Cara Menjaga Kesehatan Pencernaan Anak Dengan Baik

Cara Menjaga Kesehatan Pencernaan Anak Dengan Baik

Cara menjaga kesehatan pencernaan si kecil memang salah satu hal yang perlu diperhatikan. Salah satu pertanda kalau si kecil memiliki asupan gizi yang baik, maka kesehatan sistem pencernaan juga buang air besar yang teratur pada buah hati Anda harus benar-benar diperhatikan. Jika jadwal buang air si kecil terganggu, maka kemungkinan besar si kecil akan terus mengeluh dikarenakan kondisi perut yang tidaklah nyaman.

Dan jika sudah seperti itu, maka kesehatan pencernaan si kecil akan terganggu. Supaya si kecil tidak mengalami hal tersebut, maka Anda dianjurkan untuk membiasakan agar si kecil bisa menerapkan pola hisup sehat dengan beberapa cara yang akan kami sampaikan dibawag ini ;

– Mengkonsumsi Banyak Serat

Karena kurangnya supan serat dalam tubuh, maka hal ini bisa menyebabkan proses dari buang air besar si kecil menjadi terganggu. Maka dari itu, Anda wajib untuk memenuhi kebutuhan serat si kecil setiap harinya.

– Jadwal Makan Teratur

Bukan hanya itu, jadwal makan si kecil yang tidak teratur juga bisa menjadi penyebab proses buang iar besar si kecil menjadi tidaklah lancar. Ketika itu, Anda sebagia orang tua wajib untuk mengatur jadwal makan si kecil agar lebih teratur. Di smaping itu, Anda juga jangan lupa untuk tetap menjaga pola makan sehat si kecil, dengan komposisi makanan yang memiliki kandungan gizi yang baik juga seimbang untuk menjaga kesehatan tubuhnya, terutama sistem pencernaan.

– Rutin Minum Air Putih

Setiap harisnya tubuh sangat membutuhkan asupan air putih dengan jumlah yang cukup. Bukan hanya bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh seseorang agar tetap dalam keadaan bugar, namun air putih juga bisa membantu Anda dalam menjaga proses pencernaan serta melancarkan proses buang air besar si kecil.

– Rajin Berolahraga

Olahraga memang memiliki manfaat yang sangat luar biasa, terutama dalam menjaga kesehatan tubuh agar tetap dalam kondisi yang baik. Selain itu, olahraga juga merupakan salah satu cara terbaik guna mempertahankan kesehatan saluran pencernaan juga mencegah terjadinya gangguan terhadap proses buang air besar yang terjadi pada buah hati Anda.

– Jadilah Teladan Hidup Sehat

Penting untuk Anda ketahui, bahwa anak-anak akan meniru segala hal yang dilakukan oleh orangtua mereka. Diantaranya adalah gaya hidup sehat, seperti menjaga pola makan yang memiliki kandungan gizi seimbang, rajin dalam berolahraga, tidur dalam waktu yang tepat, serta rajin dalam mengkonsumsi air putih.

Cara Menjaga Kesehatan Pencernaan Si Kecil, Pentingkah?

Ternyata hanya ada 20%  ibu di Indonesia yang sadar akan pentingnya kesehatan pencernaan anak, namun jangan sampai Anda menjadi salah satunya. Di artikel ini Anda akan menemukan betapa pentingnya menjaga kesehatan pencernaan anak. Data menunjukkan 55% bayi di Indonesia menderita setidaknya satu gangguan pencernaan, di antaranya, 16,26% menderita kolik, 30% sembelit (susah BAB) dan sisanya, diserang dengan gangguan regurgitasi (gumoh).

Ketiga gangguan tersebut, sama-sama ditandai dengan tangisan yang berlebih pada anak. Proses pencernaan secara umum dapat diartikan sebagai proses perubahan bahan makanan dalam tubuh dari ukuran yang besar dengan struktur yang kompleks menjadi zat yang sederhana sehingga dapat diserap oleh tubuh. Proses pencernaan sendiri sudah dimulai sejak makanan masuk kedalam mulut hingga akhirnya diserap oleh usus dan sisa kotorannya dibuang melalui dubur.

Proses pencernaan terjadi melalui proses mekanis (mengunyah, gerakan usus), proses kimiawi (enzim, zat asam, garam empedu), dan juga dibantu oleh bakteri baik yang terdapat dalam usus. Pencernaan dikatakan sehat jika tidak adanya gangguan saluran cerna baik gangguan bentuk maupun fungsi saluran cerna. Artinya, saluran cerna dapat menjalankan proses pencernaan seperti yang telah dijelaskan di atas dengan baik.

Saluran cerna merupakan salah satu sistem yang sangat penting untuk menunjang tumbuh kembang anak karena nutrisi merupakan salah satu faktor terpenting untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangan anak, sehingga saluran cerna yang baik sangat diperlukan untuk menjamin penyerapan nutrisi dengan baik. Tanpa saluran cerna yang sehat, proses pencernaan dan penyerapan zat gizi tidak dapat terjadi secara optimal sehingga dapat menghambat proses tumbuh kembang anak.

Cara Menjaga Kesehatan Pencernaan Bayi Dengan ASI Dan MPASI

Berbeda dengan sistem pencernaan orang dewasa yang sudah sempurna, sistem pencernaan anak masih dalam tahap perkembangan sehingga pemberian nutrisi pada anak harus memperhatikan usia anak. Untuk bayi di bawah usia 6 bulan, ASI merupakan makanan terbaik bagi bayi. Susu formula diberikan jika ASI tidak tersedia. Pada usia ini bayi belum boleh mendapatkan makanan padat atau semi padat, karena saluran cernanya belum siap untuk menerima makanan tersebut.

Pemberian makanan padat yang terlalu cepat pada anak berisiko menyebabkan masalah pada saluran cerna serta dapat mengganggu penyerapan nutrisi. Untuk anak di atas 6 bulan, Makanan Pendamping ASI (MPASI) sudah mulai dapat diberikan kepada bayi secara perlahan sedikit demi sedikit. Pada bayi berusia 9 bulan, makanan rumah yang dihaluskan sudah mulai dapat diberikan. Pada usia 1 tahun, anak sudah dapat diberikan makanan rumah biasa.

Jangan memberikan susu sapi biasa, susu bubuk untuk anak lebih besar, atau susu kental manis pada anak di bawah usia 1 tahun, karena dapat menyebabkan gangguan pada saluran cerna dan ginjal anak. Cara menjaga kesehatan pencernaan anak bisa dengan memlih susu formula yang memang sudah dirancang khusus sesuai usia anak, sehingga kadar nutrisinya sesuai dengan kebutuhan dan  kondisi saluran cerna anak.

Author

Related

Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Post Reply