lebih baik dibandingkan OS Android sebelumnya. Salah satu keunggulan yang sering diperbincangkan adalah dukungan multi windows-nya. Artinya, pengguna dapat menggunakan aplikasi smartphone yang berbeda dalam satu layar. Adapun tampilannya akan dibagi atau dipisahkan. Sehingga, pengguna tidak akan sering menyentuh button back dan dapat bermultitasking ria.

Author

Related

Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Post Reply