Cari Tahu Dulu Penyebab Muntah Pada Anak Kemudian Beri Treatment yang Tepat

Cari Tahu Dulu Penyebab Muntah Pada Anak Kemudian Beri Treatment yang Tepat

Kebanyakan orang tua langsung mencari obat untuk mengatasi muntah pada anak. Padahal, belum tentu lho muntah yang dialami oleh sang buah hati itu disebabkan oleh penyakit yang kemudian hanya bisa diatasi dengan memberikan obat.

Coba ibu perhatikan lagi bagaimana si kecil muntah. Apakah kondisi kesehatan badannya baik? Di mana anak muntah? Apa yang baru saja ia konsumsi sebelum muntah? Itu semua beberapa hal yang juga perlu untuk diperhatikan.

Dan tentunya masih banyak lagi. Untuk itu, jangan terburu-buru memberikan obat. Apalagi ibu menelpon dokter atau membawanya ke dokter. Ada beberapa hal yang perlu untuk ibu perhatikan dulu.

Tentu tidak mudah bagi orang tua yang tidak memiliki pengetahuan mengenai kesehatan anak. Namun, hal tersebut tidak menutup kemungkinan mereka bisa tahu dan belajar. Begitu pun ibu. Sebagai orang tua, sudah seharusnya ibu memperkaya wawasan mengenai kesehatan anak. Setidaknya, ketika anak muntah, ibu tahu langkah apa yang harus dilakukan, selain memberikan obat tentunya.

Sekarang ini, situs www.ibudanbalita.com bisa dijadikan rujukan mengenai kesehatan anak. Ada banyak sekali informasi kesehatan anak balita yang selalu diupdate. Setidaknya, ibu tidak perlu lagi kebingungan. Kini, ibu sudah tahu referensi tentang informasi kesehatan anak yang kredibel.

Cari Tahu Penyebab Muntah Pada Anak

Sekali lagi, jangan berikat dulu. Cari tahu dulu apa penyebab muntah pada anak.

Tentu hanya dokter yang sangat tahu tentang hal ini. Namun, setidaknya ibu bisa menebak kira-kira apa yang menyebabkan sang buah hati muntah.

Mabuk

Ada satu pertanyaan yang harus ibu jawab. Apakah anak muntah ketika sedang dalam perjalanan? Atau setelah melakukan perjalanan jauh? Jika ya, maka kemungkinan besar anak mengalami mabuk perjalanan.

Sekarang apa yang harus ibu lakukan? Sebenarnya tidak ada hal lain yang bisa ibu lakukan kecuali membiarkan anak istirahat.

Jika ternyata anak mabuk ketika masih ada di perjalanan, alangkah baiknya ibu berhenti dulu. Cari tempat yang nyaman untuk si kecil untuk istirahat sejenak. Ibu bisa berhenti di rest area, di masjid, atau tempat lagi di mana anak bisa berbaring sejenak dan istirahat. Oleskan minyak kayu putih pada perutnya. Berikan makanan serta minuman yang hangat. Setelah istirahat beberapa menit, perjalanan bisa dilanjutkan.

Memang hal ini tidak bisa 100% membuat anak tidak lagi muntah. Namun, setidaknya perutnya yang kosong karena muntah sudah terisi. Perutnya sudah mulai hangat dan ibu tidak perlu takut ia mengalami dehidrasi.

Bukankah itu yang paling penting.

Keracunan

Pertanyaan lain yang perlu ibu jawab adalah apa makanan atau minuman yang baru saja anak konsumsi sehingga ia muntah. Bisa saja anak keracunan makanan. Ada bakteri pada makanan tersebut. Bakteri tersebut masuk ke dalam tubuh si kecil.

Kok bisa? Tentu saja bisa. Jika bahan makanan yang ibu berikan tidak dicuci benar-benar bersih dan higienis, bisa saja bakteri itu masuk ke dalam tubuh si kecil, kan? Ibu tentu tahu sendiri apa akibatnya.

Bisa juga yang menyebabkan anak muntah itu disebabkan oleh bakteri yang menempel pada alat makan si kecil. Ibu lupa tidak membersihkan alat makan secara higienis.

Makanya, sangat disarankan ibu menggunakan sabun khusus untuk membersihkan alat-alat makanan anak. Biasanya, sabun tersebut mengandung bahan yang bisa membunuh bakteri.

Dan yang paling penting, ibu hati-hati memilih susu. Jangan sampai susu balita yang ibu berikan terkontaminasi bakteri. Maka dari itu, sebaiknya ibu pilih susu Frisian Flag yang tidak hanya kaya nutrisi tapi juga higienis.

Sistem Pencernaan Terganggu

Untuk penyebab yang satu ini, memang ibu harus membawa si kecil ke dokter. Namun, apa yang membuat ibu tahu muntah-muntah pada anak itu disebabkan adanya gangguan pada sistem pencernaanya?

Setidaknya ada dua hal yang bisa dijadikan patokan. Yang pertama, anak sering sekali muntah. Dan yang kedua, muntah yang dialami oleh si kecil terjadi lama sekali walaupun ibu sudah yakin makanan serta alat makan benar-benar bersih.

Mungkin ibu bisa melakukan konsultasi dengan dokter anak terlebih dahulu secara online. Kunjungi saja situs Ibu dan Balita dan ibu bisa memanfaatkan layanan konsultasi kesehatan anak secara online. Ibu tinggal ajukan pertanyaan atau minta saran. Dokter akan segera merespon.

Akan tetapi, tetap saja diperlukan pemeriksaan secara langsung. Maka dari itu, setelah ibu melakukan beberapa upaya namun sepertinya tidak ada perkembangan yang berarti, langkah selanjutnya adalah melakukan pemeriksaan secara langsung dengan dokter anak.

Bagi beberapa orang tua, muntah dianggap hal yang sepele. Padahal, jika ditelusuri lagi, muntah inilah yang bisa menyebabkan sesuatu hal berbahaya lainnya. Yang paling sering terjadi selanjutnya ketika muntah tidak segera ditangani adalah dehidrasi. Saat itulah, anak menjadi sangat lemas dan tidak bertenaga. Ia kehilangan nafsu makan dan akhirnya gizinya pun tidak bisa terpenuhi. Ibu tahu apa yang terjadi selanjutnya, bukan?

Makanya, treatment yang tepat harus dilakukan untuk mengatasi muntah pada anak balita. Dan treatment itu harus dilakukan berdasarkan faktor penyebab muntah. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, ada banyak sekali hal yang menyebabkan anak muntah. Cari tahu lalu temukan treatment yang tepat. Begitulah yang seharusnya dilakukan oleh orang tua yang bijak.

Bagaimana? Ingin tahu lebih lanjut mengenai mengatasi masalah kesehatan yang dialami oleh anak? Ikuti saja forum ibu dan balita dan dapatkan update terbaru seputar kesehatan sang buah hati.

Author

Related

Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Post Reply